Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib

Bible Study No.9 Kisah Para Rasul

Kirim Ke Printer Undang teman untuk Bible Study


Kisah Para Rasul yang ditulis oleh St. Lukas ini berisikan banyak hal yang mampu memperkaya iman dan harapan kita.
Sebagaimana orangtua, menjanjikan "sesuatu" kepada anaknya, dimana janji ini tidak dapat dimengerti dan diimajinasikan oleh sang anak.
Seperti yang Yesus janjikan pada para RasulNya sebelum Dia naik ke Surga.
Silakan direnungkan, dan selamat menemukan "janji" manis dalam Kisah Para Rasul Bab 1: 1- 14.

Kis 1:1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,
Kis 1:2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.
Kis 1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.
Kis 1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.
Kis 1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."
Kis 1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
Kis 1:7 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Kis 1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
Kis 1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
Kis 1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Kis 1:12 Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
Kis 1:13 Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.
Kis 1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

Saya tunggu komentar dan pendapat Anda.

Salam dan Doa
Dikirim Tgl 13 14 Jan 2006 oleh Rm. Y. Samiran. SCJ

  Register agar anda dapat ikut mengirimkan komentar anda



Respon dari Felicitas Daning pada 16 Jan 2006 01:09 pm

Membaca kata pengantar dari Romo Sam dilanjutkan dengan isi dari Kisah para rasul kali ini, saya mengangguk angguk.
Sering kali dalam keseharian kita, kita dihadapakn pada banyak masalah hidup dan problema, kita dihadapkan pada keragu raguan dan ketidak percayaan, sekalipun pada orang yang benar benar tulus mencintai dan mau memberi kita apa yang kita butuhkan.
Saya secara pribadi, sering mengalami krisis kepercayaan terhadap orang lain, seperti halnya saat ini, ketika saya membaca Study Alkitab kali ini.
Keragu-raguan saya timbul, karena saya tidak percaya/yakin dan tidak berharapan.
tapi study alkitab kali ini membuat saya merenung dan kemudian menyadari, bahwa dalam penantian dan keragu-raguan, saya harus terus berdoa dan menguatkan Iman, sehingga harapan itu tetap terpelihara, sehingga sayapun diberikan kekuatan dan kesabaran. Seperti yang dilakukan para Rasul dan Bunda Maria, bertekun berdoa, sehati dalam IMAN, menanti "janji" Tuhan, yang pasti akan datang, karena cintaNya yang begitu besar pada kita.
Sayapun, seharusnya begitu.
GBU

Respon dari Novita pada 20 Jan 2006 05:06 pm

Kisah Para Rasul adalah salah satu bacaan favorit saya, bagaimana Tuhan memenuhi janjinya untuk selalu bersama Para Rasul dalam meneruskan misi misionarisnya untuk kelangsungan gerejaNya dan kesaksian imannya. Pemenuhan "janji" ini tidak begitu langsung dipahami dan dimengerti oleh murid muridNya, kendati Yesus telah menampakan diri secara berulang ulang selama 40 hari pada murid muridnya.
Sama seperti dalam keseharian kita, kadang kita tidak mengerti bahwa Tuhan ada bersama kita, sedangkan kita terus mencari cari dan menunggu nunggu kehadirannya, sibuk dengan kesedihan kita, kesengsaraan dan penderitaan kita, dan dalam pecarian dan penantian kita akan Tuhan, kita lupa pada kekuatan doa dalam iman yang teguh, yang akan menumbuhkan pengharapan.
Iman dan Pengharapan disertai kasih, akan membawa kita pada kedamaian dan kebahagiaan dalam Tuhan.
Tuhan memberkati.

Respon dari Monica pada 23 Jan 2006 01:04 pm

Salam kenal Romo,
Dalam Kis 1:11,disebutkan bahwa Yesus akan datang lagi dengan cara yang sama seperti Dia naik ke surga.
Pertanyaan saya:
1. Apakah kalimat ini dimaksud dengan kedatangan Yesus pd akhir jaman ? seperti yg ditaksir oleh banyak orang ? Akan ada Yerusalem baru.??
2. Menurut saya, yg dimaksud dengan kalimat ini, Yesus datang kedalam setiap hati manusia(pada saat kita bertobat ?) makanya malaikat menegor para murid, kenapa masih melihat keatas, ayo bekerjalah ajak orang2 bertobat. Mohon pencerahan dari Romo.

Respon dari Samiran pada 24 Jan 2006 09:18 pm

Kedatangan Yesus pada akhir jaman adalah kedatangan yang tak terduga, dan tidak seorang manusiapun mengetahuinya, kedatanganNya untuk mengadili. Sebagimana dijelaskan dalam Injil Matius 24: 27-30.
Seperti dalam Syahadat Rasul yang kita ucapkan pada setiap Misa "Yang naik ke surga dan duduk disebelah kanan Allah Bapa Yang Maha Kuasa, dari situ Dia akan datang untuk mengadili orang hidup dan mati."
Di Kisah Para Rasul ini juda disebutkan bahwa Tuhan akan memenuhi "janjiNya" pada murid-muridNya. "Janji" ini adalah bahwa para Rasul akan menerima "kuasa" kalau Roh Kudus turun keats mereka. (Kis 1:8) Jadi kedatangan Roh Kudus pada kita semua, akan menjadi "saksi" Yesus bukan hanya di Yerusalem, tetapi sampai ke ujung bumi. Yesus begitu mencintai kita dan selalu merindukan untuk datang ke hati semua orang, meski masih banyak orang yang belum terbukakan hatinya dan berkarya dalan namaNya.

Salam dan Doa

Respon dari Samiran pada 24 Jan 2006 09:22 pm

Semoga penjelasan saya diatas bisa diterima, dan saya mengajak Anda semua, untuk tetap menyiapkan diri menyambut kedatanganNya yang kita tidak akan pernah tahu, tetapi kita terus menunggunya dalam iman dan pengharapan. Kita akan bertemu kembali dalam kelanjutan Kisah Para Rasul bagian kedua.

Salam dan Doa
Rm Y Samiran SCJ



Nama:
E-mail: (perlu diisi)
Smile: smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 

| lupakan