Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib

Bible Study No. 3 : Kitab Kejadian II Hari ketujuh dan perkawinan

Kirim Ke Printer Undang teman untuk Bible Study


Kej 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --
Kej 2:5 belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;
Kej 2:6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu--
Kej 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Kej 2:8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
Kej 2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Kej 2:10 Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang.
Kej 2:11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.
Kej 2:12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
Kej 2:13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.
Kej 2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.
Kej 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Kej 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
Kej 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."
Kej 2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.
Kej 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.
Kej 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
Kej 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
Kej 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."
Kej 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
Kej 2:25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.


Silahkan renungkan agar dapat kita kupas lebih dalam. Saya perhatikan rupanya sudah ada peserta yg sudah mempertanyakan bab ini.

Kej 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. ⦠sebagai penutup ayat penciptaan menunjukan awal dari waktu (hari pertama) yg sekarang kita kenal. Menunjukan karya Tuhan dari sudut pandang manusia yg melukiskan karya dan waktu yg habis untuk berkarya. Karena itulah hari ke tujuh Tuhan beristirahat dan menguduskannya. Agar manusia dapat berhenti/istirahat dari semua karya dan kesibukannya dalam seminggu. Agar manusia dan keluarganya dapat menghayati hari kudus/ sabat/ Minggu dan bersyukur untuk penciptaan. Pada hari ketujuh manusia dapat mengkultivasi iman dan sejarah keselamatan. Manusia dapat memperlihatkan cinta kasihnya kepada Tuhan.

Kej 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --
Kej 2:5 belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;
Kej 2:6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu--
Kej 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Perbedaaan antara manusia dan hewan ciptaan dapat terlihat pada bagian ini. Manusia ditiupkan roh sedangkan binatang yg terdiri dari materi yg sama (dari bumi) dengan manusia masih tidak sama karena hanya manusialah yg dihembuskan roh. Karena itu manusia memiliki ikatan dan intimnya hubungan dengan Tuhan.

Evolusi?
Mari kita simak sedikit teori evolusi. Evolusi banyak disalah artikan, sebab kata teori/hipotesa yg berarti masih belum terbuktikan dalam seluruhnya. Sudah banyak disalah artikan oleh yg tidak mengerti kedudukan perkaranya ataupun jenis teori dan kubu yg ada. Gereja resmi terbuka dan tidak menentang evolusi, akan tetapi evolusi yg benar yaitu evolusi Theistic yg berarti evolusi yg di bantu dan diatur oleh Tuhan. Lihat roh manusia sebagai contoh. Mengapa binatang tidak mendapatkan roh dari hasil evolusinya? Terdapat 3 teori evolusi yg dominan yaitu Darwinian, Intelligent Design dan Theistic. Evolusi Darwinian mengakui bahwa evolusi terjadi secara kebetulan (sudah terbuktikan salah oleh data dari studi DNA dan genetik kubu Intelligent Design) kemudian teori evolusi yg membuktikan Darwinian salah adalah kubu evolusi Intelligent Design yg mengetahui bahwa evolusi terjadi dan teratur oleh sebuah kuasa yg intelek akan tetapi tidak mengakui kuasa tsb sebagai Tuhan. Sedangkan evolusi Theistic adalah evolusi yg diakui gereja yg menyatakan evolusi dengan bantuan yg diatur oleh Tuhan seperti contoh Tuhan menghembuskan roh untuk manusia yg sudah ada.


Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."
Kej 2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.
Kej 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Pada bagian ini dapat dilihat manusia menyadari bahwa manusia adalah lebih luhur dari pada binatang, manusia menyadari dan merasakan kesepian akan kebutuhan komuni bersama manusia yg lainnya. Berarti manusia memiliki naluri yg menyadari adanya Tuhan.

Kej 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
Kej 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
Kej 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Tipelogi:
Sewaktu Yesus tertidur (mati) disalib, rusuk sebelah kanan-Nya (lambung) ditusuk dan mengalir air. Melambangkan dan memiliki kesamaan seperti Adam yg tertidur dan dari sebelah kanannya diciptakan Hawa. Yesus tertidur dan dari sebelah kanan-Nya lahirlah gereja Katolik. Karena itu gereja disebut sebagai pengatin Yesus dan gereja memiliki gelar wanita dan karena itu Maria adalah juga bunda gereja.


Kej 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
Kej 2:25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Sakramen perkawinan adalah sakramen yg pertama yg diberikan oleh Tuhan. Dalam sakramen perkawinan dua manusia menjadi satu (menunjukan hubungan yg monogami) dan menghasilkan anak. Yesus menggunakan ayat ini dalam Mat 19:5 sewaktu menjelaskan mengapa dilarang untuk cerai. Menunjukan bagain kecil mengapa manusia diciptakan dalam rupa-Nya, prokreasi, manusia memiliki kuasa dan rahmat untuk menjadi orang tua, seperti Tuhan yg adalah orang tua manusia. Kej 1:26-28 menunjukan Tuhan sebagai Bapa seperti kisah dalam Kej 5:1-3 sewaktu Adam menjadi bapa Set anaknya yg lahir dalam rupa bapanya. Untuk dilahirkan dalam rupa bapanya mengartikan sebagai anaknya, demikian manusia diciptakan dalam rupa-Nya menunjukan manusia diciptakan sebagai anak-Nya.

Manusia tidak merasa malu sewaktu telanjang menggambarkan beberapa hal. Manusia tidak kenal dosa, manusia memiliki pengertian yg harmonis dan sempurna mengenai tubuhnya. Artikata tidak tertarik untuk mengeksploitasi keadaan dan situasi.

Bersambung â¦
Dikirim Tgl 1 25 May 2005 oleh Rm. Y. Samiran. SCJ

Register agar anda dapat ikut mengirimkan komentar anda



Respon dari FA Suhardi Soetedja pada 26 May 2005 11:23 am

Romo Samiran yang baik,
Hari ketujuh yang dikuduskan Tuhan (hari minggu) sulit dilaksanakan karena pertimbangan materi sehingga orang mengambil lembur atau menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Apakah ini melanggar perintah Tuhan dan bagaimana sikap Gereja Katolik terhadap kenyataan ini?

Respon dari Kanisius Kami pada 26 May 2005 11:25 am

Romo, saya tertarik dengan Kej 2:25 yang berbunyi: "Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu,"
Bisa dijelaskan apa makna terdalam dari ayat ini bagi keluarga Katolik. Apa yang dapat kita petik dari ayat ini?
Terima kasih......

Respon dari yanti pada 26 May 2005 12:05 pm

Romo Samiran,
Saya Mohon penjelasan pada ayat Kej 2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. Lalu Dimana letak Taman Eden ? Disurga atau di bumi ?
Bukankah Adam dan Hawa di usir dari Taman Eden menuju ke bumi ?

Respon dari adrianus pada 27 May 2005 05:19 am

Menurut saya, Allah begitu mengasihi manusia, Dia ciptakan dulu langit dan bumi beserta isinya baru dihari keenam diciptakan manusia agar dia menguasai dan menikmati dunia (kehendak bebas???) yang diciptakan Allah yang baik adanya tp ada 1 yg dilarang yi pohon pengetahuan. Saya kepikir bhw Allah dr pertama kali sdh meragukan ketaatan manusia dg diciptakan pohon pengetahuan ini dan benar akhirnya Manusia jatuh dalam dosa, Telanjang mungkin dpt diartikan rohani yang masih murni bebas dr dosa

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:23 am

Kej 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. ⦠sebagai penutup ayat penciptaan menunjukan awal dari waktu (hari pertama) yg sekarang kita kenal. Menunjukan karya Tuhan dari sudut pandang manusia yg melukiskan karya dan waktu yg habis untuk berkarya. Karena itulah hari ke tujuh Tuhan beristirahat dan menguduskannya. Agar manusia dapat berhenti/istirahat dari semua karya dan kesibukannya dalam seminggu. Agar manusia dan keluarganya dapat menghayati hari kudus/ sabat/ Minggu dan bersyukur untuk penciptaan. Pada hari ketujuh manusia dapat mengkultivasi iman dan sejarah keselamatan. Manusia dapat memperlihatkan cinta kasihnya kepada Tuhan.

Kej 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --
Kej 2:5 belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;
Kej 2:6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu--
Kej 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Perbedaaan antara manusia dan hewan ciptaan dapat terlihat pada bagian ini. Manusia ditiupkan roh sedangkan binatang yg terdiri dari materi yg sama (dari bumi) dengan manusia masih tidak sama karena hanya manusialah yg dihembuskan roh. Karena itu manusia memiliki ikatan dan intimnya hubungan dengan Tuhan.

Evolusi?
Mari kita simak sedikit teori evolusi. Evolusi banyak disalah artikan, sebab kata teori/hipotesa yg berarti masih belum terbuktikan dalam seluruhnya. Sudah banyak disalah artikan oleh yg tidak mengerti kedudukan perkaranya ataupun jenis teori dan kubu yg ada. Gereja resmi terbuka dan tidak menentang evolusi, akan tetapi evolusi yg benar yaitu evolusi Theistic yg berarti evolusi yg di bantu dan diatur oleh Tuhan. Lihat roh manusia sebagai contoh. Mengapa binatang tidak mendapatkan roh dari hasil evolusinya? Terdapat 3 teori evolusi yg dominan yaitu Darwinian, Intelligent Design dan Theistic. Evolusi Darwinian mengakui bahwa evolusi terjadi secara kebetulan (sudah terbuktikan salah oleh data dari studi DNA dan genetik kubu Intelligent Design) kemudian teori evolusi yg membuktikan Darwinian salah adalah kubu evolusi Intelligent Design yg mengetahui bahwa evolusi terjadi dan teratur oleh sebuah kuasa yg intelek akan tetapi tidak mengakui kuasa tsb sebagai Tuhan. Sedangkan evolusi Theistic adalah evolusi yg diakui gereja yg menyatakan evolusi dengan bantuan yg diatur oleh Tuhan seperti contoh Tuhan menghembuskan roh untuk manusia yg sudah ada.


Kej 2:18 TUHAN Allah berfirman: \"Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.\"
Kej 2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.
Kej 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Pada bagian ini dapat dilihat manusia menyadari bahwa manusia adalah lebih luhur dari pada binatang, manusia menyadari dan merasakan kesepian akan kebutuhan komuni bersama manusia yg lainnya. Berarti manusia memiliki naluri yg menyadari adanya Tuhan.

Kej 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
Kej 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
Kej 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: \"Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.\"

Tipelogi:
Sewaktu Yesus tertidur (mati) disalib, rusuk sebelah kanan-Nya (lambung) ditusuk dan mengalir air. Melambangkan dan memiliki kesamaan seperti Adam yg tertidur dan dari sebelah kanannya diciptakan Hawa. Yesus tertidur dan dari sebelah kanan-Nya lahirlah gereja Katolik. Karena itu gereja disebut sebagai pengatin Yesus dan gereja memiliki gelar wanita dan karena itu Maria adalah juga bunda gereja.


Kej 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
Kej 2:25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Sakramen perkawinan adalah sakramen yg pertama yg diberikan oleh Tuhan. Dalam sakramen perkawinan dua manusia menjadi satu (menunjukan hubungan yg monogami) dan menghasilkan anak. Yesus menggunakan ayat ini dalam Mat 19:5 sewaktu menjelaskan mengapa dilarang untuk cerai. Menunjukan bagain kecil mengapa manusia diciptakan dalam rupa-Nya, prokreasi, manusia memiliki kuasa dan rahmat untuk menjadi orang tua, seperti Tuhan yg adalah orang tua manusia. Kej 1:26-28 menunjukan Tuhan sebagai Bapa seperti kisah dalam Kej 5:1-3 sewaktu Adam menjadi bapa Set anaknya yg lahir dalam rupa bapanya. Untuk dilahirkan dalam rupa bapanya mengartikan sebagai anaknya, demikian manusia diciptakan dalam rupa-Nya menunjukan manusia diciptakan sebagai anak-Nya.

Manusia tidak merasa malu sewaktu telanjang menggambarkan beberapa hal. Manusia tidak kenal dosa, manusia memiliki pengertian yg harmonis dan sempurna mengenai tubuhnya. Artikata tidak tertarik untuk mengeksploitasi keadaan dan situasi.

Bersambung â¦

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:33 am

by FA Suhardi Soetedja @ 26 May 2005 02:29 pm
Romo Samiran yang baik,
Hari ketujuh yang dikuduskan Tuhan (hari minggu) sulit dilaksanakan karena pertimbangan materi sehingga orang mengambil lembur atau menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Apakah ini melanggar perintah Tuhan dan bagaimana sikap Gereja Katolik terhadap kenyataan ini?
--------------------------------------

Sebaiknya kalau pekerjaan yg tidak diperintahkan majikan/atasan atau wajib, tidak dicari-cari pada hari Minggu. Lain soal kalau memang kita wajib bekerja pada hari sabat.

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:35 am

by Kanisius Kami @ 26 May 2005 02:25 pm
Romo, saya tertarik dengan Kej 2:25 yang berbunyi: "Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu,"
Bisa dijelaskan apa makna terdalam dari ayat ini bagi keluarga Katolik. Apa yang dapat kita petik dari ayat ini?
Terima kasih......
-----------------------------------

Manusia tidak merasa malu sewaktu telanjang menggambarkan beberapa hal. Manusia tidak kenal dosa, manusia memiliki pengertian yg harmonis dan sempurna mengenai tubuhnya. Artikata tidak tertarik untuk mengeksploitasi keadaan dan situasi.

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:38 am

by yanti @ 26 May 2005 03:05 pm
Romo Samiran,
Saya Mohon penjelasan pada ayat Kej 2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. Lalu Dimana letak Taman Eden ? Disurga atau di bumi ?
Bukankah Adam dan Hawa di usir dari Taman Eden menuju ke bumi ?
--------------------------------------

Letak geografisnya Eden jangan dilihat secara literal. melainkan simbolik sebagai Altar dan Adam sebagai Imam. Kita akan mendalam mengenai Eden pada latihan berikut.

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:40 am

by adrianus @ 27 May 2005 08:19 am
Menurut saya, Allah begitu mengasihi manusia, Dia ciptakan dulu langit dan bumi beserta isinya baru dihari keenam diciptakan manusia agar dia menguasai dan menikmati dunia (kehendak bebas???) yang diciptakan Allah yang baik adanya tp ada 1 yg dilarang yi pohon pengetahuan. Saya kepikir bhw Allah dr pertama kali sdh meragukan ketaatan manusia dg diciptakan pohon pengetahuan ini dan benar akhirnya Manusia jatuh dalam dosa, Telanjang mungkin dpt diartikan rohani yang masih murni bebas dr dosa
---------------------------------------

Tentu alam semesta perlu diciptakan terdahulu, sebab manusia akan ditaruh dimana? Mengenai pohon adalah pada latihan berikutnya.

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 31 May 2005 09:47 am

Ekaristi mengalami banyak gangguan teknis 2 minggu yg baru lalu karena itu latihan kita sedikit terhambat, mohon maklum. Saya dapat berita Ekaristi sudah selesai dengan update dan upgrade webnya.

Respon dari berto pada 30 Aug 2005 10:30 am

saya pernah belajar sejarah dengan seorang guru di SMA, dan kebetulan dia juga seorang katholik dan tertarik dengan kitab suci..
ternyata di peta dunia, kita bisa mengalokasikan kira2 letak dari taman eden itu.. misalnya, dari nama sungai, dan dari aliran2 sungai itu.

bagaimana ya?



Nama:
E-mail: (perlu diisi)
Smile: smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 

| lupakan