Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib

Bible Study 1 Korintus 6 : 1 - 20

Kirim Ke Printer Undang teman untuk Bible Study


1Kor 6:1 Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?

1Kor 6:2 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?

1Kor 6:3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

1Kor 6:4 Sekalipun demikian, jika kamu harus mengurus perkara-perkara biasa, kamu menyerahkan urusan itu kepada mereka yang tidak berarti dalam jemaat?

1Kor 6:5 Hal ini kukatakan untuk memalukan kamu. Tidak adakah seorang di antara kamu yang berhikmat, yang dapat mengurus perkara-perkara dari saudara-saudaranya?

1Kor 6:6 Adakah saudara yang satu mencari keadilan terhadap saudara yang lain, dan justru pada orang-orang yang tidak percaya?

1Kor 6:7 Adanya saja perkara di antara kamu yang seorang terhadap yang lain telah merupakan kekalahan bagi kamu. Mengapa kamu tidak lebih suka menderita ketidakadilan? Mengapakah kamu tidak lebih suka dirugikan?

1Kor 6:8 Tetapi kamu sendiri melakukan ketidakadilan dan kamu sendiri mendatangkan kerugian, dan hal itu kamu buat terhadap saudara- saudaramu.

1Kor 6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,

1Kor 6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

1Kor 6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

1Kor 6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

1Kor 6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

1Kor 6:14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.

1Kor 6:15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!

1Kor 6:16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging."

1Kor 6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

1Kor 6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

1Kor 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

1Kor 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Salam dan Doa
Y. Samiran SCJ
Dikirim Tgl 2 12 Jun 2007 oleh Rm. Y. Samiran. SCJ

  Register agar anda dapat ikut mengirimkan komentar anda



Respon dari croll pada 13 Jun 2007 02:28 am

salam romo,

dari ayat-ayat tersebut diatas saya menangkap 2 hal:
1. menarik utk dikaji bahwa umat kristen di korintus diharapkan utk dapat menangani masalah-masalah baik itu yg terjadi dlm umat, maupun perkara-perkara di lingkungannya

2. dari kajian ayat-ayat di pelajaran sebelumnya, St Paulus menegor masalah pelacuran ini, dan sekaran di ulangi lagi di ayat-ayat di atas. Yang menimbulkan pertanyaan bagi saya, apakah hal ini dikarenakan St Paulus melihat hal ini terjadi di kalangan org2 di Korintus yg telah menjadi Kristen melakukan hal2 ini ataukah krn ini yg paling banyak terjadi di kota Korintus pada umumnya?

mohon penjelasannya mo (dan teman2 semua)

salam

Respon dari There pada 13 Jun 2007 08:45 am

"apakah hal ini dikarenakan St Paulus melihat hal ini terjadi di kalangan org2 di Korintus yg telah menjadi Kristen melakukan hal2 ini ataukah krn ini yg paling banyak terjadi di kota Korintus pada umumnya?"
+++++++++++++++++++++++++++++++++

Seperti yang dikatakan dalam Bab sebelumnya (bab 5) Rasul Paulus, menghendaki jemaat di Korintus, untuk memisahkan antara yang baik dan yang buruk, juga dengan menekankan (inner purity)dalam komunitas Jemaat di Korintus. Karena apa, karena saat itu banyak sekali orang Korintus yang masih hidup dalam dosa yang tinggal dan hidup bersama sama dengan jemaat.
Dalam Bab 6 ini, kembali Rasul Paulus mengingatkan dan menegaskan tentang dosa yang diakibatkan oleh perbuatan immoral atau asusila, supaya jemaat di Korintus memperoleh keselamatan,terlebih, tubuh kita bukanlah milik kita yang sebenarnya (Bab 6: 15,19)

Respon dari little girl pada 13 Jul 2007 12:19 am

Apakah ini karena orang2 Korintus berpikiran spt org Protestan bhw mengakui Yesus sbg juruslamat saja sudah cukup.

Yang menjadi titik berat bhw pikiran yg melantur ke arah2 percabulan dll juga merupakan dosa yg akan membuat manusia kehilangan rahmatnya.

Bhw dgn surat tsb Paulus mengingatkan untuk memuliakan Tuhan dgn tubuh yg berarti menggunakan setiap bagian tubuh kita sesuai dgn porsinya untuk memuliakan Tuhan, mulai dr pikiran, perkataan, perasaan, perbuatan & langkah kaki kita.

Respon dari Yolie pada 17 Jul 2007 09:22 am

Aku tidak mengerti 1Kor:1-6, Siapa orang kudus, siapa malaikat, siapa orang yang tidak benar. Apa perkara biasa di sini? Jadi perkara biasa itu siapa yang tangani? Lalu tugas kita menangani tugas yang mana yah? wassat wink

Respon dari There pada 30 Jul 2007 06:55 am

Coba Yolie baca dari awal, untuk memahami Surat Rasul Paulus, juga latar belakangnya, ini akan membantumu untuk mempermudah pemahaman.Rasul Paulus mulai membangun dan membina Jemaat di Korintus sekitar tahun 51, pada perjalanan misionary nya yang kedua, saat itu masih banyak sekali orang di Korintus penganut paganism.

Respon dari ALOYSIUS FREDDY pada 19 Feb 2008 08:20 am

Romo ytk, yg saya tangkap dalam 1korintus6:1-20 adalah sbb:
bhw tubuh kita kudus adanya karena:
1. Tubuh kita adalah Bait Roh Kudus yang kita peroleh dari Allah dan Suci adanya.
2. Jalankan hidup sesuai 10perintah Allah.
3. Dgn demikian janganlah kita berpaling kepada hal-hal yg lain jika kita mempunyai masalah; tetapi ingatlah akan Kristus Tuhan sebab didlm dirikita sdh ditempatkan Roh Kudus shg sahabat/Relasi kita dgn Allah sangat Dekat pada dirikita untuk menyerahkan semua perkara kepada Tuhan Yesus Kristus.
4. Jika kita melanggar dari point 2, maka Allah dgn Tegas akan tidak memberikan bagian kepada kita dalam kerajaan Allah.
Romo mohon arahannya yg lbh mendalam.
Salam dalam Kasih Yesus Kristus fm:Freddy

Respon dari joni tyro pada 11 May 2008 06:53 am

Mau nanya, yang dimaksud dengan orang pemburit dalam 1Kor 6:9 itu apa ya?



Nama:
E-mail: (perlu diisi)
Smile: smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 

| lupakan