Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib

Bible Study No. 4 : Kitab Kejadian III, Manusia jatuh kedalam dosa

Kirim Ke Printer Undang teman untuk Bible Study


Kej 2:8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
Kej 2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Kej 2:10 Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang.
Kej 2:11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.
Kej 2:12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
Kej 2:13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.
Kej 2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.
Kej 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Kej 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
Kej 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."


Kej 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"
Kej 3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
Kej 3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."
Kej 3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,
Kej 3:5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."
Kej 3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.
Kej 3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
Kej 3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.
Kej 3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"
Kej 3:10 Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."
Kej 3:11 Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"
Kej 3:12 Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."
Kej 3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan."
Kej 3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.
Kej 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Kej 3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."
Kej 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
Kej 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
Kej 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."
Kej 3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.
Kej 3:21 Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.


1. Apakah yg dimaksud alkitab dengan melukiskan letak dan isi Eden?
2. Mengapa Allah melarang untuk memakan buah pohon pengetahuan?
3. Mengapa Adam dan Hawa dikisahkan dalam keadaan telanjang?
4. Apakah yg dimaksud dengan ular, besar/ kecil, beracun dan apakah ularlah yg benar mengenai ancaman kematian bila memakan buah?
5. Mengapa Allah bertanya, dimana kau, siapa yg bilang kau telanjang, bila Allah maha tau? Mengapa Allah mengadakan pohon kehidupan dan pohon pengetahuan?
6. Bagaimana reaksi dan apa yg tersirat dalam reaksi Adam dan Hawa?
7. Proto- evangelasi/penginjilan, apakah artinya, kenapa?

bacaan alkitab selanjutnya ... kej 2:17 s/d kej 3:21

Selamat membaca dan merenungkan, akan kita kupas bersama latihan no. 4
Dikirim Tgl 4 03 Jun 2005 oleh Rm. Y. Samiran. SCJ

  Register agar anda dapat ikut mengirimkan komentar anda



Respon dari Senang pada 04 Jun 2005 06:06 am

Romo aku tidak mengerti apa proto-evangelasi. THX

Respon dari Ririn pada 06 Jun 2005 10:28 am

Mo, aku bodoh soal alkitab..
smile
aku juga bingung kenapa Tuhan bertanya 'dimana kau? apa kau telanjang? harusnya Tuhan kan udah tahu kalau hawa udah ngelakuin dosa, dan hawa posisinya ada dimana!'

apalagi kata-kata proto-evangelasi aku gak ngerti maksudnya :)

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 07 Jun 2005 10:57 pm

1. Apakah yg dimaksud alkitab dengan melukiskan letak dan isi Eden?

Eden adalah bait Allah seperti juga altar dunia, dunia dengan 4 penjuru, alkitab melukiskan dunia dengan 4 penjuru bukan secara fisik akan tetapi sebagai altar, Eden dengan 4 sungai dan batu krisopras. Biasanya terdapat 4 penjuru pada altar. Baju pada bagian dada Imam dihiasi dengan batu krisopras, Adam adalah imam dan eden adalah altar dengan mengurbankan "Ketaatannya" untuk tidak memakan dari pohon pengetahuan, Allah memerintahkan untuk memelihara Eden Kej 2:15

Kel 25:7 permata krisopras dan permata tatahan untuk baju efod dan untuk tutup dada. (pakaian seorang Imam)

Lihat rumah dan bait Allah yg dibangun Solomo.

1Raj 6:28 Dan kerub-kerub itu dilapisinya dengan emas. 29 Dan pada segala dinding rumah itu berkeliling ia mengukir gambar kerub, pohon korma dan bunga mengembang (diadakan kerub dan hiasan taman seperti Eden.)

Kej 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

2. Mengapa Allah melarang untuk memakan buah pohon pengetahuan?

Adalah pengorbanan(ketaatan) Adam kepada Allah pada altar(eden).

3. Mengapa Adam dan Hawa dikisahkan dalam keadaan telanjang?

Melukiskan kesucian dan ketaatan sepenuhnya kepada Allah.

4. Apakah yg dimaksud dengan ular, besar/ kecil, beracun dan apakah ularlah yg benar mengenai ancaman kematian bila memakan buah?

Ular yg dikisahkan adalah ular yg sangat berbahaya dan mematikan, bukan sekedar ular sawah atau ular kecil yg dapat dipelihara melainkan seperti naga dalam kitab Wahyu dan ular berbisa dalam kitab Keluaran. Bila dilihat sekilas dari ayat Kej 3:4, rupanya ularlah yg benar dalam menipu. Karena setelah memakan buah pengetahuan ternyata manusia tidak terlihat jatuh, berhenti bernapas dan mati. Sekilas rupanya ularlah yg benar mengenai ancaman kematian, akan tetapi terlihat sebenarnya Allah yg benar karena manusia mati secara rohaniah yg merupakan kematian yg sebenarnya dan bukan kematian temporal(kematian jasad/daging/fisik) seperti yg dikatakan ular. Dalam bahasa Ibrani Kej 2:17 ditulis dengan kata "...engkau akan mati mati" 2 kali kata mati yg berarti bila memakan buah pengetahuan kau akan mati kematian. Apa arti mati kematian? Mati rohaniah yaitu mati secara abadi, karena kematian jasad adalah kematian temporal berarti mati kematian adalah mati sesudah mati jasad, mati kedua kalinya.


5. Mengapa Allah bertanya, dimana kau, siapa yg bilang kau telanjang, bila Allah maha tau? Mengapa Allah mengadakan pohon kehidupan dan pohon pengetahuan?
6. Bagaimana reaksi dan apa yg tersirat dalam reaksi Adam dan Hawa?


Pertanyaan yg sering dipertanyakan adalah mengapa Allah tidak mengetahui dimana Adam bersembunyi dan apa yg diperbuatnya, apakah Allah tidak maha tahu. Allah menanyakan karena Allah memberikan kesempatan kepada Adam untuk rekonsiliasi dan mengakui perbuatannya untuk bertobat. Sebaliknya yg dilakukan Adam adalah menyalahkan Allah. Adam menuduh Allah dengan berkata "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku..." Terlihat dampak dari dosa, sekarang Adam tidak segan untuk menyalahkan Allah dan beralasan karena Allah memberikan Hawa kepadanya sebagai istri oleh sebab itu dia dan jatuh kedalam dosa.


7. Proto- evangelasi/penginjilan, apakah artinya, kenapa?

Proto-evangelasi adalah seperti prototipe, sebuah contoh atau awal suatu model sebelum yg asli ada atau dapat digunakan/ berguna. Proto-injil adalah contoh dan model injil/kabar gembira jauh sebelum injil ada atau terjadi. Kita mengetahui Yesus lahir dari Maria dan Yesus (injil Lukas) adalah juru selamat manusia dari dosa dan kesalahan Adam yg disebutkan INJIL. Akan tetapi kitab Kejadian sudah mengisahkan akan ada dan terjadinya injil. Dalam arti bahwa Yesus akan lahir dari seorang perawan tanpa dosa dan akan mengalahkan ular/iblis. Lihat ayat 3:15.

Kej 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Permusuhan mengartikan pemisahan antara dosa dan suci/sempurna. Engkau dan Keturunanmu, yg dimaksudkan adalah semua manusia yg lahir dengan dosa asal disebabkan oleh tipuan ular dan perbuatan Adam dan Hawa. Perempuan ini dan Keturunannya adalah perawan Maria yg tanpa dosa asal dan Yesus anaknya.

Meremukan kepala dan meremukan tumit berarti Yesus menderita siksaan (tumit) untuk menebus dan mengalahkan dosa dan kematian(meremukan kepala ular).

Semoga membantu

Respon dari Kanisius Kami pada 08 Jun 2005 08:17 am

Romo..... mau nanya sedikit.

1. Pohon kehidupan dalam kitab Kejadian ini menandakan apa ya? Mengapa Tuhan hanya menumbuhkan pohon kehidupan sementara pohon kematian tidak ada?
2. Mengapa Tuhan juga menumbuhkan pohon pengatahuan tentang yang baik dan yang buruk. Apa rencana Tuhan dengan semuanya ini.
Terima kasih.

Respon dari Rm. Y. Samiran. SCJ pada 08 Jun 2005 08:57 am

by Kanisius Kami @ 08 Jun 2005 11:17 am
Romo..... mau nanya sedikit.

1. Pohon kehidupan dalam kitab Kejadian ini menandakan apa ya? Mengapa Tuhan hanya menumbuhkan pohon kehidupan sementara pohon kematian tidak ada?
2. Mengapa Tuhan juga menumbuhkan pohon pengatahuan tentang yang baik dan yang buruk. Apa rencana Tuhan dengan semuanya ini.
Terima kasih.
---------------------------------------

Pohon pengetahuan merupakan sebuah syarat dan pengorbanan dalam menunjukan ketaatan agar Adam dan Hawa dalam kesucian mereka mengetahui bahwa mereka adalah ciptaan, dengan adanya pohon kehidupan mereka lebih mengerti dan mengetahui bahwa ancaman kematian dari Allah adalah benar dan nyata. Karena adanya pohon kehidupan kita tahu bahwa mereka mengerti apa arti kematian, sebab untuk apa Allah mengancam mereka dengan kematian bila mereka tidak mengerti konsep mati. Allah adalah pencipta dan bukan pemusnah karena itu tidak ada pohon kematian. Sebab bila sekalipun Allah memusnahkan secara abadi, seperti kematian yg dialami Adam dan Hawa rohaniah tentu Allah telah bertentangan dengan alam dan hukum-Nya sendiri sebagai pencipta dan Allah yg sempurna.

Respon dari Cisca pada 19 Jun 2005 05:05 pm

Romo Yth,
saya peserta baru, maaf kalau pertanyan saya mungkin sudah ada sebelumnya, tolong ditunjukkan saja dimana saya bisa baca jawabannya.

1. Allah tentunya sudah tahu bahwa Hawa & Adam akan tergoda bukan, karena segala sesuatu terjadi hanya atas kehendakNya. Apakah Allah memang bagian dari rencana Allah bahwa manusia akan jatuh berdosa?
2. Mengapa Adam & Hawa yang belum berpengetahuan ttg baik & jahat (dan belumtahu apa konsekuensi dari mati tsb, bahwa akan dikutuk dst) tidak diberitahu bahwa ada ular yang jahat yang bisa menipu/ bahwa ada yang namanya godaan & godaan itu tidak baik? Apakah mereka sudah diberi penegtahuan ttg segala ciptaan Allah?
3. Mengapa Allah tidak memberi bimbingan/peraturan yang lebih rinci ttg apa godaan & dosa. Ibaratnya kalau pikiran manusia ya, seorang udik belum pernah lihat mobil sebelumnya lalu datang kepala suku menaruh mobil di depan matanya & memberi pesan jangan naik ke mobil itu nanti akan celaka. Lalu ditinggal pergi,dan datang seornag dari kota yg lebih cerdik yg sudah tahu apa itu mobil & mengajak mereka naik mobil tsb. Lalu kepala suku kembali & menghukum berat si org udik.ogikanya si kepala suku sudah tahu bahwa akan dilanggar perintahnya tsb, jadi niat untuk menghukum berat
memang sudah ada dari awal. Pemimpin yg baik kan seharusnya membuat peraturan & jelas, rinci?
4. Ular = iblis, setan, godaan juga ciptaan Allh, apa tujuan penciptaan ular tsb selain memang untuk menggoda manusia ?
5. Sebenarnya Allah bisa menciptakan manua yang compliant/patuh & selalu berpikiran baik, tidak bisa berdosa, dst,tetapi mengapa tidak dibuat begitu? Allah tidak bisa berdoa, bila manusia sesuai gambaran Allah harusnya juga bisa dibuat foolproof -mengapa diberi kehendak bebas ? Kalau memang diciptakan bisa berbuat dosa, mengapa harus dihukum untuk kebisaan (capability) yang memang diberikan tsb, mengapa tidak diperbaiki (fix the design) saja?
6. Kenapa Allah bersusah2 melalui proses panjang untuk mendirikan kerajaan Nya, padahal bisa dengan satu Sabda di'bereskan' semua.

terimakasih sebelum nya Romo...
Syalom,
Mama Bear yg sedang galau melihat begitu banyak & berat dosa2 manusia..

Respon dari berto pada 05 Sep 2005 05:50 am

Shalom, sdri. Cisca yg baik,

I think, itu karena Tuhan ga mau makhluk ciptaan-Nya itu hanya berupa robot aja yang sudah di-program dan selalu menyembah2 dia saja..

Tuhan itu "terlalu" mencintai kita manusia ciptaan-Nya, sampai2 Dia juga memberikan kita kehendak yang begitu bebas untuk menjalani nasib kita sndiri.
Dia ga pengen kita tu seperti robot saja, yg terkekang untuk menyembah2 Dia.

Dan bila kita, dengan secara sadar, dengan kehendak bebas kita itu "memilih" Dia. Disinilah the most wonderful thing akan terjadi ;) yaitu km secara murni mau menerima Dia sebagai Tuhan.. bukan karena km telah "di-program" untuk memilih Dia.

Respon dari Arthur pada 15 Jul 2008 09:14 am

halo Romo, perkenalkan saya Arthur dan ini posting saya yg pertama dan harapan saya bukan yg terakhir tongue

Pertanyaan saya ini:

1. Mengapa Gereja menyatakan bahwa kejatuhan Adam & Hawa sebagai dosa asal? Kalo saya baca terus kitab Kejadian bab 3 ini tidak tertulis bahwa perbuatan Adam & Hawa ini adalah dosa.

2. Dalam kitab Kejadia bab 4:6-7

Firman Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Disinilah utk pertama kali kata "dosa" muncul yang menurut saya berkaitan dengan isi hati manusia, bukan dgn perbuatan Adam & Hawa yg memakan buah terlarang.
Bahwa mereka akan mati - mati sudah merupakan konsekwensi atas pilihan mereka namun tidak tertulis dalam kita Kejadian bahwa hal itu adalah dosa. Jadi manakah dosa asal itu? Perbuatan Adam & Hawa atau pembunuhan yg dilakukan Kain kepada Habel?

Mohon penjelasan Romo. Terima kasih



Nama:
E-mail: (perlu diisi)
Smile: smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 

| lupakan