Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib


Kej 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Kej 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Kej 3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."
Kej 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
Kej 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
Kej 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."
Kej 3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.
Kej 3:21 Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.


1. Apakah yg dimaksud alkitab dengan melukiskan letak dan isi Eden?
2. Mengapa Allah melarang untuk memakan buah pohon pengetahuan?
3. Mengapa Adam dan Hawa dikisahkan dalam keadaan telanjang?
4. Apakah yg dimaksud dengan ular, besar/ kecil, beracun dan apakah ularlah yg benar mengenai ancaman kematian bila memakan buah?
5. Mengapa Allah bertanya, dimana kau, siapa yg bilang kau telanjang, bila Allah maha tau? Mengapa Allah mengadakan pohon kehidupan dan pohon pengetahuan?
6. Bagaimana reaksi dan apa yg tersirat dalam reaksi Adam dan Hawa?
7. Proto- evangelasi/penginjilan, apakah artinya, kenapa?

bacaan alkitab selanjutnya ... kej 2:17 s/d kej 3:21

Selamat membaca dan merenungkan, akan kita kupas bersama latihan no. 4



Kej 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Kej 2:25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.


Sakramen perkawinan adalah sakramen yg pertama yg diberikan oleh Tuhan. Dalam sakramen perkawinan dua manusia menjadi satu (menunjukan hubungan yg monogami) dan menghasilkan anak. Yesus menggunakan ayat ini dalam Mat 19:5 sewaktu menjelaskan mengapa dilarang untuk cerai. Menunjukan bagain kecil mengapa manusia diciptakan dalam rupa-Nya, prokreasi, manusia memiliki kuasa dan rahmat untuk menjadi orang tua, seperti Tuhan yg adalah orang tua manusia. Kej 1:26-28 menunjukan Tuhan sebagai Bapa seperti kisah dalam Kej 5:1-3 sewaktu Adam menjadi bapa Set anaknya yg lahir dalam rupa bapanya. Untuk dilahirkan dalam rupa bapanya mengartikan sebagai anaknya, demikian manusia diciptakan dalam rupa-Nya menunjukan manusia diciptakan sebagai anak-Nya.



Kej 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Kej 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

.....................

Kej 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.

Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.

Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.


Sejarah Keselamatan dan Perjanjian Allah.

Alkitab memberikan sejarah dari perspektif Tuhan, alkitab menunjukan sejak awal bahwa Tuhan berkarya untuk membawakan manusia kepada keselamatan dan karena itu disebut dengan istilah 'Sejarah Keselamatan'.
Tentu dengan adanya sejarah keselamatan maka ........



Mat 13:47 "Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.

Mat 13:48 Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,

Mat 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.



Silahkan renungkan apakah arti Mat 13:47-50 bagi anda? Saya tunggu pendapat sdr/i.

Kemudian akan saya berikan analisa, ilustrasi, aplikasi ajaran, ditel/ simbol dan pelajaran apa yg kita dapatkan.



Studi Alkitab Online dapat kami sediakan berikut jadwal, fasilitas dan materinya atas berkat dan kebaikan Yth, Rm. Y. Samiran. SCJ yg telah bersedia untuk menyediakan waktu dari kian banyak kesibukannya khusus untuk forum Studi Alkitab Online ini.

Format studi alkitab kami jelaskan secara singkat.

baca selanjtunya ....


Sebelum 1 2 3 Berikut