FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Pencerahan untuk anak muda (seperti saya)    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera
View previous topic :: View next topic  
Author Message
da_arez



Joined: 17 Feb 2011
Posts: 36
Location: Surabaya, Indonesia

PostPosted: Mon, 21-05-2012 7:00 pm    Post subject: Pencerahan untuk anak muda (seperti saya) Reply with quote

Puji Syukur pada Allah penguasa Langit dan bumi,
dan Yesus Kristus Tuhan dan Juru selamat kita..

Selamat malam para mod good Job

hal ini mungkin masih terlalu jauh untuk saya perbincangkan...
tpi berkenaan tentang perbedaan agama tentu bukan hal yg baru bagi teman2...

Tapi saya mengalami kesulitan dalam masa pacaran ini,,memang diawal saya sendiri gk berpikir akan perbedaan saya dan pacar saya yang PROTESTAN...

tapi seiring berjalan waktu,,saya mulai untuk mebina hubungan yang dewasa...dewasa dalam iman yg utama, dan dewasa dalam gaya pacaran..

Masalah :
saat saya mulai berbicara tentang pernikahan, bnyk pertnyaan duniawi dari dia(cewek saya) yang pastinya bisa saya jawab dengan gmblang...
tapi ketika masalah perbedaan agama ini kita mulai ramai, bertahan pada satu sisi masing2...
saya tidak mencari dimana letak bedanya, tpi saya "SAKLEK" bahwa PROTESTAN adalah "SALAH"....
semakin rumit,,ketika saya berbicara tentang apa yg ada di dalam Alkitab+Tradisi Gereja,,,dia menolak mentah2,,saya sanggah tentunya dengan hal2 yg sudah saya dengarkan dari Alkitab,,hal yg utama adalah ketika dia tidak bisa menerima tentang penghormatan Bunda Maria..yag kedua, BAHWA KATOLIK TIDAK ALKITABIAH...saya merasa dihina, saya marah (tpi tentunya tidak dengan nada yg tinggi, Tuhan masih membimbing saya)...semua sanggahan saya ditolak mentah2,,,kemungkinan besar, dia sedang mencari letak kesalahan pada Katolik dengan ber-konsultasi dengan pendetanya...

tujuan saya ini untuk kelangsungan hubungan kami, bukan pada 1 sisi...yg tentunya hal utama adalah, mengenalkan kepadanya tentang KATOLIK yg sebenarnya ada KRISTEN yg universal...dan PROTESTAN hanyalah agama buatan, bukan KRISTEN...
klo dibilang/ disuruh "putusin saja",,susah,krn saya ini pnya 1 visi yg sama dengan dia "SATU UNTUK SELAMANYA"..kedengaran alay Ketawa
tapi ya itulah kami..


Saya yg masih muda ini,,,mohon bantuan doa dan pencerahan dari Teman2 EDO semua ini yah... Smile
Sebelumnya terima kasih...
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
hwijaya



Joined: 05 Feb 2008
Posts: 1511
Location: USA

PostPosted: Mon, 21-05-2012 10:29 pm    Post subject: Reply with quote

Apakah pacarmu menghormati ibunya? Kalau ya, sejauh mana?

Bandingkan dgn Tuhan Yesus yg menghormati ibunya. Kalau Yesus saja melakukan hal tsb, apakah kita salah kalau menghormati Bunda Maria?

Biasanya - nanti kamu dituduh (moga-moga tidak) menyembah Maria... nah ini yg mesti dibantah.

Katolik tidak Alkitabiah? Ini karena Protestant penganut Sola Scriptura (hanya Alkitab), sedangkan kita Tradisi Suci & Kitab Suci.

Kalau mau Sola Sciptura: tunjukan dimana di Kitab Suci yg mengatakan hanya Kitab Suci saja sumber iman Kristen (Katolik & Protestant).

Dia mengimani Trinitas, tunjukan mana di Kitab Suci menyebut Trinitas.

Sedangkan St. Paulus mengatakan perlunya berpegang pada ajaran lisan & tulisan. Baca juga 1 Timotius 3:15, apa yg menjadi pegangan umat?

Selanjutnya, kamu dapat mulai dari ceritakan bagaimana jemaat pertama, para Rasul itu berkumpul & berdoa itu pake Alkitab atau tidak? Kalau tidak, pakai apa mereka melakukan berkumpul bersama, memecahkan roti dll itu? Tentunya dari Tradisi Suci dari yg diajarkan Tuhan Yesus.

Diluar semua itu, banyaklah berdoa - anda & pacar anda, semoga Tuhan membukakan jalan utk menuju pernikahan, jika ini sesuai dgn kehendak Tuhan.
Back to top
View user's profile Send private message
da_arez



Joined: 17 Feb 2011
Posts: 36
Location: Surabaya, Indonesia

PostPosted: Tue, 22-05-2012 8:42 am    Post subject: Reply with quote

hwijaya wrote:
Apakah pacarmu menghormati ibunya? Kalau ya, sejauh mana?

Bandingkan dgn Tuhan Yesus yg menghormati ibunya. Kalau Yesus saja melakukan hal tsb, apakah kita salah kalau menghormati Bunda Maria?

Biasanya - nanti kamu dituduh (moga-moga tidak) menyembah Maria... nah ini yg mesti dibantah.

Katolik tidak Alkitabiah? Ini karena Protestant penganut Sola Scriptura (hanya Alkitab), sedangkan kita Tradisi Suci & Kitab Suci.

Kalau mau Sola Sciptura: tunjukan dimana di Kitab Suci yg mengatakan hanya Kitab Suci saja sumber iman Kristen (Katolik & Protestant).

Dia mengimani Trinitas, tunjukan mana di Kitab Suci menyebut Trinitas.

Sedangkan St. Paulus mengatakan perlunya berpegang pada ajaran lisan & tulisan. Baca juga 1 Timotius 3:15, apa yg menjadi pegangan umat?

Selanjutnya, kamu dapat mulai dari ceritakan bagaimana jemaat pertama, para Rasul itu berkumpul & berdoa itu pake Alkitab atau tidak? Kalau tidak, pakai apa mereka melakukan berkumpul bersama, memecahkan roti dll itu? Tentunya dari Tradisi Suci dari yg diajarkan Tuhan Yesus.

Diluar semua itu, banyaklah berdoa - anda & pacar anda, semoga Tuhan membukakan jalan utk menuju pernikahan, jika ini sesuai dgn kehendak Tuhan.


makasih bang hwijaya atas saran dan masukkan ini..

tentunya dia sangat menghormati ibunya,,secara pribadi, saya mengenal dia sebagai perempuan yg sangat baik, taat pada Tuhan, tapi PROTESTAN nya itu yg saya permasalhkan memang...

tentang Penghormatan Bunda Maria,, ya, dia sempat mengatakan bahwa kita adalah penyembah maria, saya tolak mentah2 dengan begitu bnyak kalimat yg mengantar dia ke "Tradisi Suci" kita dan dalam "Kitab Suci"...masi tetep ngeyel aja..dasarnya uda dicekokin setan, ya gitu...saya masih bersabar dan bnyak doa aja bang..

sekali lagi terima kasih atas masukkannya bang...

1 pertnyaan lagi, krna saya bukan Romo, jika suatu saat saya dihadapkan 4 mata dengan pendeta nya (dengan kata lain, ke-intelekan saya tentang teologi pasti kurang), menurut bang hwijaya gmna?? dan menurut teman2 EDO sekalian seperti apa??
karena tujuan saya bukan untuk mengalahkan 1 pihak, tapi mewartakan kebenarn ajaran Yesus kepada kita dari Kitab Suci dan Tradisi Suci..

Terima Kasih Smile
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
F Apul Anton
ius Siboro




Joined: 26 Jan 2008
Posts: 88
Location: Matraman

PostPosted: Tue, 22-05-2012 2:28 pm    Post subject: Reply with quote

Menjelaskan kepada protestan tentang Bunda Maria memang sulit,kalau aku sekarang lebih memilih untuk memberikan mereka link tentang penjelasannya atau print-kan saja buku Maria dan penjelasan deposit Iman lainnya.

Jangan takut debat dengan pendeta atau yg lainnya kalau sekarang tinggal bawa netbook dan modem(meskipun lebih baik kalau kamu giat utk baca-baca).
Begitu pendeta tanya apa yang kamu tidak tahu,mainkan google mu.
Toh di sini jg sudah banyak bahan jawaban yg bisa di jadikan sumber penjelasan Iman Katolik.

Tinggal bilang ke pendetanya.."monggo pak,dicari yang mau di tanyaken.."

Ketawa Ngakak
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
da_arez



Joined: 17 Feb 2011
Posts: 36
Location: Surabaya, Indonesia

PostPosted: Tue, 22-05-2012 2:34 pm    Post subject: Reply with quote

F Apul Antonius Siboro wrote:
Menjelaskan kepada protestan tentang Bunda Maria memang sulit,kalau aku sekarang lebih memilih untuk memberikan mereka link tentang penjelasannya atau print-kan saja buku Maria dan penjelasan deposit Iman lainnya.

Jangan takut debat dengan pendeta atau yg lainnya kalau sekarang tinggal bawa netbook dan modem(meskipun lebih baik kalau kamu giat utk baca-baca).
Begitu pendeta tanya apa yang kamu tidak tahu,mainkan google mu.
Toh di sini jg sudah banyak bahan jawaban yg bisa di jadikan sumber penjelasan Iman Katolik.

Tinggal bilang ke pendetanya.."monggo pak,dicari yang mau di tanyaken.."

Ketawa Ngakak


eh kau bang... lucu kali Ketawa Ngakak
tpi emg cara yg cukup kreatif,,krna bukti otentik dari kaum PROTESTAN yg setau saya tidak ada sama sekali untuk menjadikan semua bahan yg dibantah oleh tuan merek Marthin Luther itu thdp gereja Katolik mereka bela dengan jiwa raga... Ketawa

btw makasih sarannya bang apul

mungkin teman2 yg lain mau nambahain,,biar saya semakin siap sedia Ketawa
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
EvE



Joined: 18 Apr 2011
Posts: 39
Location: Indonesia

PostPosted: Tue, 22-05-2012 7:18 pm    Post subject: Reply with quote

sy bantuin sebisa sy Smile
tentang katolik menyembah Maria, itu sangat tidak mungkin, ajaran yang mengajarkan untuk menyembah Maria dianggap ajaran sesat oleh gereja Katolik. Nama ajaran itu adalah Collyridianisme.
Berikut saya kutip dari fb gereja katolik
Quote:
Hampir semua ajaran sesat yang menyerang pada abad-abad pertama Gereja Katolik berkaitan dengan Tritunggal atau Kristologi. Namun ajaran sesat Collyridianisme berbeda. Ajaran sesat ini berkaitan dengan Mariologi di mana sekte Collyridianis ini mengajarkan penyembahan dan penuhanan terhadap Bunda Maria.

Bidaah ini hadir pada sekitar tahun 350-450 di wilayah Arabia. Tidak diketahui siapa pendiri sekte ini dan sedikit sekali informasi yang bisa kita ketahui sekarang tentang sekte ini. Selain itu, tampaknya karena bidaah ini hadir pertama-tama di Arabia, maka orang-orang di sana kemudian menyangka bahwa Allah Tritunggal adalah Bapa, Yesus Kristus dan Bunda Maria. Sampai sekarang pun kita masih bisa mendengar sangkaan seperti ini.

Kesesatan Collyridian ini sederhana: Mereka menyembah Bunda Maria. Hal ini secara langsung bertentangan dengan pengajaran Gereja Katolik yang mengutuk penyembahan berhala yang juga telah dikutuk oleh Allah sendiri: “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.” (Kel 20:3; Ul 5:7) Devosi terhadap Bunda Maria dalam sekte ini kemudian dikembangkan sebagai Penyembahan (Idolatri/Pemberhalaan) terhadap Bunda Maria. Gereja Katolik memang mengajarkan penghormatan tinggi (hiperdulia) terhadap Bunda Maria yang diyakini Perawan Selamanya, Bunda Allah, Pengantara Segala Rahmat, dll. Tetapi sekte ini melewati batas seharusnya dalam penghormatan terhadap Bunda Maria sehingga mereka malah jatuh kepada penyembahan terhadap Bunda Maria.

Para Bapa Gereja Katolik dengan segera mengetahui keberadaan ajaran sesat ini dan mereka menolaknya. Tokoh terkemuka penentang ajaran Collyridianisme ini adalah Bapa Gereja Epifanius (315-403), Uskup Salamis. Epifanius terkenal sebagai orang yang sangat terpelajar dan pertapa suci.


Epifanius menekankan perbedaan antara Bunda Maria dan Allah:

“Sekarang tubuh Bunda Maria memang adalah suci, tetapi itu bukanlah Allah; Perawan [Maria] memang adalah seorang perawan dan dihormati, tetapi ia tidak diberikan bagi kita untuk disembah, melainkan ia sendiri menyembah Dia yang lahir dalam daging dari ia. ... Menghormati Maria, tetapi hendaklah Bapa, Putera dan Roh Kudus disembah, hendaklah tidak seorang pun menyembah Maria, ... sekalipun Maria adalah tercantik dan kudus dan terhormat, tetapi ia ada tidak untuk disembah.” (Panarion 79:1,4)


Collyridianisme dapat dilihat sekarang dalam berbagai bentuk. Kelompok “Hiper-Marian” dan para penulis yang terlalu meninggikan Bunda Maria dan sangat fokus terhadapnya sehingga tidak jarang mengecualikan Kristus dapat dikatakan bersalah atas usaha penyembahan berhala atau pemuliaan Maria melebihi Kristus. Di samping itu, muncul pula gerakan feminisme modern yang memuja seorang wanita sebagai yang ilahi dan berusaha menggambarkan kembali Allah dalam konteks dan istilah feminis seperti beberapa kelompok wanita Korea di Bandung yang menyebutkan “Allah itu ibu kita.” dsb.

Di samping itu, devosi yang berlebihan oleh umat Katolik dapat dianggap penyembahan berhala. Contoh sederhana ketika kita lebih memilih duduk berdoa Rosario di gua Maria ketimbang melaksanakan kewajiban kita mengikuti Perayaan Ekaristi pada hari Minggu. Dapat pula devosi berlebihan ini ditunjukkan oleh gelar dan ucapan kita kepada Bunda Maria. Tidak jarang kita mendengar umat Katolik menyebutkan, “Bunda Maria, sumber segala rahmat, ampunilah dosa kami.” Padahal, Sumber Segala Rahmat itu adalah Allah sendiri sedangkan Bunda Maria hanya dapat digelari Pengantara Segala Rahmat karena mengandung Yesus, Putera Allah, Sumber Segala Rahmat itu sendiri. Juga, kita tidak bisa memohon ampun dosa kepada Bunda Maria karena Bunda Maria tidak punya hak untuk itu. Kita dapat meminta Bunda Maria mendoakan kita atau melindungi kita, tetapi meminta ampun dosa tidak dapat kita lakukan kepada Bunda Maria.

Artikel ini ditulis oleh Indonesian Papist untuk memperingati Bulan Maria, Mei 2012.

Referensi:
Collyridianism oleh Patrick Madrid dalam Majalah Katolik, “This Rock” edisi tahun 1994 yang diterbitkan di Amerika Serikat.



dari kutipan di atas, jelas katolik sama sekali tidak menganggap Maria sama dengan Tuhan

Mengenai protestan yang menafsirkan kitab suci secara sembarangan, kutipan berikut mungkin bisa membantu (dari fb gereja katolik juga) Smile
Quote:
Kitab Suci tidak memberikan dirinya untuk dimengerti semua orang.
Karunia Kitab Suci adalah karunia KEBAL-SALAH (infallible) dan bukan karunia untuk GAMPANG DIMENGERTI (perspicuity).

Alkitab sendiri menyatakan bahwa Kitab Suci itu sulit untuk dimengerti (2Pet 3:16, Kis 8:30-31) karena memang Kitab Suci tidak bisa ditafsirkan sembarang orang (2Pet 1:20-21).

Dan Alkitab sendiri tidak pernah menyerahkan dirinya untuk sembarang orang (2Pet 1:20-21). Tidak bisa setiap orang "mempelajari" Alkitab dan mengerti (Kis 8:30-31).

Alkitab itu adalah Kitab Suci Gereja Katolik, Ia diinspirasikan oleh Roh Kudus dan diberikan pertama-tama kepada Gereja-Nya untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan melengkapi orang-orang pilihan Allah yaitu umat Katolik agar mereka dapat melakukan perbuatan baik (2 Tim 3:16-17).

Itu sebab kita butuh Gereja sebagai TIANG DAN PENOPANG DASAR KEBENARAN (1Tim 3:15) untuk memberi tau dan mengajarkan ajaran2 Kristus lewat kuasa mengajar tidak-dapat-salah (infallible) yang dimiliki OLEH Sto Petrus dan para Paus penerusnya (Mat 16,19; Mat 18,18). Dan untuk itulah sebab ada dokumen lain pengajaran resmi dari Gereja buat kita.

Nama dokumen itu adalah Katekismus Gereja Katolik (KGK) dan Kompendium Katekismus Gereja Katolik (KKGK).


Last edited by EvE on Tue, 22-05-2012 7:20 pm; edited 2 times in total
Back to top
View user's profile Send private message
hwijaya



Joined: 05 Feb 2008
Posts: 1511
Location: USA

PostPosted: Tue, 22-05-2012 11:13 pm    Post subject: Reply with quote

Biasanya, anggapan yg keliru dari Protestant terhadap Katolik itu sudah banyak diluruskan di website-website Katolik seperti EDO, Katolisitas, FB Katolik dll, jadi banyak yg dapat dipelajari.

Tapi memang tanpa keinginan untuk membuka hati terhadap tuntunan Roh Kudus, akan lama proses pemahaman-nya. Apakah anda sudah baca pengalaman Scott Hahn di "Rome Sweet Home"?

Disana juga diceritakan pergumulan Kimberly, istri Scott Hahn yg belum bisa menerima Scott menjadi Katolik, tapi dgn cinta, keterbukaan akan tuntunan Roh Kudus, tuntunan dari Scott Hahn, dan kerendahan hati, dia dapat menjadi Katolik.
Back to top
View user's profile Send private message
da_arez



Joined: 17 Feb 2011
Posts: 36
Location: Surabaya, Indonesia

PostPosted: Wed, 23-05-2012 9:04 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
sy bantuin sebisa sy
tentang katolik menyembah Maria, itu sangat tidak mungkin, ajaran yang mengajarkan untuk menyembah Maria dianggap ajaran sesat oleh gereja Katolik. Nama ajaran itu adalah Collyridianisme.
Berikut saya kutip dari fb gereja katolik


ini malah saya baru tau lho mbak eve..terima kasih atas pengetahuannya, padahal saya sendiri uda LIKE fans page nya Gereja Katolik, tapi mesti lalai buat bacanya... semakin membuat saya tertantang ini untuk menyanggah orang2 yg salah itu

Quote:
dari kutipan di atas, jelas katolik sama sekali tidak menganggap Maria sama dengan Tuhan

Mengenai protestan yang menafsirkan kitab suci secara sembarangan, kutipan berikut mungkin bisa membantu (dari fb gereja katolik juga)

Quote:
Kitab Suci tidak memberikan dirinya untuk dimengerti semua orang.
Karunia Kitab Suci adalah karunia KEBAL-SALAH (infallible) dan bukan karunia untuk GAMPANG DIMENGERTI (perspicuity).

Alkitab sendiri menyatakan bahwa Kitab Suci itu sulit untuk dimengerti (2Pet 3:16, Kis 8:30-31) karena memang Kitab Suci tidak bisa ditafsirkan sembarang orang (2Pet 1:20-21).

Dan Alkitab sendiri tidak pernah menyerahkan dirinya untuk sembarang orang (2Pet 1:20-21). Tidak bisa setiap orang "mempelajari" Alkitab dan mengerti (Kis 8:30-31).

Alkitab itu adalah Kitab Suci Gereja Katolik, Ia diinspirasikan oleh Roh Kudus dan diberikan pertama-tama kepada Gereja-Nya untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan melengkapi orang-orang pilihan Allah yaitu umat Katolik agar mereka dapat melakukan perbuatan baik (2 Tim 3:16-17).

Itu sebab kita butuh Gereja sebagai TIANG DAN PENOPANG DASAR KEBENARAN (1Tim 3:15) untuk memberi tau dan mengajarkan ajaran2 Kristus lewat kuasa mengajar tidak-dapat-salah (infallible) yang dimiliki OLEH Sto Petrus dan para Paus penerusnya (Mat 16,19; Mat 18,18). Dan untuk itulah sebab ada dokumen lain pengajaran resmi dari Gereja buat kita.

Nama dokumen itu adalah Katekismus Gereja Katolik (KGK) dan Kompendium Katekismus Gereja Katolik (KKGK).


ini yang nantinya agak susah menurut saya, soalnya keluarga pacar saya ini suka sekali membaca Alkitab, dan MENAFSIRKAN apa yg mereka baca itu tadi... Tapi saya harus bisa mewartakan kebenaran Smile
mohon bantu doa ya mbak eve Smile

Quote:
Biasanya, anggapan yg keliru dari Protestant terhadap Katolik itu sudah banyak diluruskan di website-website Katolik seperti EDO, Katolisitas, FB Katolik dll, jadi banyak yg dapat dipelajari.

Tapi memang tanpa keinginan untuk membuka hati terhadap tuntunan Roh Kudus, akan lama proses pemahaman-nya. Apakah anda sudah baca pengalaman Scott Hahn di "Rome Sweet Home"?

Disana juga diceritakan pergumulan Kimberly, istri Scott Hahn yg belum bisa menerima Scott menjadi Katolik, tapi dgn cinta, keterbukaan akan tuntunan Roh Kudus, tuntunan dari Scott Hahn, dan kerendahan hati, dia dapat menjadi Katolik.


bang hwijaya...ini beli bukunya dimana yah???
saya tertarik banget ini...apa ngantri dulu yah, mau beli katekismus juga sih... Ketawa
mohon info ya bang Mr. Green
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
hwijaya



Joined: 05 Feb 2008
Posts: 1511
Location: USA

PostPosted: Wed, 23-05-2012 11:16 am    Post subject: Reply with quote

Ada di Gramedia atau penerbit Dioma.

Ini ada sedikit ringkasannya: http://dari-sisi-sini.blogspot.com/2009 ..roma-rumahku.html
Back to top
View user's profile Send private message
da_arez



Joined: 17 Feb 2011
Posts: 36
Location: Surabaya, Indonesia

PostPosted: Wed, 23-05-2012 3:03 pm    Post subject: Reply with quote

hwijaya wrote:
Ada di Gramedia atau penerbit Dioma.

Ini ada sedikit ringkasannya: http://dari-sisi-sini.blogspot.com/2009 ..roma-rumahku.html


bang...gk ada di gramedia,,di tempat laen aku blm cek sih Ketawa
semoga ndang nemu...
mungkin punya referensi tempat lain..

makasih Smile
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17