FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
davidsunrise



Joined: 01 Jan 2008
Posts: 945
Location: Purgatory

PostPosted: Sun, 03-06-2012 12:22 pm    Post subject: Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna? Reply with quote

Judul threadnya memang kontroversial dan jawaban nya sudah pasti "Sungguh Berguna" (tanpa pikir panjang) dan kalo mau dipikir panjang pun, jawabanya akan tetap sama "Sungguh Berguna" supaya kedengarannya "politically correct".

Tapi apa betul demikian?
Sampai sejauh mana pengetahuan awam yang sangat mendalam tentang kitab suci itu akan "Sungguh Berguna"? Berguna untuk apa?

Menurut saya, seorang awam bisa menjalani hidup dengan penuh kesucian tanpa perlu rajin membaca Kitab Suci....TAPI..., dia harus rajin membaca Katekisme.

Jadi rajin membaca Katekisme saja sebetulnya sudah lebih dari cukup untuk bekal seorang awam dalam menjalani hidupnya dengan kesucian. Tapi apakah membaca kitab suci itu perlu? Jawabannya perlu TAPI prioritasnya dibawah Katekisme. Lebih menguntungkan sering baca Katekisme dan jarang baca Kitab Suci daripada sering baca Kitab Suci tapi jarang/tidak pernah baca Katekisme.

Kalau pernyataan saya ini dilemparkan ke org protestan, pastilah saya sudah dianggap kerasukan iblis.

Adalah sangat berbahaya bila seorang awam rajin membaca kitab suci tapi malas membaca DAN mempelajari Katekisme. Seharusnya belajar Katekisme dulu baru baca Kitab suci. Karena kalo dibalik, kemungkinan si awam jadi "sok pintar" menafsirkan isi kitab suci itu akan semakin besar.

Inilah salah satu alasan kenapa GK tidak pernah gencar menyuruh umat Katolik utk rajin membaca kitab suci seperti yang sering dilakukan oleh pendeta2 protestan dimana isi kitab suci itu sudah seperti diluar kepala. Memang hebat penguasaan mereka akan isi kitab suci dan hasilnya juga spektakuler: ribuan denominasi yang terus tumbuh dan memecah belah, entah sampai kapan.

Ok, kalau di GK ada banyak kursus2 pendalaman kitab suci, kenapa tidak diadakan juga kursus pendalaman katekisme dan sejarah GK? Tanpa katekisme, we are lost in space.

Awam yang tidak berminat jadi pengkhotbah atau apologist lebih membutuhkan kursus pendalaman katekisme daripada kursus2 pendalaman kitab suci.

Contoh paling sederhana:
Orang protestan jauh lebih rajin baca kitab suci daripada orang katolik. Tapi apa hasilnya? Tetap saja mereka memilih untuk tersesat dan yang lebih parahnya, mereka suka sekali mengecam ajaran2 GK yang diambil dari buku kitab suci yang sama seperti yang sering mereka baca. Ini kan nggak masuk akal.

Mungkin testimoni2 mereka yg pernah ikut kursus pendalaman kitab suci bisa di sharingkan disini.
_________________
David
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Sun, 03-06-2012 12:49 pm    Post subject: Reply with quote

Kalau yang seperti yang ada di Keuskupan Agung Sod... err... Los Angeles, yang namanya Catholic Bible Institute... maka itu sudah lebih dari sekedar tidak berguna... sudah benar-benar heretical, bahkan mungkin satanic.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
EvE



Joined: 18 Apr 2011
Posts: 39
Location: Indonesia

PostPosted: Sun, 03-06-2012 2:20 pm    Post subject: Reply with quote

setuju, karena kalau tanpa katekismus, kursus kitab suci jadi seperti protestan, tafsir sendiri Sedih

tadinya saya juga tertarik untuk ikut kursus kitab suci, tapi setelah tau pastur yang mengajar kitab sucinya adalah seseorang yang indifferentis, saya memutuskan tidak jadi ikut, takut kursus kitab sucinya jadi tafsir sendiri Confused entah kenapa sepertinya pastur2 yang melayani di satu paroki itu pastur2 yang indifferentis
Back to top
View user's profile Send private message
Martoko



Joined: 21 Dec 2011
Posts: 15
Location: Bekasi, Indonesia

PostPosted: Sun, 03-06-2012 10:41 pm    Post subject: Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna? Reply with quote

Bukankah katekismus sendiri mengajarkan
'Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus' ,Katekismus no 133,
dengan mengenal kita lebih mudah percaya, dan bukanlah kita percaya bahwa KS adalah sabda Tuhan yang kita amini dalam liturgi sabda? jadi kenapa takut kursus?
Dan Katekismus 132 Pelajaran KS hendaklah bagaikan jiwa teologi suci, dengan KS pelayanan sabda (pewartaan pastoral, katekese dan semua pelajaran ) mendapat bahan yang sehat.
KGK no 131-141 dimana dicantumkan betapa pentingnya mengenal KS, dan itu dapat dijadikan dasar untuk meneguhkan diadakannya kursus-kursus KS
Kalau saya tidak kursus katekismus adalah karena :
1. Katekismus ditulis dalam "jaman saya" jadi bagi saya masih mudah untuk memahaminya (tidak takut salah tafsir), dan pelajaran katekismus menurut saya adalah pengulangan apa yang saya pelajari secara khusus waktu saya menjadi katekumenat (waktu saya akan menerima sakramen baptis, dan sakramen Krisma). Dan ada kompendium yang juga bagus untuk dipelajari bila KGK dianggap terlalu banyak.
2. Saya belum menemukan kursus katekismus, bila ada mohon infonya
_________________
Martoko
Back to top
View user's profile Send private message
raydo12



Joined: 24 Oct 2005
Posts: 2585
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 04-06-2012 6:20 am    Post subject: Re: Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna? Reply with quote

Martoko wrote:
Bukankah katekismus sendiri mengajarkan
'Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus' ,Katekismus no 133,


ah tepat sekali ! Katekismus lah yang mengajarkan itu !

Maka pelajarilah Katekismus terlebih dahulu, kemudian ikutilah apa yang diajarkan di dalamnya.
_________________
ora pro nobis. Sancta Dei Genitrix
Back to top
View user's profile Send private message
davidsunrise



Joined: 01 Jan 2008
Posts: 945
Location: Purgatory

PostPosted: Mon, 04-06-2012 6:32 am    Post subject: Re: Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna? Reply with quote

Martoko wrote:
Bukankah katekismus sendiri mengajarkan
'Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus' ,Katekismus no 133,
dengan mengenal kita lebih mudah percaya, dan bukanlah kita percaya bahwa KS adalah sabda Tuhan yang kita amini dalam liturgi sabda? jadi kenapa takut kursus?
Dan Katekismus 132 Pelajaran KS hendaklah bagaikan jiwa teologi suci, dengan KS pelayanan sabda (pewartaan pastoral, katekese dan semua pelajaran ) mendapat bahan yang sehat.
KGK no 131-141 dimana dicantumkan betapa pentingnya mengenal KS, dan itu dapat dijadikan dasar untuk meneguhkan diadakannya kursus-kursus KS
Kalau saya tidak kursus katekismus adalah karena :
1. Katekismus ditulis dalam "jaman saya" jadi bagi saya masih mudah untuk memahaminya (tidak takut salah tafsir), dan pelajaran katekismus menurut saya adalah pengulangan apa yang saya pelajari secara khusus waktu saya menjadi katekumenat (waktu saya akan menerima sakramen baptis, dan sakramen Krisma). Dan ada kompendium yang juga bagus untuk dipelajari bila KGK dianggap terlalu banyak.
2. Saya belum menemukan kursus katekismus, bila ada mohon infonya



Pengenalan Katekismus pada masa katekese hanyalah sebatas garis2 besarnya saja dan kulit2 nya saja yang dianggap penting oleh mereka yg menyusun program katekese tsb. Mungkin hanya 5-10% saja materi katekismus yang diajarkan kepada para katekumenat ini.

Buktinya yang paling mudah: banyak jebolan2 kursus katekese ini tidak tahu kalo kontrasepsi itu dilarang. Saya juga baru tahu kalo kontrasepsi buatan itu dilarang GK setelah mempelajari sendiri katekismus secara lebih mendalam sampai ketemu di bagian yang menjelaskan soal dosa kontrasepsi tsb. Dan yang parahnya, ini terjadi kalo org tsb ada minat utk mempelajari doktrin2 GK. Kalo kebanyakan awam pikirannya pasti spt ini: Sudah dibaptis, rajin ke gereja setiap minggu, banyak berbuat baik tapi setelah menikah, kontrasepsi jalan terus KECUALI mereka dikasih tau org atau mereka belajar Katekismus dan menemukannya sendiri ajaran2 yang sebelumnya "asing" di telinga mereka karena tidak pernah dijelaskan secara gamblang dalam Kitab Suci.

Pengalaman pribadi saya tentang kontrasepsi: Setelah dibaptis (waktu di SMA), saya rajin ikut retret tahunan, rajin ikut kegiatan pelayanan gereja (Mudika) dan rajin baca kitab suci. Tapi saya tetap buta kalo kontrasepsi itu dilarang. Ini salahnya dimana?

Jadi rajin membaca kitab suci tidak menjamin sama sekali org tsb mengerti apa yang sebenarnya diajarkan oleh GK. Bahkan banyak orang2 yg rajin membaca kitab suci seringkali malah "tersesat" KARENA merasa tidak perlu belajar dari katekismus...kan semua Firman Allah ada semua di Kitab Suci, jadi ngapain lagi "buang2 waktu" belajar Katekismus? (pengaruh Sola Scriptura)

Pada saat misa, umat selalu mendengar beberapa bacaan dari Kitab Suci (PL dan PB) dan bayangkan pengetahuan kitab suci umat tsb kalo dia rajin ikut misa setiap hari. Kalaupun dia mau membaca kitab suci lagi dirumahnya, maka dia tidak bisa hanya membaca kitab suci itu tanpa didampingi dengan katekismus. Resiko salah tafsir itu selalu ada apalagi kalo orang2 tsb merasa PD bahwa "Roh Kudus" sudah menerangi hati mereka sehingga mereka merasa tidak perlu Katekismus.
_________________
David
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Penonton



Joined: 24 Jul 2007
Posts: 951
Location: Sodom & Gomora

PostPosted: Mon, 04-06-2012 7:41 am    Post subject: Reply with quote

Amin saya sudah abis baca katekismusnya, setelah itu baca kitab suci emang lebih enak & nyambung gitu loh...

Tapi tetep aja yg susah itu kelakukan saya yg masih suka berbuat dosa Nangis deh

paling gak saya gak membela diri kalo berbuat dosa a, b, c, d dll krn cukup jelas ditulis dikatekismus. Ketawa Ngakak

apa romo yg indeff itu gak punya katekismus yah?
_________________
5 30 19 I call heaven and earth to witness this day, that I have set before you life and death, blessing and cursing. Choose therefore life, that both thou and thy seed may live:


Last edited by Penonton on Mon, 04-06-2012 7:42 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
raydo12



Joined: 24 Oct 2005
Posts: 2585
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 04-06-2012 7:56 am    Post subject: Reply with quote

Penonton wrote:
Amin saya sudah abis baca katekismusnya, setelah itu baca kitab suci emang lebih enak & nyambung gitu loh...

Tapi tetep aja yg susah itu kelakukan saya yg masih suka berbuat dosa Nangis deh

paling gak saya gak membela diri kalo berbuat dosa a, b, c, d dll krn cukup jelas ditulis dikatekismus. Ketawa Ngakak


semakin katekismus dibaca, semakin dikupas habis keburukan diri kita. Banyak juga yang takut bacanya karena isinya terlalu keras, ada EENS ada kontarsepsi Sedih
Kalo di toko buku katolik, Katekismus ini ditaruh dipojok yg hampir tdk terlihat. Minggu lalu ada pameran buku, Katekismus nya ada sudut rak paling bawah, yg mana hampir tdk terlihat orang dan memang tdk ada yg menyentuhnya Sedih
_________________
ora pro nobis. Sancta Dei Genitrix


Last edited by raydo12 on Mon, 04-06-2012 8:01 am; edited 2 times in total
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3739

PostPosted: Mon, 04-06-2012 9:28 am    Post subject: Reply with quote

DeusVult wrote:
Kalau yang seperti yang ada di Keuskupan Agung Sod... err... Los Angeles, yang namanya Catholic Bible Institute... maka itu sudah lebih dari sekedar tidak berguna... sudah benar-benar heretical, bahkan mungkin satanic.


I wonder .... kalau karismatik dikatakan heterodoksi or bidah, tp ini Catholic Bible Study sampai dikatakan heretical dan satanic?

*garuk-garuk jenggot sambil membayangkan apa yg diajarkan di sana*
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 04-06-2012 10:41 am    Post subject: Re: Kursus2 Pendalaman Kitab Suci = Apakah Sungguh Berguna? Reply with quote

Martoko wrote:
Bukankah katekismus sendiri mengajarkan
'Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus' ,Katekismus no 133,
dengan mengenal kita lebih mudah percaya, dan bukanlah kita percaya bahwa KS adalah sabda Tuhan yang kita amini dalam liturgi sabda? jadi kenapa takut kursus?
Dan Katekismus 132 Pelajaran KS hendaklah bagaikan jiwa teologi suci, dengan KS pelayanan sabda (pewartaan pastoral, katekese dan semua pelajaran ) mendapat bahan yang sehat.
KGK no 131-141 dimana dicantumkan betapa pentingnya mengenal KS, dan itu dapat dijadikan dasar untuk meneguhkan diadakannya kursus-kursus KS
Kalau saya tidak kursus katekismus adalah karena :
1. Katekismus ditulis dalam "jaman saya" jadi bagi saya masih mudah untuk memahaminya (tidak takut salah tafsir), dan pelajaran katekismus menurut saya adalah pengulangan apa yang saya pelajari secara khusus waktu saya menjadi katekumenat (waktu saya akan menerima sakramen baptis, dan sakramen Krisma). Dan ada kompendium yang juga bagus untuk dipelajari bila KGK dianggap terlalu banyak.
2. Saya belum menemukan kursus katekismus, bila ada mohon infonya


Alkitab itu susah dimengerti (2Pet 3:16). Perpecahan Protestantisme adalah pembuktian dari kenyataan tersebut (ie. kenyataan bahwa Alkitab tidaklah mudah untuk dimengerti).

Nah, katekismus itu merupakan penjelasan Alkitab ke dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Jadi belajar Katekismus merupakan belajar Alkitab plus.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 6

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17