FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Perkawinan Campur    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Assisi



Joined: 17 Jul 2010
Posts: 1600
Location: Dioecesis Surabayanus

PostPosted: Sun, 20-03-2011 9:41 am    Post subject: Perkawinan Campur Reply with quote

Apakah perkawinan bisa disebut sakramen bila salah satu dibaptis Katolik dan yg lain dibaptis sah non Katolik ?

Mohon bantuan disertai dokumennya ya..
_________________
"Semoga engkau mencari Kristus. Semoga engkau menemukan Kristus. Semoga engkau mencintai Kristus. Ini adalah tiga tahap yang sangat jelas. Apakah engkau telah mencoba paling tidak mulai dengan tahap yang pertama?"
------St.Josemaria Escriva------


Last edited by Assisi on Sun, 20-03-2011 9:43 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
N_dre



Joined: 07 Dec 2008
Posts: 793

PostPosted: Sun, 20-03-2011 10:04 am    Post subject: Reply with quote

disebut sakramen bila dua2nya Katolik terbabtis

KITAB HUKUM KANONIK   @ Ekaristi dot Org
1055§ 1Perjanjian (foedus) perkawinan, dengannya seorang laki-laki dan seorang perempuan membentuk antara mereka persekutuan (consortium) seluruh hidup, yang menurut ciri kodratinya terarah pada kesejahteraan suami-istri (bonum coniugum) serta kelahiran dan pendidikan anak, antara orang-orang yang dibaptis, oleh Kristus Tuhan diangkat ke martabat sakramen.
 § 2Karena itu antara orang-orang yang dibaptis, tidak dapat ada kontrak perkawinan sah yang tidak dengan sendirinya sakramen.

_________________
veritas!
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3787
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Mon, 21-03-2011 11:09 am    Post subject: Re: Perkawinan Campur Reply with quote

Assisi wrote:
Apakah perkawinan bisa disebut sakramen bila salah satu dibaptis Katolik dan yg lain dibaptis sah non Katolik ?

Mohon bantuan disertai dokumennya ya..


seseorang adalah seorang Kristen bila ia sudah dibaptis secara sah.
bisa di baca di Sacrament of Marriage

hukum Kanon 1055 mencakup mereka yang dibaptis di gereja Protestan namun baptisannya adalah sah.
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
whiterebel83



Joined: 30 Sep 2010
Posts: 567
Location: Una, sancta, catholica et apostolica ecclesia

PostPosted: Thu, 24-03-2011 4:03 am    Post subject: Reply with quote

Apakah pembaptisan dari semua Kristen bisa dinyatakan sah? Apakah di GK dinyatakan baptisan dari gereja mana saja yang dianggap sah?

Soalnya beberapa gereja pentakosta terutama oneness pentakosta membaptis orang dalam nama Yesus, dan tidak dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus.
Back to top
View user's profile Send private message MSN Messenger
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3741

PostPosted: Thu, 24-03-2011 10:40 am    Post subject: Reply with quote

Babtis dlm nama Yesus saja itu tidak sah. (CMIIW).

Pertanyaan saya...
Bila seseorang 'dipaksa' u/ kawin di gereja protestan dan 'dipaksa' babtis scr protestan dgn babtisan yg ga sah (hanya dlm nama Yesus), apakah perkawinannya jg sah?

Setahu saya, perkawinan dan babtis adalah 2 hal yg berbeda. Tapi.. CMIIW

thx MGBU
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3787
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 24-03-2011 12:40 pm    Post subject: Reply with quote

whiterebel83 wrote:
Apakah pembaptisan dari semua Kristen bisa dinyatakan sah? Apakah di GK dinyatakan baptisan dari gereja mana saja yang dianggap sah?


saya tidak tahu apakah ada semacam list..

Lutheran memiliki baptisan yang valid, karena mengandung ke-3 unsur yang men-sahkan sebuah baptisan Protestan yaitu, forma, materi dan intensi yang sama dengan Gereja Katolik.

referensinya bisa dilihat di KGK 1239-1240

atau artikel ini <- juga bisa membantu.

Quote:

Soalnya beberapa gereja pentakosta terutama oneness pentakosta membaptis orang dalam nama Yesus, dan tidak dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus.


simple-nya Yesus sendiri yang memerintahkan para murid-Nya membaptis dalam Trinitas, jadi kalo tidak diikuti maka sudah pasti tidak sah.

referensinya coba baca Summa Theologica di sini <-sini
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3787
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 24-03-2011 12:51 pm    Post subject: Reply with quote

Stanley wrote:
Babtis dlm nama Yesus saja itu tidak sah. (CMIIW).

Pertanyaan saya...
Bila seseorang 'dipaksa' u/ kawin di gereja protestan dan 'dipaksa' babtis scr protestan dgn babtisan yg ga sah (hanya dlm nama Yesus), apakah perkawinannya jg sah?

Setahu saya, perkawinan dan babtis adalah 2 hal yg berbeda. Tapi.. CMIIW

thx MGBU



yang pertama kondisi di atas agak dipaksakan..

1. jika orang tersebut sebelumnya sudah dibaptis secara Katolik maka tentu saja baptisan ini saja yang valid. namun ia telah berdosa berat karena pengingkaran iman-nya.

2. bila orang tersebut bukan Katolik, maka baptisan yang ia miliki tidak sah.

3. jika orang tersebut Katolik dan menikah tanpa seijin Gereja Katolik menikah di gereja Protestan, maka pernikahannya tidak sah menurut GK

4. jika orang tersebut KAtolik dan menikah dengan seijin Gereja Katolik, tetapi dibaptis ulang, maka pernikahannya sah, tetapi orang tersebut telah berdosa berat, karena pengingkaran iman Katoliknya (pernikahan beda agama menuntut janji si Katolik yang salah satunya adalah tidak menjaga iman Katoliknya dari bahaya)

dan menurut saya, kondisi itu tidak bisa disebut "dipaksa" melainkan "pilihan", karena ia masih bisa menolaknya, walaupun dengan resiko ia batal menikah.
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3741

PostPosted: Fri, 25-03-2011 12:18 pm    Post subject: Reply with quote

shmily wrote:
Stanley wrote:
Babtis dlm nama Yesus saja itu tidak sah. (CMIIW).

Pertanyaan saya...
Bila seseorang 'dipaksa' u/ kawin di gereja protestan dan 'dipaksa' babtis scr protestan dgn babtisan yg ga sah (hanya dlm nama Yesus), apakah perkawinannya jg sah?

Setahu saya, perkawinan dan babtis adalah 2 hal yg berbeda. Tapi.. CMIIW

thx MGBU



yang pertama kondisi di atas agak dipaksakan..

1. jika orang tersebut sebelumnya sudah dibaptis secara Katolik maka tentu saja baptisan ini saja yang valid. namun ia telah berdosa berat karena pengingkaran iman-nya.

2. bila orang tersebut bukan Katolik, maka baptisan yang ia miliki tidak sah.

3. jika orang tersebut Katolik dan menikah tanpa seijin Gereja Katolik menikah di gereja Protestan, maka pernikahannya tidak sah menurut GK

4. jika orang tersebut KAtolik dan menikah dengan seijin Gereja Katolik, tetapi dibaptis ulang, maka pernikahannya sah, tetapi orang tersebut telah berdosa berat, karena pengingkaran iman Katoliknya (pernikahan beda agama menuntut janji si Katolik yang salah satunya adalah tidak menjaga iman Katoliknya dari bahaya)

dan menurut saya, kondisi itu tidak bisa disebut "dipaksa" melainkan "pilihan", karena ia masih bisa menolaknya, walaupun dengan resiko ia batal menikah.


Thx for the response.

Ini kasus nyata teman saya. Dia seorang katolik dan dia tidak mau dibabtis protestan, bhkn dia tidak mau dinikahkan dgn yg protestan tersebut. Tapi sekali lg saya katakan, dia 'dipaksa'. Oleh siapa? Oleh kedua belah pihak keluarga.

Memang benar dikatakan bhw menikah ini pilihan. Namun mengapa kok dikatakan 'dipaksa', karena memang ada suatu pemaksaan dengan sejumlah ancaman yang anak itu sendiri tidak mau share ke saya.

Susah u/ diketahui apakah ancaman yg disampaikan itu bagaimana, namun umum sekali terjadi bhw sang anak kalah superior dgn ortu dan akhirnya menjadi korban KDRT non fisik dari ortu. (paragraf ini asumsi saya pribadi, msh bisa salah krn dia tidak cerita ancamannya bgmn). Intinya, saya gak tau apakah kasus ini sudah masuk dlm definisi 'dipaksa' or belum, tp yg tampak di mata saya... yeah ini pemaksaan.

Kasus ini sudah dikonsultasikan dgn seorang romo yg setahu saya cukup ortodox, dan sang romo pun geleng2 kepala. Dia sempat konsultasi 4 mata dgn romo tersebut, saya jg tidak tahu apa saja detilnya. Akhirnya kalimat final sang romo tadi: "jgn ingkari imanmu. Babtisan mereka cuma air, dan kamu harus ingkari babtisan mereka itu". Pun romo menyatakan dgn sangat berat hati dia katakan itu.

Catatan kaki diantara kami dgn romo (exclude sang anak tadi), pernikahannya bisa2 buyar dengan cepat, tp yah entahlah klo Tuhan pny ide lain soal ini.

Jadi sang anak itu skrg statusnya sudah dibabtis ulang tp dia ga merasa menerima baptisan itu. Dia sudah dinikahkan (nah klo yg ini saya terpaksa menyarankan pada dia u/ mencoba mulai menghormati suaminya, dgn suatu harapan pada Tuhan supaya Tuhan mau 'mendobrak' kekacauan didalam kedua keluarga ini ... or whatever He feel the best).


Nah skrg soal no 4 yg shmily tulis... tampaknya situasi nya cukup mirip dgn kasus ini, cuma bedanya anak ini masih berusaha menjaga iman katoliknya. Klo saja bisa menikah di gereja protestan tanpa dibabtis sbenernya dia lebih memilih itu. Toh pihak keluarga nya lbh mementingkan u/ memaksa mrk menikah, bkn memaksa mrk babtis.

Bagaimana? Thx. MGBU
_________________
This is Spartaaa!


Last edited by Stanley on Fri, 25-03-2011 12:19 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3787
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Wed, 30-03-2011 7:08 am    Post subject: Reply with quote

Stanley wrote:

Nah skrg soal no 4 yg shmily tulis... tampaknya situasi nya cukup mirip dgn kasus ini, cuma bedanya anak ini masih berusaha menjaga iman katoliknya. Klo saja bisa menikah di gereja protestan tanpa dibabtis sbenernya dia lebih memilih itu. Toh pihak keluarga nya lbh mementingkan u/ memaksa mrk menikah, bkn memaksa mrk babtis.

Bagaimana? Thx. MGBU


yang saya heran keberadaan unsur memaksa dalam ceritamu itu.. apa ada hal lain yang menyebabkan ia dipaksa orang tuanya ?

bentuk paksaan ini juga tidak sesuai dengan hukum Gereja (KHK 1103), jadi pernikahan temanmu itu mengandung potensi masalah di kemudian hari (ya semoga saja tidak terjadi yang dikhawatirkan)

saya sangat ragu, ia sudah mendapat ijin dari Gereja untuk menikah beda agama, apakah ia juga mendapat ijin untuk menikah di luar Gereja Katolik ? ganjil ceritanya bila ijin menikah beda agama diperoleh namun diam-diam menikah di luar Gereja, bahkan tanpa sepengetahuan romo paroki.
apakah ia tidak mengatakan sesuatu tentang paksaan itu dalam penyelidikan kanonik ? apakah ia telah mencatatkan pernikahannya di Gereja Katolik ?
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
little girl



Joined: 10 Oct 2006
Posts: 1434
Location: Surabaya

PostPosted: Wed, 30-03-2011 9:54 am    Post subject: Reply with quote

@ Stanley

Saya gak bisa bayangkan ortu macam apa itu. Yg kemungkinan terjadi ancaman itu diberlakukan krn :
1. teman kamu itu satu2nya yg Katolik di keluarga
2. ada masalah soal nama baik hingga harus dilakukan secepatnya & gak mungkin dgn GK karena dr pihak yg lain.

Kl persoalan no. 1 itu yg kemungkinan paling besar ... shg memang seringkali anak dikorbankan. Itu kasus yg saya temui. Jadinya dia harus mengalah demi keluarga.
Kl aku jadi teman kamu aku pasti menolak. Karena sekalipun dicoret dr daftar warisan ... itu masih mending... Ketawa drpd mengingkari iman.
Sekalipun dilakukan dgn terpaksa .. tp kan dilakukan dgn sadar & tahu ...
_________________
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Filipi  1:21Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17