FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Arti dan Cerita dibalik nama baptis...    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Santai Dulu Dong/ Come In And Relax
View previous topic :: View next topic  
Author Message
PeachGirl



Joined: 19 Jul 2007
Posts: 10
Location: Want to knooow aja...

PostPosted: Fri, 27-07-2007 9:57 am    Post subject: Arti dan Cerita dibalik nama baptis... Reply with quote

Hai semua, pasti ada nama baptis dong,
nah bisa berbagi cerita gak, arti dan sejarah dibalik nama baptis kalian?
mod, udah ada belum thread seperti ini? kalau udah ada digabung saja deh.

Kalo nama baptis gue sih Jeanne, diambil dari Santa Jeanne D'arc, kalau diinggriskan "Joan of Arc". Udah difilmkan juga..
mungkin udah banyak yang tau cerita mengenai santa yang satu ini.
kalo yang belum tau ini nih sedikit kutipan ceritanya ;

Quote:
One of five children born to Jacques d'Arc and Isabelle Romee. Shepherdess. Mystic. From age 13 she received visions from Saint Margaret of Antioch, Saint Catherine of Alexandria, and Michael the Archangel.

In the early 15th century, England, in alliance with Burgundy, controlled most of what is modern France. In May 1428 Joan's visions told her to find the true king of France and help him reclaim his throne. She resisted for more than three years, but finally went to Charles VII in Chinon and told him of her visions. Carrying a banner that read "Jesus, Mary", she led troops from one battle to another. She was severely wounded, but her victories from 23 February 1429 to 23 May 1430 brought Charles VII to the throne. Captured by the Burgundians during the defence of Compiegne, she was sold to the English for 10 thousand francs. She was put on trial by an ecclesiastical court conducted by Cauchon, Bishop of Beauvais, a supporter of England, and was excuted as a heretic. In 1456 her case was re-tried, and Joan was acquitted (23 years too late).

"About Jesus Christ and the Church, I simply know they're just one thing, and we shouldn't complicate the matter." - Saint Joan of Arc, as recorded at her trial

_________________
God made Men first......then He had a better idea...
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4595
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Fri, 27-07-2007 12:05 pm    Post subject: Reply with quote

Tapi kalau kamu lebih dalam mencari asal nama kamu akhirnya kamu akan menemukan yg aslinya yaitu Yohanes dan dalam bhs Inggris = John, bhs Yunani = Yanni, dan Joan atau Jeanne adalah femininnya nama John seperti Franciska atau Paulina adalah dari maskulinnya nama Fransiskus atau Paulus dalam contoh. So there kamu dinamakan dengan nama Yohanes Pembaptis atau Yohanes Penginjil. Sederhana sih kalau kita melihat silsilah nama dari mana asalnya. Seperti nama Fransiskus sebenarnya karena Bapa dari Fransikus adalah seorang Perancis yg disebut dengan nama Frankopon oleh orang Itali atau Franko, jadi saja Fransiskus yg berarti anak orang Perancis.
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Thu, 02-08-2007 1:59 pm    Post subject: Re: Arti dan Cerita dibalik nama baptis... Reply with quote

PeachGirl wrote:
Hai semua, pasti ada nama baptis dong,
nah bisa berbagi cerita gak, arti dan sejarah dibalik nama baptis kalian?
mod, udah ada belum thread seperti ini? kalau udah ada digabung saja deh.

Kayaknya aku pernah buat thread tentang topik nama baptis
http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=4004.
Nama baptisku Ignatius Loyola, dua hari lalu aku pesta nama Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak
Aku "terpikat" dengan Ignatius Loyola karena teladan hidupnya. Semula ia adalah tentara kerajaan Spanyol yang menderita luka terkena peluru. Selama perawatan, ia menghalau kebosanannya dengan membaca banyak buku, salah satunya tentang kehidupan Kristus. Bacaan ini mengubah hidupnya. Ia tidak lagi menjadi tentara, ia mengabdikan dirinya sebagai rohaniwan. Ia dikenal sebagai rohaniwan yang ramah, penuh kasih sayang kepada orang-orang sakit dan lemah, anak-anak yang tidak memperoleh pendidikan dsb. Ia mendirikan tarekat Serikat Yesus (SJ).
Teladan dan kehidupan Ignatius Loyola memberikan inspirasi buatku untuk hidup lebih baik dan semua upayaku semata-mata untuk kemuliaan Tuhan. AMDG.

Berkah Dalem[/url]
Back to top
View user's profile Send private message
Yolie



Joined: 10 Mar 2007
Posts: 1931

PostPosted: Thu, 02-08-2007 3:06 pm    Post subject: Reply with quote

Mau tanya nih>>>>

Nama baptisku kan Bernadina. Diambil dari Santo Bernardino. Lalu kalau aku doa ke Santo Bernadino gitu?
Aku ini payah deh ga pernah berdoa pada Santo pelindungku. OOT

Nah kalau Santo Laurencius itu kan ada yah. Lalu kalau Santo Laurentia itu kan tidak ada. Ada nama sekolah Katholik dengan nama Santa Laurentia........ apakah itu cuma sekedar nama? Aku berpendapat seharusnya itu bukan sekedar nama, tapi nama pelindung sekolah.
Pertanyaannya: Apakah ini memang benar/boleh?

Sepertinya aku pernah tanya, tapi ga dijawab gitu. Tapi lupa di mana yah.

Tolong yah Mods jelaskan. Biar ga butek nih otakku. Thanks....
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4595
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Thu, 02-08-2007 3:39 pm    Post subject: Reply with quote

Prayer:
Saint Bernardine of Siena, words were very important to you. You spent most of your life speaking the golden words of Jesus' mercy and his Holy Name. And you abhorred words that were shameful. Pray for us that we may always choose to speak Jesus' name with reverence
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4595
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Thu, 02-08-2007 3:40 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Santo Laurencius itu kan ada yah. Lalu kalau Santo Laurentia


Ya sami mawon dong.
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
-T-



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 191

PostPosted: Mon, 27-08-2007 11:48 pm    Post subject: Reply with quote

Aku juga mau nanya arti nama Baptis kebetulan anakkubaru lahir beberapa hari kemarin.


Nah, ceritanya begini

Anakku ini bukan darah dagingku, tp budaya kami mengatakan kalau anak dari saudara kandung itu adalah anak kandung dia juga walau bukan ayah biologis si anak.

Ini anak adikku (dia melangkahi saya)

Pas nikah dia ga pamit ke saya, trus pas anaknya lahir kemarin aku bilang kalau anak itu harus saya yang kasi namanya.
INI PERMINTAAN BAPAK TUANYA.

Trus aku buka-buka Alkitab gak ada yang cocok. Sekiranya dia lahir tanggal 15 Agustus aku akan mantap kasi nama Asumptius (baca: Asumsius) trus ahhh gak cocok pikirku karena bukan tgl 15 tanggal lahirnya. aku lihat pesta orang kudus tanggal kelahiran si baby (ummm kayaknya masih perlu dicari alternatif lain nih pikirku). akhirnya aku malam mingguan (karena minggu kemarin adalah hari maresekesek=penobatan nama buat suatu acara budaya batak buat si baby) aku surfing lah ceritanya di internet buka situs sana sini.

Aku sms bapaknya namanya Servatius.

Oh ya, ibunya si anak alumni agama sebelah, kebetulan dia mau jadi Katolik. Trus saya minta ke nyokap ku agar si anak dan kedua ortunya diberkati dan kuasa-kuasa gelap agama ibunya terdahulu supaya di patahkan. Karena ada aja fenomena aku lihat selama ini, apabila ortunya mantan agama tertentu pasti salah satu keturunannya akan balik ke agama ortunya dulu. Contohnya saja mertua adikku yang cewek dulunya mantan Protestan murtad ke agama mertuanya cowok. Jadi saya gak mau gitu.


Malah sempat nama si anak mau kuberi nama Servatius Koranles (kitab agama ibunya dulu les=tidak ada)
tp itu terlalu extreme pikirku, maka aku hanya anjurkan Servatius aja.

Profil santo servatius aku udah baca hanya saja artinya belum. ada yang tau ga?


Last edited by -T- on Tue, 28-08-2007 12:01 am; edited 3 times in total
Back to top
View user's profile Send private message
STEP



Joined: 07 Nov 2006
Posts: 8

PostPosted: Sun, 02-09-2007 5:14 am    Post subject: Reply with quote

Nama baptis saya Stephanus (Martyr), kisahnya cukup terkenal IMHO.

Dia menjadi saksi iman bahwa Kristus duduk di sebelah kanan Allah Bapa.
Lalu harus mati dirajam karena mempertahankan keteguhan iman kepada Kristus Tuhan.

Nama Krisma (sakramen penguatan) Fransiskus.
Saya pilih Fransiskus De Asisi.
Frans de Asisi adalah seorang anak dari keluarga kaya yang rela mengorbankan seluruh hartanya demi gereja Tuhan setelah mendapat mujizat audible mendengar suara Tuhan.
Frans de Asisi merupakan cikal bakal berdirinya Ordo papa, hatinya sangat baik dan penuh kasih sehingga sering digambarkan Dia dikelilingi hewan Smile


*Saya ingin mendapatkan patung St. Stephanus (Martyr) utk saya pajang di meja doa di rumah, di mana ya bisa dapet yg bagus?
kalau patung St. Frans de Asisi kan banyak dijual di toko Smile

Salam damai,
GBU Ketawa
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Santai Dulu Dong/ Come In And Relax All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17