FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Seminar Hidup Baru Dalam Roh    
Goto page: Next

 
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
ray-z



Joined: 30 Jun 2004
Posts: 151
Location: BDG, Ina

PostPosted: Mon, 01-05-2006 11:00 pm    Post subject: Seminar Hidup Baru Dalam Roh Reply with quote

Di sini saya akan berusaha menyalin diktat Seminar Hidup Baru Dalam Roh (SHBDR) yang diselenggarakan oleh Badan Pelayanan Keuskupan Pembaharuan Karismatik Katolik. Saya usahakan tidak ada perbedaan dengan versi aslinya. Karena terdiri atas 7 bab ++, akan disajikan bertahap. Mohon tanggapannya.
_________________
Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis
Back to top
View user's profile Send private message
ray-z



Joined: 30 Jun 2004
Posts: 151
Location: BDG, Ina

PostPosted: Mon, 01-05-2006 11:01 pm    Post subject: Reply with quote

Pendahuluan

Malam ini kita berkumpul dan bersatu dalam doa sebagai Komunitas Kristiani. Kita semua anggota Komunitas Kristiani yang mencoba hidup secara Kristiani, yang lebih mirip pada orang-orang Kristen purba (perdana).
Kita orang yang secara nyata mulai mengalami bahwa Yesus dan kuasa Roh Kudus mengubah seluruh hidup kita.

Pesan Kristus:
Untuk mengerti hal yang kita alami, perlu mengerti dasar amanat Yesus. Secara singkat dapat kita bagi dalam 4 kebenaran. Empat pokok ini adalah suatu kesimpulan yang ada dalam Injil.

Kebenaran yang I:
Allah mencintai saudara dan menginginkan agar hidup bahagia.
“Aku datang supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (Yoh.10:10b). Allah menginginkan agar kita mengenal Dia dan mengalami cintaNya dalam hidup bersama dalam suatu komunitas, cinta dengan semua orang

Kebenaran yang II:
Manusia berdosa dan terpisah dari Allah dan oleh karena itu manusia tidak mengenal cinta kasih Allah dan tidak dapat membaginya dengan orang lain.
Manusia tak putus-putusnya mencoba mendekati Allah dengan kekuatan sendiri melalui berbagai cara: Etik, obat 2-an, narkotik, agama, dll.
“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23)
Keterpisahan manusia dari Allah mengakibatkan manusia terpisah dari manusia lain.
“Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, mereka penuh dengan macam-macam kelaliman, kedengkian ...” (Roma 1:28-29)
Manusia tidak dapat hidup bersama-sama dalam cinta dan damai, kecuali kalau ada perubahan hidup spirituil di dalam diri mereka yang mana hanya dapat diberikan oleh Allah sendiri.

Kebenaran yang III:
Hanya Kristuslah yang dapat memberimu kuasa agar dapat hidup seperti ini. Melalui Dia kita dapat mengenal cinta kasih Allah dan dapat membagi hidup Allah itu dengan orang lain.
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16)
Di dalam Yesus, Allah menjadi manusia dan datang ke dunia untuk memulihkan kembali keterpisahan antara Allah dan manusia. Melalui hidup, kematian dan kebangkitanNya Yesus Kristus telah memungkinkan manusia mengalami kelimpahan hidup ini.
[Gambar lingkaran bertuliskan Allah panah ke arah lingkaran bertuliskan manusia]
“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6)
Melalui Yesus Kristus, Allah memberikan kekuatan kepada manusia agar dapat hidup bersama dalam cinta kasih dan harmonis yang memang dimaksudkan Allah untuk manusia. Tidak cukup hanya mengetahui saja, tapi menghayati.

Kebenaran yang ke IV:
Kita harus menerima Yesus di dalam hidup kita sebagai Tuhan dan Penyelamat dan kita akan menerima karunia dari Roh Kudus yang akan memberikan kekuatan agar dapat hidup baru ini.

Menerima Kristus:

Menerima Kristus dalam hidup kita bukan hanya percaya bahwa ia adalah Allah dan mati untuk manusia dan juga bukan hanya pekerjaan-pekerjaan yang baik dan mengikuti pelajaran-pelajaran tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Tapi ini berarti menerima Kristus masuk dalam hubungan pribadi, dimana kita menerima cintaNya dan kita menyerahkan hidup kita kepadaNya.
[Gambar tiga lingkaran berisi salib, tulisan NARKOTIK dan EGO]
Tiap lingkaran menunjukkan kehidupan manusia. Pusat lingkaran menunjukkan pusat kehidupan tempat duduk supir, titik tempat untuk mengendalikan hidup, sekelilingnya adalah pusat-pusat hidup. Siapa dan apa yang ditempatkan di sentral, apakah itu seorang pribadi atau sesuatu hal yang lain, yang mengendalikan hidup manusia. Dalam hidup kebanyakan orang, adalah dirinya atau egonya yang menjadi pusat. Kadang-kadang orang lain, atau obat narkotika, atau sesuatu hal yang lain. Ada banyak hal yang menarik dalam hidup manusia, sekolah, keluarga, pekerjaan, seni, musik, dll. (lingkaran lain). Kristus mungkin juga sesuatu yang menarik dalam hidup manusia (salib dalam lingkaran), atau juga Kristus sama sekali diluar hidupnya, seperti seorang yang belum pernah mendengar tentang Dia atau belum pernah memperhatikanNya secara sungguh-sungguh. Orang seperti ini tidak mengalami kehadiran Allah dan cintakasihNya. Dia akan mengalami kurang kekuatan dan kurang mencapai hasil, kurang damai sejati dan kegembiraan. Bila dia menyatakan dirinya sebagai orang Kristen, dia akan mengalami kekristenannya kosong tanpa arti. Menerima Yesus Kristus dalam kehidupan itu berarti membiarkan Dia menjadi pusat hidupmu. Termasuk menyerahkan hidupmu kepadaNya. Bila kita melakukan ini, kita akan mengenal Dia secara pribadi: “Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya” (Yoh 1:12)
_________________
Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis
Back to top
View user's profile Send private message
ray-z



Joined: 30 Jun 2004
Posts: 151
Location: BDG, Ina

PostPosted: Mon, 01-05-2006 11:02 pm    Post subject: Reply with quote

(...sambungan dari sebelumnya)

Karunia Roh

Karunia Roh memenuhi hidup kita dan merubah kita supaya kita mulai mengenal dan mengalami cinta kasih Allah dan kelimpahan hidup yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus.

A. Yesus datang membawa karunia Roh bagi manusia. Dalam keempat Injil, Yohanes Pemandi berkata tentang Yesus:
“Aku membaptis kamu dengan air, tetapi ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus” (Mrk 1:8)
Yesus menjanjikan Roh Kudus kepada pengikutNya (Yoh 16:12-13; 14:16-17).
Sebelum naik ke surga Ia berkata:
“Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus” (Kis 1:5)

Kuasa Roh Kudus adalah peristiwa pada Gereja Purba.

1. Pentakosta
- Janji dipenuhi (Kis 2:4).
- Karunia bahasa lidah (bahasa Roh).
- Perbedaan: keberanian, kuasa, kesatuan, mewartakan Injil, cinta.

2. Sesudah Pentakosta:
- Peristiwa Philippus di Samaria (Kis 8), Paulus & Ananias (Kis 9), Petrus dan Kornelius (Kis 10), Paulus di Efesus (Kis 19) atau dari St. Paulus (Gal 3:1-5, Tes 1:2-10). Peristiwa ini terjadi 25 tahun setelah Pentakosta.

Kesimpulan:
Mengalami kuasa Roh dengan cara yang jelas adalah biasa (normal) dalam Gereja Purba. Orang sungguh berubah oleh karunia Roh Kudus dan perubahan itu sedemikian rupa bahwa baik mereka sendiri maupun orang lain dapat mengatakan bahwa mereka menjadi lain.

Gereja tidak pernah kehilangan hidup Roh maupun mengalami kehilangan kuasaNya. Tetapi dalam sejarah ada saatnya bahwa keduanya kelihatan mengendor, dan pada periode lain lebih bertumbuh, di mana terjadi suatu pembaharuan spirituil. Masa kini di dalam Gereja Katolik terdapat suatu pertumbuhan spirituil, yang nampaknya merupakan suatu jawaban terhadap doa dari Paus Yohanes XXIII yang meminta agar orang Katolik sebelum dan selama Konsili Vatikan II berlangsung:
“Baharuilah dalam masa kami, ya Tuhan, mukjizat mukjizatMu, agar terjadilah suatu Pentakosta Baru”. Dalam tahun tahun berikutnya setelah Konsili, banyak orang Katolik mengalami pembebasan atau pembaharuan kuasa Roh dalan dirinya.

Pembaharuan di antara orang Katolik ini sejajar dengan apa yang dialami oleh Gereja-gereja Kristen lainnya. Berjuta-juta orang Kristen mengalami kuasa Roh Kudus yang sama yang menggambarkan Gereja Purba.

Disini dijelaskan macam macam contoh contoh sebagai pokok pokok dibawah ini.
1. Hidup doa berubah - Allah nyata dalam doa.
2. Injil: Roh membuat jadi hidup (hati berkobar-kobar).
3. Mewartakan Kristus kepada orang lain – bersumber dari adanya pengenalan mengenai Yesus.
4. Komunitas Kristiani – membagi hidup baru.
5. Karunia-karunia Roh:
a. Bahasa lidah – karunia doa, yang kebanyakan diterima pada waktu dibaptis dalam Roh.
b. Nubuat: seseorang berbicara terutama karena Sabda yang diilham oleh Allah – suatu cara baru bagi Allah berbicara kepada kita, biasanya suatu bagian utama pada pertemuan komunitas. (Bdk. 1 Kor 14:3) atau (Kis 11:27-30), (Kis 13:2-4).
c. Karunia lain di jelaskan pada (I Kor 12) dan (Rom 12:6-8).
6. Buah Roh (Gal 5:22) Roh Kudus mulai menghasilkan perubahan-perubahan sifat atau sikap, misalnya kita mulai dapat mengerti Kristus. Hidup dalam Roh dapat dimiliki setiap orang. Bagi mereka yang sudah menjadi Kristen dan telah menerima karunia Roh tetapi seringkali mengalami bahwa Roh Kudus tidak sesuai dengan apa yang telah dijelaskan di dalam Perjanjian Baru. Seminar hidup baru dalam Roh menyediakan jalan untuk belajar lebih tentang hidup di dalam Roh dan dibaptis dalam Roh.
_________________
Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 02-05-2006 10:56 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Pendahuluan

Malam ini kita berkumpul dan bersatu dalam doa sebagai Komunitas Kristiani. Kita semua anggota Komunitas Kristiani yang mencoba hidup secara Kristiani, yang lebih mirip pada orang-orang Kristen purba (perdana).
Kita orang yang secara nyata mulai mengalami bahwa Yesus dan kuasa Roh Kudus mengubah seluruh hidup kita.

What non-sense.


Seakan-akan ingin agar semua orang Kristen bersatu kembali seperti pada jaman Kristen purba dan tidak ada perbedaan. Ini sebenarnya adalah idealisme Protestant karena perpecahan yang mencabik-cabik mereka (and rightly so in accordance with Peter's warning in 2Pet 3:14-18).



Kalau mau lebih mirip seperti Kristen jaman Purba, YA KE MISA KUDUS! Titik.


DeusVult wrote:
St Hippolytus, seorang Bapa Gereja yang dihidup 1,800 tahun yang lalu menuliskan adanya Ekaristi di setiap perayaan umat Kristen:

One of the earliest written descriptions of the order of the Mass, written by Hippolytus almost 1,800 years ago, contains a Eucharistic prayer that reads almost word for word with what is said now in Catholic churches throughout the world. In the ancient version, the priest leads the congregation by opening the prayer as follows:

Priest: The Lord be with you.

Congregation: And with thy spirit.

Priest: Hearts up!

Congregation: We have them to the Lord.

Priest: Let us give thanks to the Lord.

Congregation: It is meet and right.



In today's Catholic Mass, the same prayer reads:

Priest: The Lord be with you.

Congregation: And also with you.

Priest: Lift up your hearts!

Congregation: We lift them up to the Lord.

Priest: Let us give thanks to the Lord our God.

Congregation: It is right to give him thanks and praise.


Inilah awal dari doa syukur Agung yang ada di setiap Gereja Katolik.



Terjemahan dari tulisan St Hyppolytus

Romo: Tuhan bersamamu

Jemaat: dan bersama rohmu

Romo: Angkat hatimu!

Jemaat: Kami melakukannya (ie: mengangkat hati) untuk Tuhan.

Romo: Mari berterima kasih kepada Tuhan.

Jemaat: Sudah tepat dan patut

_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
eddy0904



Joined: 11 Apr 2006
Posts: 96
Location: Moved away from jkt

PostPosted: Tue, 02-05-2006 3:35 pm    Post subject: Reply with quote

DeusVult wrote:
What non-sense.
Seakan-akan ingin agar semua orang Kristen bersatu kembali seperti pada jaman Kristen purba dan tidak ada perbedaan.


Kalau aku baca di 1Korintus, pada waktu itu karunia Roh berkembang dengan pesat. Dan salah satu visi karismatik katolik memang demikian.

Persekutuan Doa Muda-Mudi Parokial Karismatik Katolik telah memiliki visi umum yang ditetapkan oleh Gereja. Visi ini meliputi pertobatan yang terus menerus, keterbukaan terhadap karunia-karunia Roh Kudus, hidup doa, evangelisasi, dan partisipasi dalam hidup Gereja. Visi ini dikembangkan demi kemajuan muda-mudi paroki di mana persekutuan doa itu bernaung.

DeusVult wrote:
Ini sebenarnya adalah idealisme Protestant karena perpecahan yang mencabik-cabik mereka (and rightly so in accordance with Peter's warning in 2Pet 3:14-18).


Aku pribadi tidak melihat bahwa Karismatik Katolik merupakan perpecahan dalam Gereja Katolik, bahkan Karismatik Katolik merupakan bagian integral dalam Gereja Katolik.

“Dewasa ini, seperti yang belum terjadi sebelumnya, Gereja memperoleh kesempatan membawa Injil, dengan kesaksian dan perkataan, kepada sekalian orang dan bangsa-bangsa. Saya melihat merekahnya fajar zaman misioner baru, yang akan menjadi hari yang cemerlang membawa panen berlimpah-limpah, jika semua orang Kristen, para misionaris dan Gereja-gereja muda pada khususnya, menjawab dengan murah hati kekudusan panggilan-panggilan serta tantangan-tantangan zaman kita.” (Redemptoris Missio,Paus Yoanes Paulus II)

DeusVult wrote:
Kalau mau lebih mirip seperti Kristen jaman Purba, YA KE MISA KUDUS! Titik.

Sure, Misa Kudus adalah puncak perayaan iman Katolik kita, aku 100% mendukung ini.
Tetapi diluar misa,juga ada persekutuan2 yg diadakan kelompok2 kategorial, yang tujuannya untuk semakin memperkaya iman dan menambah semangat untuk mencintai Tuhan.

@DV : please, aku mohon dengan sangat, jangan menghakimi Persekutuan Doa Karismatik Katolik sebagai ajaran yang salah. Dan jangan pula melarang saudara atau keluarga anda untuk mengikuti kegiatan Persekutuan Doa Karismatik Katolik. Setidaknya, pandanglah keputusan Gereja untuk menetapkan Persekutuan Doa Karismatik Katolik sebagai kelompok kategorial yang LEGAL.
Back to top
View user's profile Send private message
airdiminum
Site Admin


Joined: 26 Jan 2004
Posts: 245

PostPosted: Tue, 02-05-2006 3:58 pm    Post subject: Reply with quote

Mulai lagi nih......... Sedih

Quote:
.....banyak orang Katolik mengalami pembebasan atau pembaharuan kuasa Roh dalan dirinya.


Yg di bebaskan apa?, apakah yg sudah di Baptis tapi ngga ikut kharismatik masih terbelenggu ? musti di bebaskan lagi ?

Yg di perbaharui apa? manusia menjadi baru kalau ikut Kharismatik ?, maksudnya baru itu apa?, dosanya jadi hilang?, ngga perlu lagi Sakramen Tobat?

Quote:
Pembaharuan di antara orang Katolik ini sejajar dengan apa yang dialami oleh Gereja-gereja Kristen lainnya


Gereja-gereja Kristen yg lainnya itu Gereja yg mana?, gereja protestan maksudnya? atau gereja yg mana? Gereja Katolik mau di sejajarkan dengan gereja protestan ?

Gimana sih ? Embarassed Embarassed
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 02-05-2006 4:27 pm    Post subject: Reply with quote

eddy0904 wrote:
DeusVult wrote:
What non-sense.
Seakan-akan ingin agar semua orang Kristen bersatu kembali seperti pada jaman Kristen purba dan tidak ada perbedaan.


Kalau aku baca di 1Korintus, pada waktu itu karunia Roh berkembang dengan pesat. Dan salah satu visi karismatik katolik memang demikian.

Berkembang pesat yang bagaimana?

Berkembang pesat karena melihat banyak orang "berbahasa Roh"?



Quote:
DeusVult wrote:
Ini sebenarnya adalah idealisme Protestant karena perpecahan yang mencabik-cabik mereka (and rightly so in accordance with Peter's warning in 2Pet 3:14-18).


Aku pribadi tidak melihat bahwa Karismatik Katolik merupakan perpecahan dalam Gereja Katolik, bahkan Karismatik Katolik merupakan bagian integral dalam Gereja Katolik.

Kamu pribadi tidak mengetahui bahwa Kharismatik berasal dari Protestant Pentakosta. Dimana ketika itu orang Katolik justru diberi "roh" oleh para pentakosta supaya bisa berbahsa roh ria.


Orang Protestant mana mempunyai Roh?



Quote:
DeusVult wrote:
Kalau mau lebih mirip seperti Kristen jaman Purba, YA KE MISA KUDUS! Titik.

Sure, Misa Kudus adalah puncak perayaan iman Katolik kita, aku 100% mendukung ini.
Tetapi diluar misa,juga ada persekutuan2 yg diadakan kelompok2 kategorial, yang tujuannya untuk semakin memperkaya iman dan menambah semangat untuk mencintai Tuhan.

Persekutuan yang sudah terkontaminasi dengan berbagai kesesatan.

Quote:
@DV : please, aku mohon dengan sangat, jangan menghakimi Persekutuan Doa Karismatik Katolik sebagai ajaran yang salah. Dan jangan pula melarang saudara atau keluarga anda untuk mengikuti kegiatan Persekutuan Doa Karismatik Katolik. Setidaknya, pandanglah keputusan Gereja untuk menetapkan Persekutuan Doa Karismatik Katolik sebagai kelompok kategorial yang LEGAL.

Tunggu postku tentang sejarah gerakan kharismatik dan kesesatan-kesesatan didalam Kharismatik. Harap sabar, saat ini aku lagi banyak kerjaan.


Kebanyakan kharismatik sama sekali tidak mengetahui betapa sesatnya kharismatik ini.


Kharismatik adalah kesesatan dan aku akan bertindak dengan segala upaya agar kesesatan ini dibasmi dari Gereja Kudus.


PS
"Pembaharuan di antara orang Katolik ini sejajar dengan apa yang dialami oleh Gereja-gereja Kristen lainnya"

Benar-benar sunguh amat sesat.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
encu



Joined: 15 Feb 2004
Posts: 366
Location: united states

PostPosted: Tue, 02-05-2006 9:06 pm    Post subject: Reply with quote

Untuk karismatikers,

Coba tulisan DeusVult di baca pelan pelan....

Biar lebih meresap drpd bilang ybs menghakimi...??

Tulisan yang di post/tertulis memang menyirat apa

yang di tangkap seperti Deusvult....

Setuju....atau tidak?
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3786
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Wed, 03-05-2006 7:08 am    Post subject: Reply with quote

DV aku tunggu postmu... saya sudah melayangkan E-mail ke pengelola Karismatik.net namun belum di jawab hingga hari ini..

Saya semakin diyakinkan adanya penyelewengan dalam komunitas ini..

Komunitas ini terlalu meninggikan "Baptis Roh"-nya seakan menganggap sakramen baptis, sakramen tobat dan sakramen penguatan belum ada artinya bila tidak dilengkapi "baptisan" ini ..hhhh..
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
raydo12



Joined: 24 Oct 2005
Posts: 2585
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 03-05-2006 9:04 am    Post subject: Reply with quote

Memang kalau saya lihat Kharismatik cenderung ke arah Protestan, saya sendiri tidak begitu alergi spt DV thd Karistmatik. Kesan negatif saya thd Karismatik adalah exclusive, suka mengadili orang yg non Karismatik dan sangat terobsesi dgn Roh Kudus shg melupakan ajaran2 pokok Iman GK

Kesan positif adalah berani dan berapi-api dalam pewartaan Injil, keterbukaan antara sesama anggota persekutuan.
Keterbukaan atau empati thd anggota lain yg lagi kesusahan menjadikan Karismatik menarik buat jemaat yg bosan dgn pola top down GK dalam karya pastoral nya. Karismatik nampaknya hanya berkembang di kota-kota, tidak di pedesaan. Ini dimungkinkan karena jemaat di kota lebih banyak yg stress karena hubungan sosial tidak berjalan baik. Orang dikota cenderung acuh tak acuh, sedangkan GK sekarang sangat kekurang tenaga rohaniawan yg bahkan cenderung tidak berkarya keluar lingkungan Gereja. Seperti para biarawati yg lebih suka mengurung diri di RS dan sekolah. Berapa kali anda dikunjungi oleh romo atau ketua lingkungan ?

Kegiatan di lingkungan juga tidak bergairah karena pola "top down" tadi, misalnya utk pendalaman iman menjelang paskah, dari ke Uskupan sudah mengeluarkan buku pedoman tinggal mengikuti. Jemaat hanya datang utk mendengarkan org2 yg berdiskusi sesuai dgn buku pentunjuk tsb akibatnya membosankan karena tidak kontekstual.

Saya pernah berdiskusi dng seorang biarawati mengenai Purgatory sehabis pendalaman iman ala top down, dia sangat tertarik dgn diskusi tsb dan mengatakan bahwa diskusi spt ini yg lebih baik. Yg sebelumnya hanya formalitas.

Semua yg dipaparkan diatas hanya sebatas "Kegiatan", akhirnya kembali berhubungan dgn Tuhan adalah bersifat pribadi entah Katolik Tradisional maupun yg Karismatik. Jadi tidak perlu dikhawatirkan Kharismatik akan merubah ajaran GK, yg mungkin adalah mereka lari ke gereja sebelah atau membentuk gereja sendiri. Confused


Shalom,
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 12

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17