FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Sekolah Katolik = sekolah mahal ???    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Anthonius_Felix



Joined: 17 Dec 2005
Posts: 403
Location: Everywhere, Everytime

PostPosted: Sun, 09-04-2006 2:31 am    Post subject: Sekolah Katolik = sekolah mahal ??? Reply with quote

Tahun lalu anak dari temanku tidak diterima di salah satu sekolah yayasan Katholik karena alasan biaya. Tetapi, puji Tuhan, dia diterima di sekolah yayasan Protestan, tanpa banyak birokrasi. Yang jadi pertanyaanku itu apakah sekolah Katholik identik dengan sekolah mahal ? Hal ini dapat dipahami karena memang untuk masuk ke sekolah Katholik minimal persyaratan uang gedungnya 2-3 juta rupiah pada umumnya...ini menurut informasi yang aku dapat lho setelah tanya-tanya lihat uang gedung minimal persyaratannya untuk tahun ini aja ada yang sampe 9-10 juta rupiah itu sekolah katholik didaerahku untuk masa-masa PSB bulan ini...nggak tahu kalau sekolah Katholik di daerah lain?
Sebetulnya temanku ingin sekali memasukkan anaknya di sekolah Katholik tersebut, karena kedisiplinan disekolah tersebut betul-betul diterapkan, jadi tidak hanya otak saja yang diandalkan tapi juga moral dan kedisiplinan juga harus ditegakkan......coba bayangkan bolos sehari saja, besoknya kalau kesekolah harus sama ortu datangnya, dan menghadap ke BP...ketahuan merokok langsung skors 2 hari tanpa ampun...berkelahi skors 5 hari.....sering terlambat datang ke sekolah langsung ortunya dipanggil.....dll..dll
Aku tanya temenku gimana dengan yang di sekolah Protestan? Dianya jawab emang disiplin sih tapi peraturannya masih longgar tidak seketat di sekolah Katholik tempat dimana dia tidak bisa memasukkan anaknya itu.
Mungkin ada pendapat diantara moderator or member sekalian untuk masukan bagi sekolah2 Katholik?Mohon maaf juga kalau sudah diposting.....hanya sekedar share saja Ketawa Ketawa
Back to top
View user's profile Send private message
Anthonius_Felix



Joined: 17 Dec 2005
Posts: 403
Location: Everywhere, Everytime

PostPosted: Sun, 09-04-2006 2:40 am    Post subject: Reply with quote

Tambahan sedikit....lebih bagus mana kalau sebuah sekolah Katolik kepala yayasannya atau kepala sekolahnya seorang Bruder atau suster atau awam?...hanya sekedar share saja...
Back to top
View user's profile Send private message
Ophiucus



Joined: 26 Mar 2005
Posts: 53
Location: Pluit

PostPosted: Sun, 09-04-2006 1:09 pm    Post subject: Reply with quote

Hm, mahal ya?
sekolah ku dulu pas SMA di surabaya kan sekolah katolik, tapi gak mahal kok. Tergantung juga dari anaknya sendiri, mampu nggak.
Biasanya di sekolah gitu kan ada jalur-jalur khusus untuk yang kurang mampu atau memang pandai dapat keringanan biaya dan kemudahan.
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Sun, 09-04-2006 2:02 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Tahun lalu anak dari temanku tidak diterima di salah satu sekolah yayasan Katholik karena alasan biaya. Tetapi, puji Tuhan, dia diterima di sekolah yayasan Protestan, tanpa banyak birokrasi. Yang jadi pertanyaanku itu apakah sekolah Katholik identik dengan sekolah mahal ? Hal ini dapat dipahami karena memang untuk masuk ke sekolah Katholik minimal persyaratan uang gedungnya 2-3 juta rupiah pada umumnya...ini menurut informasi yang aku dapat lho setelah tanya-tanya lihat uang gedung minimal persyaratannya untuk tahun ini aja ada yang sampe 9-10 juta rupiah itu sekolah katholik didaerahku untuk masa-masa PSB bulan ini...nggak tahu kalau sekolah Katholik di daerah lain?


Sebaiknya juga dimengerti kenapa sekolah Katolik mahal. Serikat Religius banyak sekali menggantungkan hidupnya pada profit dari sekolah-sekolah yang mereka kelola.

Biaya hidup mereka sehari-hari, biaya pendidikan para Novis (calon), biaya untuk karya misi dan sosial mereka diambil dari sekolah=-sekolah itu.

Jadi memang kadang sekolah-sekolah Katolik di kota-kota besar dijadikan semacam "sapi perah" untuk membiayai banyak sekali karya mereka.

Dan umumnya secara general mereka masih defisit.

Coba aja bayangin dari 10 calon religius sudah disekolahin mahal2 yang jadi paling banter 3 orang dan sisanya mundur dengan berbagai alasan (dari yang bisa dipertanggungjawabkan sampai yang tidak).

Belum lagi biaya untuk karya pelayanan sosial, biara kadang suka ngongkosin orang sakit berobat, belumlagi perawatan anggotanya sendiri yang sakit, belum lagi karya mereka di tempat2 yang tidak bisa diharapkan kolektenya.

Uang kolekte minggu kita biasa dipakai untuk Paroki sendiri, dan sebagian disetor ke Keuskupan dan pemakaian biaya untuk listrik, perawatan tempat dan peralatan ibadat, gaji pegawai, bangun sarana2 lain, biaya seminari, dst juga besar.

Belum lagi di sekolah-sekolah "kaya" itu pun ada murid yang di subsidi oleh para religius juga.

Temanku dulu sekolah di sekolah Katolik yang mahal namun dia bayar sangat murah bahkan baju seragam, buku pelajaran, sampai uang jajan sehari-hari semua dikasih suster kepala. Bahkan kalau di kelas ada sumbangan semacam APP, Aksi Natal, dst dia dikasih uang extra sama suster supaya dia bisa nyumbang seperti siswa/i lain.

Jadi mahalnya masuk akal. Aplagi umumnya sekolah-sekolah mahal itu juga ada timbal-baliknya untuk para siswa yakni mutu akademis yang baik dan prasarana yang bagus.

Quote:
Sebetulnya temanku ingin sekali memasukkan anaknya di sekolah Katholik tersebut, karena kedisiplinan disekolah tersebut betul-betul diterapkan, jadi tidak hanya otak saja yang diandalkan tapi juga moral dan kedisiplinan juga harus ditegakkan......coba bayangkan bolos sehari saja, besoknya kalau kesekolah harus sama ortu datangnya, dan menghadap ke BP...ketahuan merokok langsung skors 2 hari tanpa ampun...berkelahi skors 5 hari.....sering terlambat datang ke sekolah langsung ortunya dipanggil.....dll..dll
Aku tanya temenku gimana dengan yang di sekolah Protestan? Dianya jawab emang disiplin sih tapi peraturannya masih longgar tidak seketat di sekolah Katholik tempat dimana dia tidak bisa memasukkan anaknya itu


Zaman ini aku rasa sudah banyak sekolah Protestan yang bermutu baik dan disiplin nya bagus. Tapi yah mahalnya juga setara dengan sekolah Katolik.

Quote:
Mungkin ada pendapat diantara moderator or member sekalian untuk masukan bagi sekolah2 Katholik?Mohon maaf juga kalau sudah diposting.....hanya sekedar share saja


Kadang memang terasa aneh sekolah AKtolik kok mahal. Tapi kebanyakan kita memang cuma tidak mau tahu dan tidak mau mengerti "mahalnya itu kenapa?"
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Tyan



Joined: 08 Jun 2004
Posts: 11
Location: nun jauh di sana

PostPosted: Mon, 10-04-2006 9:15 pm    Post subject: mahal??? Reply with quote

Sekolah katolik mahal, gak juga
biasanya pake subsidi silang, jadi yang mampu bantu yang gak mampu
tapi gara2 yang mampu sering ngaku gak mampu, jadinya dibilang mahal
meskipun kayak gt, tapi gak banyak pungutan koq, gak kayak sekolah negeri (menurut pengalaman di sekolah saya)
kalo emang gak mampu, ada pertimbangan khusus koq
kalo mutu ama kualitas silakan bandingkan aja
ya perlu dicermati juga, sekolah katolik dapat dikatakan independen buat cari dana, kalo ada bantuan paling juga dari alumni ama uang gedung
jadi kalo dikatakan mahal, lebih baik kroscek aja dulu d
sangat benar apa yang dikatakan Athanasios
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Anthonius_Felix



Joined: 17 Dec 2005
Posts: 403
Location: Everywhere, Everytime

PostPosted: Tue, 11-04-2006 5:54 am    Post subject: Reply with quote

emang sih....kalau jaman sekarang sepertinya sekolah negeri sama swasta koq malah saingan mahal-mahalan ya?...lebih cenderung mahal negeri khan udah otonomi daerah ya tahun sekarang?...ingat pas dulu pusing2nya cari sekolah .....biasanya sekolah swasta khususnya sekolah Katholik dicap sebagai sekolah buangan...eitt...jangan salah sangka duluu....maksudnya buangan itu....bagi yang tidak keterima di sekolah negeri..maka sebagai alternatifnya sekolah swastalah yang jadi pilihan..itu anggapan ortu murid tahun 1990an....begitu pengumuman PSB sekolah negeri, bagi yang tidak keterima langsung lari ke swasta.....yaahh...liat2 NEM pada waktu itu..kalo nilainya pas-pasan yaahh langsung masuk ke swasta/Katholik tanpa pertimbangan lagi dan siap2 saja ortu berpusing-pusing ria cari biayanya.......tapi seiring waktu demi waktu ...sekolah Katolik banyak juga yang sekarang lebih bermutu ketimbang negeri dan terjangkau biayanya...dilihat saja dari prestasinya....Ehmm..kalau nggak salah khan ada yaak murid sekolah Katholik yang juara dunia Olympiade Fisika dari Jakarta itu lhoo....ahh aku lupa siapa namanya sama sekolahnya dimana ( ada yang bisa bantu? Ketawa )
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3786
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Tue, 11-04-2006 7:12 am    Post subject: Reply with quote

hal ini pernah dikeluhkan salah seorang penelpon dalam dialog interaktif agama Katolik, nara sumbernya seorang Romo muda (saya lupa namanya). Namun memang forum tersebut bukan media yang memadai untuk menyalurkan keluhan tersebut.

SAya melihat seandainya seorang anak Katolik yang berprestasi namun berasal dari keluarga miskin seharusnya mendapat dispensasi atau beasiswa dari sekolah Katolik favorit, sehingga bibit unggul dari generasi muda Katolik tersebut bisa tumbuh berkembang baik kecerdasannya maupun pendidikan iman-nya.

Waktu saya lulus SMP, saya mendapatkan beasiswa sehingga biaya sekolah saya ketika masuk SMA di St. Agustinus Budhaya I Matraman.. sehingga hal ini meringankan orangtua saya. Keluarga saya juga berasal dari keluarga menengah, namun boleh dikatakan untuk biaya pendidikan keluarga saya sangat pas-pasan..

Orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anak-anaknya khususnya dalam pendidikan, mereka pun ingin anak mereka disekolah di sekolah Katolik karena sekolah Katolik terkenal bagus dalam pendidikan (walaupun ada juga sekolah negeri yang menghasilkan anak-anak yang berprestasi), disiplin dan juga dalam menjaga iman anak-anak mereka.
Hal ini sangat wajar karena kurang lebih 6 jam waktu yang dihabiskan disekolah dengan guru dan teman-temannya tanpa pengawasan orang tua.

ada yang mengatakan "ya beruntung kalo pinter bisa beasiswa kalo biasa-biasa aja gimana doonk"

Seharusnya berhasil atau tidak berhasil mendapatkan sekolah Katolik yang diharapkan adalah tugas orang tua untuk tetap melanjutkan misinya dalam menanamkan iman Katolik yang baik dan tidak menyerahkan seluruhnya hal ini kepada sekolah. Mengenai mutu pendidikan, bila tidak berhasil mendapatkan sekolah favorit dan tidak ada jalan keluar (terus terang untuk biaya sekolah saya dan saudara2 saya dulu, orangtua saya sampai berhutang kepada kantor atau keluarga atau bahkan tetangga, dan hutang mereka lunasi dari gaji papa dan hasil jahitan mama saya) maka sekolah negri pun tidak menjadi masalah.. semangat belajar jangan hanya dibatasi di lingkungan sekolah tetapi harus dikembangkan di luar, dengan ikut kursus atau membeli buku-buku bacaan yang bisa mendukung pengetahuan dan kreativitas anak.
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
mtasih



Joined: 26 Sep 2005
Posts: 144

PostPosted: Tue, 11-04-2006 8:20 am    Post subject: Reply with quote

Sy kurang setuju kl dibilang sekolah katolik LEBIH mahal dr sekolah lain.Kl mahal, itu relatif, tergantung mutu dan fasilitas yg disediakan.Dg mutu dan fasilitas yg sama,sy yakin skolah katolik tidak lebih mahal dr skolah protestan,misalnya.Dan spt dikatakan teman2 yg lain, diskolah katolik,murid kurang mampu yg menerima subsidi silang cukup banyak.

Pengalaman sy wkt anak2 sy masih skolah di jkt,tiap penerimaan murid baru atau kenaikan uang sekolah, banyak ortu yg mendadak belagak miskin,pake baju/dandan super sederhana utk menghadap minta keringanan.Hal ini menyulitkan pihak sekolah utk memberikan keringanan.Pdhl diluar itu hidup mrk baik2 saja, naik mobil mewah,cerita liburan keluar negeri, bahkan rela bayar uang les anaknya hampir 1 juta/bulan, tapi..utk uang sekolah yg sekitar 300 ribu/bulan masih protes,pdhl sebagian besar wkt anak2 di sekolah,bukan di tempat les.

Krn sy berasal dr keluarga miskin, dl sy dan kakak2 sy semua bersekolah di sekolah katolik yg bagus mutunya, dengan uang sekolah yg sangat2 ringan.
Back to top
View user's profile Send private message
gemblung



Joined: 14 Jun 2004
Posts: 285

PostPosted: Tue, 11-04-2006 9:49 am    Post subject: Reply with quote

bisa nilai sendiri, dari bayangan kantong anda termasuk golongan mahal atau engga.

Tahun lalu, biaya masuk SMP Santa Ursula BSD, Tangerang dipatok 12 Juta, biaya SPP dipatok 450 rb.

hasilnya, setelah nego, biaya masuk bisa jadi 6 jt dan SPP 400 rb. (angka ini sudah termasuk rendah/murah disana) ini tergantung dari kemampuan ekonomi orang tuanya yang rata-rata mampu bayar lebih.

tahun ini sudah pasti naik, isu yang muncul tahun ini biaya masuk 15 jt.


mahal engga ? menurutku mahal !!
ada pilihan ? disini yayasan protestan biayanya relatif sama.
mau sekolah di Negeri dengan resiko pergaulan yang lebih sulit di kontrol ?
serba sulit ya...




salam
Back to top
View user's profile Send private message
dvdhmbl



Joined: 16 Feb 2005
Posts: 371
Location: jkrt

PostPosted: Tue, 11-04-2006 10:05 am    Post subject: Reply with quote

kalo di regina pacis, untuk masuk smp tahun ini
uang gedung 2jt, uang pangkal 3-5jt (grade A 3jt, B 4jt, C 5jt)
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 7

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17