FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Semua Agama Sama Saja ?    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 254

PostPosted: Tue, 11-12-2018 5:03 pm    Post subject: Semua Agama Sama Saja ? Reply with quote

Semua Agama Sama Saja ?


Semua agama sama benarnya, semuanya berjalan menuju kepada Tuhan.
Beginilah jawaban yang kita dapatkan di dunia sekarang ini yang mengutamakan kesetaraan, artinya tidak boleh merasa ada yang lebih hebat atau merasa diri paling benar, harus setara dan toleran. Surga bukan milik agama tertentu saja.

Ada juga orang Katolik yang setuju dengan jawaban itu. Karena mereka tidak mau dianggap angkuh atau fanatik fundamentalis radikal yang ekstrem.
Apalagi mengatakan di luar Gereja Katolik tidak ada Keselamatan, dia bisa dikucilkan dari dunia pergaulan karena dianggap menghina agama lain dan tidak toleran.

Tapi apakah semua agama sama benarnya dan menuju kepada Tuhan ?

Dari topik Doa Tahun Persatuan KAJ 2018 bisa diketahui bahwa ada perbedaan-perbedaan dari empat agama, Katolik, Hindu, Buddha dan Saksi Yehuwa, belum semua agama lainnya. (Untuk perbedaan dari agama-agama, silahkan dipelajari sendiri). Perbedaan ini sangat jelas dan bertentangan satu sama lain.

Membuat kesetaraan dari agama-agama ini dengan mengatakan Tuhan yang menciptakan semua agama adalah hal yang absurd, tidak masuk akal. Apakah Tuhan tidak ingin manusia itu sampai kepadaNya dengan menciptakan agama-agama yang saling bertentangan ?
Apakah Tuhan ingin membuat manusia bingung dan mencelakakan manusia dengan pentunjuk yang simpang siur ?
Jika semua agama sama benarnya, maka kita akan bertanya mengapa jalan menuju Tuhan berbeda atau bertentangan satu sama lainnya ?

Jika semua agama sama benarnya, maka seharusnya selaras, tidak saling bertentangan, setara, toleran, tidak menyombongkan diri sebagai satu-satunya jalan.

Tapi kenyataannya tidak, masing-masing mengklaim yang terbaik dan yang terbenar.

Berbicara tentang kesombongan, diantara agama-agama ini ada satu agama yang paling angkuh dan tidak toleran yang diklaim oleh pendirinya : “Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui aku”. Tidak ada seorang manusiapun sampai ke Tuhan tanpa melalui dia !

Mari kita lihat apa yang menjadi inti dari agama yang “angkuh dan tidak toleran” ini.
Agama ini dikenal dengan nama Kristen dan inti dari agama ini adalah : “Tuhan datang ke dunia untuk mencari dan menyelamatkan manusia”

Tidak ada kisah seperti ini yang dapat ditemui dari agama-agama lain. Yang ada adalah manusia mencari Tuhan.
Tuhan digambarkan duduk diam bersemayam dalam takhtanya yang angker, siap menghukum manusia yang bersalah. Tuhan yang disembah manusia dengan penuh ketakutan. Tuhan yang haus akan puja puji dan persembahan. Tuhan yang puas dengan ritual-ritual manusia.

Selain itu pendiri agama Kristen ini, mengklaim dirinya adalah Tuhan, “Aku dan Bapa adalah Satu” dan mengampuni dosa manusia.
Tidak ada pendiri agama apapun yang “sombong, fanatic dan tidak toleran” seperti ini. Ini ekstrem dan fanatik sekali !.

Tapi, ada sebagian yang mengaku diri adalah pengikutnya berpendapat bahwa semua agama sama saja. Bahkan tidak jarang pemimpin agamanyalah yang mengajarkan toleransi yang bertentangan dengan pendirinya.
Untuk sampai kepada Tuhan, tidak perlu melalui pendiri agamanya, tidak perlu menjadi pengikut agamanya. Sesuaikan dengan selera saja.
Kelihatannya ajaran pendirinya itu terlalu fanatik, dan ekstrem, sehingga para pemimpin itu perlu mengganti ajarannya yang tidak toleran itu. Padahal jelas sekali pendirinya menyuruh mereka menjadikan semua bangsa muridnya dan membaptis mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Jadi siapakah yang benar pendirinya atau para pemimpin itu ?

Bagaimanapun sejarah telah mencatat bahwa pendiri agama yang “sombong dan fanatik” ini mati disalibkan dan pengikut-pengikut setianya banyak yang mati disalib, dibakar, dijadikan makanan singa, digoreng, digantung, dipancung dan disembelih demi mengikuti dan mempertahankan ajaran gurunya yang fanatik ekstrem.
Mereka pergi keseluruh penjuru dunia, meninggalkan segalanya bahkan mempertaruhkan nyawa mereka untuk menjadikan bangsa-bangsa sebagi murid dari gurunya.

Kisah kedatangan pendiri agama Kristen ini yang terjadi 2000 tahun lalu sebentar lagi akan diperingati dan dirayakan dengan megah dan meriah. Entah dia diperingati sebagai salah satu pendiri agama saja seperti yang lain atau sebagai pendiri agama yang paling benar sekaligus sebagai Tuhan yang datang hendak menyelamatkan manusia.


Last edited by TeSul on Tue, 11-12-2018 5:11 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3786
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Mon, 24-12-2018 12:58 pm    Post subject: Re: Semua Agama Sama Saja ? Reply with quote

TeSul wrote:


Selain itu pendiri agama Kristen ini, mengklaim dirinya adalah Tuhan, “Aku dan Bapa adalah Satu” dan mengampuni dosa manusia.
Tidak ada pendiri agama apapun yang “sombong, fanatic dan tidak toleran” seperti ini. Ini ekstrem dan fanatik sekali !.



hmm.. masa sih ? Yesus sombong, fanatik dan intoleran ?

Mengampuni dosa manusia adalah bukti kesombongan ?

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Lukas  5:17Pada suatu hari ketika Yesus mengajar, ada beberapa orang Farisi dan ahli Taurat duduk mendengarkan-Nya. Mereka datang dari semua desa di Galilea dan Yudea dan dari Yerusalem. Kuasa Tuhan menyertai Dia, sehingga Ia dapat menyembuhkan orang sakit.
Lukas  5:18Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus.
Lukas  5:19Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus.
Lukas  5:20Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."
Lukas  5:21Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: "Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"
Lukas  5:22Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu?
Lukas  5:23Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?
Lukas  5:24Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:"Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"
Lukas  5:25Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.


Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  8:3Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah.
Yohanes  8:4Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.
Yohanes  8:5Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"
Yohanes  8:6Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.
Yohanes  8:7Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
Yohanes  8:8Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
Yohanes  8:9Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
Yohanes  8:10Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
Yohanes  8:11Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."


Adakah dari Injil yang mengatakan bahwa Yesus sombong atas perbuatan-perbuatannya di atas ?

Yesus mengajarkan banyak hal tentang kerendahan hati. Rasanya aneh sekali orang sombong mengajar mengenai kerendahan hati.

Referensi kamu adalah ini

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  10:30Aku dan Bapa adalah satu."


tetapi tidakkah kamu baca di bagian akhir Ia pun mengatakan demikian

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  10:37Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Yohanes  10:38tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."


Jika kamu bagian dari mereka yang tidak percaya perkataan-Nya, maka baca apa yang Ia lakukan dan tolong katakan di sini bagaimana YEsus adalah orang yang sombong...

Yesus Fanatik ? Bisa tunjukan dimanakah fanatisme Yesus ?

Yesus intoleran ? apakah buktinya ?

bagi orang yang tidak percaya apa yang membuat orang itu berbuat demikian membuatnya berpikir orang tersebut tidak beralasan.


Pernah membaca perumpamaan orang Samaria yang baik hati ? (Lukas 10:25-37)

tolong jawab pertanyaan saya ya...
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 254

PostPosted: Sun, 30-12-2018 7:55 am    Post subject: Reply with quote

Yesus "Sombong"

Anda mengatakan orang lain sombong karena anda tidak mau orang tersebut lebih hebat dari anda, minimal harus sama, setara, bila perlu lebih rendah dari anda.

Bayangkan jika anda yang mengatakan bahwa diri anda dapat mengampuni dosa orang, Allah dan dirimu adalah satu dan tidak ada yang bisa datang kepada Allah tanpa melalui anda. Anda pasti akan dianggap orang bukan hanya sombong tapi juga gila.

Ini yang terjadi pada Yesus ketika para pemuka agama menghakimiNya karena telah menghujat Allah, suatu kejahatan yang sangat ekstrem, bukan hanya sombong.

Allah memang “sombong”, anda tidak bisa membuat Allah lebih rendah atau sama dengan anda. Allah memang lebih hebat dari manusia dan tidak bisa disaingi oleh manusia bahkan manusia wajib menyembahNya.
Bagi orang yang percaya dengan perkataan Yesus, Ia memang berhak untuk mengatakan seperti itu., karena apa yang diucapkannya dibuktikan dengan perbuatanNya.

Yesus fanatik, ya karena Dia bertahan dengan pendirianNya sampai mati.

Yesus tidak toleran, Dia berkata "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”
Jika Dia toleran pasti Dia akan mengatakan bahwa ada jalan lain, bisa dengan jalan lain atau boleh dengan jalan lain orang bisa selamat asal percaya kepada Allah.

Perumpamaan orang Samaria yang baik-hati memperkuat ke-“tidak-toleran”an Yesus .Tafsir dari perumpamaan ini adalah Yesus sendirilah orang Samaria itu yang menyelamatkan manusia yang jatuh dalam dosa, Perintahnya untuk membawa manusia berdosa diselamatkan melalui GerejaNya. (Haydock). Bukan diselamatkan oleh yang lain.

Anda akan dikatakan toleran jika anda mengatakan agama lain juga bisa membawa manusia ke surga. Tidak harus menjadi Katolik orang bisa masuk surga. Apalagi ditambah embel-embel Yesus tidak beragama Katolik atau surga bukan milik Katolik saja. Bravo! anda toleran sejati.
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3786
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 03-01-2019 5:40 pm    Post subject: Reply with quote

TeSul wrote:
Yesus "Sombong"

Anda mengatakan orang lain sombong karena anda tidak mau orang tersebut lebih hebat dari anda, minimal harus sama, setara, bila perlu lebih rendah dari anda.


saya mengatakan orang itu sombong, bukan karena saya tidak mau orang tersebut lebih hebat dari saya... karena jika demikian sama saja saya adalah orang yang sombong...

saya mengatakan seseorang sombong apabila orang tersebut terlihat ingin mendominasi orang lain dengan memvisualisasikan perasaan bahwa dirinya memiliki kualitas yang lebih baik dari orang lain, hidup dianggap sebagai sebuah kompetisi sehingga kemenangan menjadi segalanya. Orang sombong cenderung mudah bertikai dengan orang yang ia anggap lebih rendah darinya atau ia anggap kompetitornya. Ia sangat haus dengan pujian. Ia akan memenuhi dirinya dengan khayalan tentang pujian yang ia dapatkan.
Jika kamu search kata sombong atau angkuh di kitab suci kamu akan lebih mengerti apa yang saya sampaikan ini.

Quote:

Bayangkan jika anda yang mengatakan bahwa diri anda dapat mengampuni dosa orang, Allah dan dirimu adalah satu dan tidak ada yang bisa datang kepada Allah tanpa melalui anda. Anda pasti akan dianggap orang bukan hanya sombong tapi juga gila.


kalo saya atau kamu yang mengatakan tentu saja akan dianggap gila bukan sombong..

Quote:

Ini yang terjadi pada Yesus ketika para pemuka agama menghakimiNya karena telah menghujat Allah, suatu kejahatan yang sangat ekstrem, bukan hanya sombong.


dalam Kitab suci kita tidak ada teks yang bisa kita gunakan untuk menggambarkan apa yang dipikirkan para ahli Taurat dan farisi tersebut. Apakah mereka berpikir Yesus berkata demikian karena sombong atau Yesus menghujat Allah yang mereka kenal ? Tidak ada dalam teks mengatakan bahwa Yesus mengatakan demikian karena sombong.

dari deskripsi yang saya sampaikan sebelumnya di atas, justru faktanya Yesus mengatakan hal itu bukan dari kesombongan.

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK   @ Ekaristi dot Org
589Tetapi terutama Yesus lebih menghebohkan lagi, karena Ia menyamakan sikap-Nya yang penuh belas kasih terhadap kaum pendosa dengan sikap Allah terhadap mereka Bdk. Mat 9:13; Hos 6:6.. Waktu Ia duduk makan bersama orang berdosa Bdk. Luk 15:1-2., Ia malahan mengisyaratkan bahwa Ia akan mengizinkan mereka turut serta dalam perjamuan mesianis Bdk. Luk 15:23-32.. Tetapi lebih khusus lagi, Ia menimbulkan masalah bagi pemimpin religius Israel, karena Ia mengampuni dosa. Bukankah mereka benar, ketika penuh rasa heran mereka menanyakan: "Siapa yang dapat mengampuni dosa, selain daripada Allah sendiri?" (Mrk 2:7). Atau Yesus menghujah Allah, waktu Ia mengampuni dosa, karena Ia sebagai manusia menyamakan diri dengan Allah Bdk.Yoh 5:18; 10:33., atau Ia mengatakan kebenaran dan pribadi-Nya mewakili Allah dan mewahyukan nama Allah Bdk. Yoh 17:6.26..431, 1441, 432
590Hanya jati diri ilahi pribadi Yesus dapat membenarkan tuntutan begitu absolut, seperti yang berikut ini: "Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan" (Mat 12:30), atau ungkapan-ungkapan seperti: "Dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari nabi Yunus... lebih dari Salomo" (Mat 12:41-42), "di sini ada yang melebihi Bait Allah" (Mat 12:6). Atau apabila Ia menghubungkan dengan diri-Nya bahwa Daud menamakan Mesias Tuhannya Bdk. Mat 12:36.37., atau mengatakan: "Sebelum Abraham jadi, Aku ada" (Yoh 8:58), dan malahan: "Aku dan Bapa adalah satu" (Yoh 10:30).253
591Yesus mengajak para pemimpin religius Yerusalem, agar percaya kepada-Nya, karena Ia melaksanakan karya Bapa-Nya Bdk. Yoh 10:36-38.. Akan tetapi, iman semacam ini menuntut suatu kematian bagi diri sendiri supaya, setelah ditarik oleh rahmat ilahi Bdk. Yoh 6:44., bisa "dilahirkan kembali dari atas" (Yoh 3:7). Mengajukan tuntutan pertobatan semacam itu, walaupun janji-janji akan dipenuhi atas cara yang tidak tersangka-sangka Bdk. Yes 53:1., membuat mudah dimengerti bahwa mahkamah agama menjadi korban dari kekeliruan yang tragis, bahwa Yesus adalah seorang penghujah Allah, dan dalam keadaan itu Ia wajar dihukum mati Bdk. Mrk 3:6; Mat 26:64-66.. Para anggotanya bertindak sekaligus karena "ketidak-pahaman" Bdk. Luk 23:34; Kis 3:17-18. dan karena "ketegaran" (Mrk 3:5; Rm 11:25) dalam "ketidak-percayaan" (Rm 11: 20).526, 574


jadi sampai disini kamu belum bisa membuktikan bahwa perkataan Yesus itu lahir dari kesombongan karena tidak ada fakta yang mendukung perkataanmu.. tetapi jika itu pemikiran kamu semata itu sah-sah saja.

Quote:

Allah memang “sombong”, anda tidak bisa membuat Allah lebih rendah atau sama dengan anda. Allah memang lebih hebat dari manusia dan tidak bisa disaingi oleh manusia bahkan manusia wajib menyembahNya.
Bagi orang yang percaya dengan perkataan Yesus, Ia memang berhak untuk mengatakan seperti itu., karena apa yang diucapkannya dibuktikan dengan perbuatanNya.


saya tidak mengerti mengapa anda menggunakan tanda kutip .. itu malah membuat semuanya bias tidak jelas, abu-abu... kalo orang salah mengira maksudnya malah dapat menyesatkan...

kesombongan itu adalah dosa... Allah tidak bisa berbuat dosa karena hakikat ke-Ilahi-annya maka Allah tidak bisa bersatu dengan dosa... manusia yang bisa berbuat dosa.. manusia bisa jatuh dalam kesombongan.

Yesus dalam hakikat sebagai Allah tidak bisa berbuat dosa... dosa adalah maut, dan maut tidak berkuasa atas Diri-Nya. Yesus tidak bisa mengkontradiksikan Diri-Nya dengan dosa, termasuk kesombongan. Itu adalah iman Katolik... ini ada dalam ajaran agama Katolik.

Saya tidak tahu agama-mu.. tetapi jika kamu bukan Katolik bisa kamu tunjukan ajaran agama-mu sebagai referensi dari tulisan kamu di sini ?

Quote:

Yesus fanatik, ya karena Dia bertahan dengan pendirianNya sampai mati.


yang pasti Yesus tidak mungkin berkontradiksi dengan ajaran-Nya. Bisa saja sebagai awam kita mengatakan Yesus fanatik terhadap ajaran-Nya dan itu benar.

Tetapi fanatik juga bisa berkonotasi negatif karena orang fanatik cenderung tidak mau mendengar orang lain bahkan jika salah sekalipun, bahkan berani berbuat dosa sekalipun untuk kefanatikannya.

sehingga menggunakan kata fanatik yang memiliki konotasi ganda kepada Yesus menjadi tidak mungkin. Sekali lagi ini iman Katolik.

nah saya ingin melihat referensi agama anda mengatakan apa yang anda pahami ini.

Quote:

Yesus tidak toleran, Dia berkata "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”
Jika Dia toleran pasti Dia akan mengatakan bahwa ada jalan lain, bisa dengan jalan lain atau boleh dengan jalan lain orang bisa selamat asal percaya kepada Allah.


banyak orang yang tidak percaya kepada-Nya dan tidak mengikuti apa yang dikata-Nya. Kamu sudah diberitahukan mengenai kebenaran, lalu kamu tidak mau mengikutinya karena percaya hal lain itu adalah hak-mu. memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak ia kehendaki adalah dosa.

Perkataan itu bukan bukti Yesus tidak toleran, jika tidak toleran, maka ia bisa meminta para pengikut-Nya menjauhi atau memusuhi bahkan menyakiti orang-orang yang tidak percaya kepada-Nya. Jika Yesus tidak toleran maka Ia pun bisa bertindak terhadap orang lain yang tidak mau mengikuti-Nya.

Toleransi adalah sikap anti diskriminasi.. apakah Yesus membeda-bedakan siapa yang Ia temui dan layani ?


Quote:

Perumpamaan orang Samaria yang baik-hati memperkuat ke-“tidak-toleran”an Yesus .Tafsir dari perumpamaan ini adalah Yesus sendirilah orang Samaria itu yang menyelamatkan manusia yang jatuh dalam dosa, Perintahnya untuk membawa manusia berdosa diselamatkan melalui GerejaNya. (Haydock). Bukan diselamatkan oleh yang lain.


hmm..bisa kamu tunjukan bagian dari komentar Haydock yang kamu singgung ini ?

ini dari haydock

haydock wrote:

....Tetapi menurut pendapat kebanyakan bapak Gereja, maksud dari perumpamaan ini adalah menunjukkan, bahwa setiap orang yang membutuhkan bantuan kita adalah tetangga kita....

....Juruselamat kita di sini memberi tahu para imam Yahudi betapa tidak masuk akalnya perilaku mereka, yang, meskipun dengan sangat cermat melakukan semua tindakan eksternal ke-agama-an, sepenuhnya mengabaikan kesalehan, belas kasihan, dan tugas-tugas penting lainnya. Orang-orang Yahudi memandang rendah orang Samaria sebagai orang jahat dan tidak beragama; tetapi Juruselamat kita di sini memberi tahu mereka bahwa mereka kurang melakukan pekerjaan amal terhadap tetangga mereka daripada orang Samaria tersebut...




Quote:

Anda akan dikatakan toleran jika anda mengatakan agama lain juga bisa membawa manusia ke surga. Tidak harus menjadi Katolik orang bisa masuk surga. Apalagi ditambah embel-embel Yesus tidak beragama Katolik atau surga bukan milik Katolik saja. Bravo! anda toleran sejati.



Tahukah anda sikap anda di forum ini justru merupakan sikap intoleransi terhadap mereka yang percaya Yesus adalah Jalan Kebenaran dan hidup ?

Bagaimana saya tahu sikap anda ini bukan kesombongan karena anda tahu anda berada di forum Katolik yang percaya kepada ajaran Gereja-Nya yang SAtu, Kudus, Katolik dan Apostolik ?

Bagaimana saya tahu sikap anda ini bukan karena fanatisme anda terhadap apa yang anda percayai dan anda gembar gemborkan di sini ?
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 254

PostPosted: Fri, 04-01-2019 7:18 am    Post subject: Reply with quote

Dari Atas

Tidak ada satupun manusia yang tidak pernah bersalah, jika ada yang mengaku dirinya suci tidak pernah bersalah pastilah dia pembohong.
Tidak ada satu manusiapun yang tidak akan mati, jika ada yang mengaku dirinya tidak akan mati dia telah menipu dirinya sendiri.
Manusia sadar bahwa dia akan mati setelah menikmati kesenangan-kesenangan selama hidupnya. Baik dan buruk tidak pasti, tapi kematian sudah pasti kata St. Agustinus.

Kematian adalah sesuatu yang tidak diinginkan manusia, sehingga manusia berusaha untuk mempertahankan hidupnya selama-lamanya. Memperpanjang umur dengan berdoa, makanan sehat vegetarian, olahraga, rutin medical checkup, tapi ini usaha yang sia-sia. Kalau pun bisa berumur panjang itu tidak lebih dari 120 tahun.

Setelah sadar dia pasti akan mati, manusia mulai bertanya kemana atau menjadi apa dia setelah mati.

Banyak sekali pendapat dan ajaran yang didengar manusia, ada yang mengatakan dia menjadi bintang dilangit, menjadi dewa, seperti raja disurga dengan para gundik dan segala kemewahan, akan lahir kembali, reinkarnasi Banyak yang percaya dan dengan segala usaha berusaha untuk masuk kesana, tidak sadar bahwa dirinya tertipu oleh mitos dan tahyul belaka. Dibalik kepercayaan tersebut juga ada maksud tertentu dari pendirinya, salah satunya ada kepercayaan bahwa raja adalah keturunan matahari, dewa. Tapi semua pendirinya mati dan tidak tahu kemana, tidak terbukti dia hidup kembali atau hidup seperti yang digambarkannya disurga.

Orang baik pasti sadar dan mengaku dirinya pernah berdosa, berbuat salah, tidak selalu benar.
Agama yang didirikan oleh manusia berdosa pastilah tidak sempurna, ada cacatnya, ada yang tidak benarnya bahkan mengajak orang kepada kebinasaan.

Dengan akalbudinya yang tulus manusia yang baik mengerti bahwa harus ada jalan yang sempurna untuk bertemu Allah yang sempurna. Jalan itu pasti bukan dari manusia yang bisa salah, tapi dari yang sempurna itu sendiri, yang tidak bisa salah yaitu dari Allah sendiri.

Dari sekian banyak agama, hanya ada satu agama yang pendirinya berani mengatakan :

Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
Aku lah Jalan, Kebenaran, dan Hidup.


Dan pendirinya membuktikannya dengan hidup kembali setelah mati. Tidak seperti pendiri agama yang lain, mati dan tidak pernah hidup lagi.

Mengapa manusia percaya kepada yang lain yang mati dan tidak hidup kembali jika memang mencari jalan yang sempurna dari Allah ?
Atau malahan membuatnya irihati, membencinya dan mengatakan dia sombong, pembohong, penipu dan penghujat Allah ?
Apakah manusia hanya mencari jalan yang sesuai dengan keinginannya yang toleran, tidak sombong dan tidak fanatik.

Atau menerima tapi tidak semua dan dan perlu dimodifikasi agar sesuai dengan dunia. Menyamakan dengan yang dari dunia, yang akhirnya sama saja. Suatu pencarian bohong yang menipu diri sendiri juga menipu orang lain yang diajarnya. Atau mungkin tidak mencari apa-apa hanya keinginan untuk dianggap sebagai selebritis ?


(Bagi yang belum jelas tentang perumpamaan orang Samaria yang baik hati diposting sebelumnya, silahkan baca :
Christ is the Good Samaritan
)
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Sat, 05-01-2019 4:27 pm    Post subject: Reply with quote

Anda menyebut Yesus sombong, ini menunjukkan anda bukan pengikut Kristus atau anda mantan pengikut Kristus ?
Dalam hal agama kebanyakan orang2 ahli taurat pasti mencari-cari kesalahan, salah menggerakkan badan dianggap sombonglah, salah menanggapi karena tidak sepaham dianggap angkuh lah, salah berpikir dianggap kafir lah, dll. Itu salah satu ciri orang yang dikuasai iri dengki yang tidak bisa menerima sesamanya apa adanya. Lihat saja kubu politik pendusta selalu mencari-cari hal-hal yang tidak realita dan selalu memviralkan hal-hal yang mereka buat-buat sendiri bukan, contohnya moment capres ini sudah sangat jelas. Hidup yang lurus2 saja lah kenapa anda selalu mencampuri hidup orang lain dan mencari-cari noda & kesalahan orang lain ?
Inilah dosa yang dilakukan bangsa ini selama ini, anda menganggap bahwa semua ini supaya ingin dianggap selebritis ? Inilah fakta sebenarnya bahwa mereka menjual dan menggosipkan isi pikiran orang yang sudah mereka "kacaukan" sebelum diangkat ke "panggung" supaya mereka bisa menjadikan intrik permainan dalam pikiran korban dijadikan sebagai isu2 agama utk mengangkat karir politik mereka :

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Hosea  4:8Mereka mendapat rezeki dari dosa umat-Ku dan mengharapkan umat-Ku itu berbuat salah.


Apakah hal ini juga serupa dengan apa yang terjadi di luar negeri, dan di luar negeri mereka menamai hal ini dengan remote neural monitoring/gang stalking technology yang memang dibuat utk kepentingan politik para elite. Mereka juga bisa melakukan hal yang sama seperti teknologi luar dengan cara paganisme yaitu memakai Jin utk dimasukkan ke pusat otak, dari situlah isu2 agama itu mereka sebar ke para artis di tv dan masyarakat; toh pendana saracen sampai sekarang juga tidak ada kabarnya. Apa kepentingan anda dengan mencari-cari kesalahan pada rakyat biasa & umat biasa ? Yang mereka fitnah terus-menerus dan dijadikan target isu agama sejak 2011 juga bukan pejabat pemerintah, bukan juga pejabat gereja namun cuma umat biasa dari keluarga biasa.
Kembali ke pertanyaan anda, anda menganggap Yesus adalah orang Samaria itu ? Justru Yesus membenarkan perbuatan orang Samaria tersebut karena Yesus tidak perlu susah2 menolong orang tsb seorang diri, karena orang Samaria itu mencerminkan orang yang takut akan Allah dan menuruti perintahNya di dalam mengasihi sesamanya. Karena orang Samaria tsb melaksanakan apa yang diinginkan oleh Allah dengan menuruti tuntutan hukum taurat.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Galatia  5:14Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!"


Anda seharusnya dapat mengerti kejadian demi kejadian di negeri ini, mereka yang berlaku benar difitnah oleh mereka yang haus kuasa, haus jabatan, dan haus kekayaan. Jadi apakah anda belum menangkap juga kenapa bisa seperti itu ? Zaman Nuh juga seperti itu, begitupun juga pada zaman Abraham & Lot, zaman Musa, zaman Yesus. Semua orang telah hilang kendali dan lebih mudah tertipu dengan hasutan2 yang dibuat-buat oleh penguasa dunia ini, karena sudah jelas bahwa seluruh dunia berada dibawah kuasa si jahat.

1 Yohanes 5:19 (TB) Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.

Yesus hanya menyelamatkan semua manusia yang tidak punya penolong apapun agamanya, karena Dia adalah perpanjangan tangan Allah untuk menyelamatkan mereka yang mengalami ketidak adilan.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
2 Petrus  2:6dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,
2 Petrus  2:7tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, --
2 Petrus  2:8sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa--
2 Petrus  2:9maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,


Ayat pengkotbah dibawah inilah yang menjadi nasib semua manusia diatas muka bumi ini, karena sekarang ini banyak orang ingin mencobai Allah dengan selalu kepo terhadap nasib seseorang di hadapanNya, karena tujuan mereka ingin menjelek-jelekkan nama Yesus dan mereka bermaksud untuk mencari-cari kesalahan terhadap ajaran Yesus dan gerejaNya jika salah satu umatnya binasa maka seolah-olah mereka ingin mengklaim telah berhasil mematahkan ajaran akan adanya keselamatan di dalam Yesus, namun mereka menjadi buta dan semakin bertambah jahat tidak menyadari bahwa merekalah yang sedang ditunggu utk percaya bahwa selama ini orang tersebut diselamatkan oleh karena perbuatan yang Yesus lakukan selama ini. Karena sebetulnya orang yang dipermasalahkan mereka bukanlah nabi seperti yang diisukan mereka namun hanya saksiNya.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Pengkhotbah  9:1Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
Pengkhotbah  9:2Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
Pengkhotbah  9:3Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.
Pengkhotbah  9:4Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
Pengkhotbah  9:5Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
Pengkhotbah  9:6Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  1:4Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
Yohanes  1:5Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
Yohanes  1:6Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
Yohanes  1:7ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
Yohanes  1:8Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.
Yohanes  1:9Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
Yohanes  1:10Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
Yohanes  1:11Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
Yohanes  1:12Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
Yohanes  1:13orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 254

PostPosted: Sat, 26-01-2019 9:47 am    Post subject: Reply with quote

Dosa, Keadilan dan Hukuman

Untuk mengenal dosa, harus terlebih dulu menerima kenyataan bahwa manusia adalah ciptaan dan Tuhan adalah pencipta. Selama anda tidak percaya, anda tidak mengenal apa itu dosa. Dosa adalah menolak cinta Tuhan, memberontak atas perintahNya dan menjauh dariNya.
Dosa telah ada sejak manusia pertama jatuh terpikat bujuk rayu iblis dan menjalar kepada keturunannya sekarang termasuk saya dan anda . Dosa mengakibatkan manusia kehilangan rahmat pengudusan yang diperlukan untuk hidup bersama Tuhan.
Kita sangat mengerti bahwa dunia ini tidak harmonis, penuh dengan kejahatan yang terus berkembang sesuai zaman, ini akibat hilangnya rahmat pengudusan.

Jika anda tertangkap karena berbuat kejahatan dan diadili, hakim tidak akan membebaskan anda sebelum hukuman dijalani atau membayar denda, walaupun anda banyak berbuat baik sebelumnya. Jasa-jasa, ratap tangis dan penyesalan, tidak akan dapat dijadikan alasan untuk pembebasan anda begitu saja.

Begitu juga dengan hukuman akibat dosa, akan ada hukuman di kehidupan yang akan datang. Surga, yang kudus bebas dari kejahatan, tidak dapat menerima manusia yang berdosa, sekecil apapun dosa itu.
Benar sekali Tuhan Maha Pengampun, tapi juga sekaligus Maha Adil. Keadilan Tuhan yang mengakibatkan manusia yang berdosa harus menanggung hukuman dan harus mengganti kerusakan yang terjadi akibat dosanya.

Walaupun anda seorang kaya atau miskin, raja, presiden, professor, philantropis atau seorang pengemis miskin maupun kerabat Uskup anda tetap harus dihukum karena dosa anda. Tuhan tidak dapat di”sogok” dengan kedudukan anda , jasa-jasa, ribuan doa-doa maupun jutaan kurban hewan.
Dosa telah mengibatkan kerusakan hubungan baik dengan Tuhan yang kekal, kerusakan yang kekal. Anda tidak dapat membayar sesusatu yang kekal dengan yang fana.
Jika menurut anda itu bisa, sudah pasti dia bukan Tuhan, tapi berhala ciptaan anda yang tidak adil.

Hukuman setelah mati yang akan anda terima lebih mengerikan dari hukuman di dunia. hukuman kekal, sepanjang masa. Bisa dibayangkan jika anda sakit, depresi atau gelisah, teror dan ketakutan serta cemas sepanjang masa, penyesalan yang tidak henti-hentinya, kekal. Suatu keadaan dimana harapan untuk menjadi baik dan sehat tidak ada sama sekali. Suatu keadaan yang samasekali tidak diinginkan oleh manusia manapun. Sewaktu hidup anda bisa bunuh diri, euthanasia, supaya tidak menderita, tapi setelah mati anda tidak dapat membunuh jiwa anda, jiwa anda immortal.


Pembebasan

Bagaimana anda bisa bebas dari hukuman kekal itu ?
Satu-satunya cara adalah hukuman dosa anda yang kekal harus ditebus dan tebusannya haruslah yang kekal. Sudah pasti bukan berasal dari dunia yang fana.

Hanya ada satu agama yang pendirinya mengatakan :

“Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang "

Dia lah Yesus, pendiri agama Kristen yang menebus hukuman dosa-dosa manusia dengan sengsara dan kematianNya.
Dari peristiwa kelahiranNya sampai kepada kebangkitanNya yang ajaib, membuktikan bahwa Dia memang berasal dari atas dan kekal. Dia menghidupkan orang mati dan Dia sendiri bangkit dari mati, kematian dikalahkanNya. Inilah yang sempurna dan kekal itu, tebusanNya adalah kekal sepadan dengan hukuman dosa anda yang kekal.

Pendiri agama yang lain tidak ada yang seperti ini, malahan manusia lain yang dikorbankan untuk kepentingan dirinya. Mereka mati dikubur tidak bangkit lagi, dimana bukti dari ajarannya tentang hidup abadi ?
Jika ada A yang mengatakan bahwa dengan mengikuti ajarannya anda bisa hidup kekal, tapi dia sendiri mati tidak hidup lagi. Dan B yang mengatakan dengan mengikuti dia anda bisa hidup kekal dan dia hidup lagi dari mati. Siapa yang anda percayai dan ikuti ?

Maukah anda ditebus oleh Yesus ?

Atau menolak untuk ditebus dan yakin dapat mempertanggung jawabkan dosa-dosa anda yang sudah pasti akan mendapat hukuman kekal ? Anda menolak hanya karena mendengar berita bahwa dia bukan Tuhan ? Menolak karena mendengar berita bahwa Injil dipalsukan ? Menolak karena mendengar berita bahwa agama Kristen adalah agama penjajah ? Mengapa anda ikut-ikutan percaya dengan berita itu tanpa meneliti kebenarannya ? Mengapa yang lain percaya anda tidak ?
Ingatlah Tuhan Mahaadil tidak akan membiarkan anda bebas tanpa mendapat hukuman dari dosa anda, sebelum anda membayarnya dengan tebusan yang kekal.

Atau anda mengaku menerima tapi mengajarkan semua agama sama saja yang berarti tidak perlu penebusan Yesus. Mengaku menerima tapi mengajarkan semua agama diciptakan Tuhan dan diberikan rahmat, rahmat pengudusan tanpa penebusan ?
Sadarlah dan ingatlah apa yang dikatakanNya : “Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.”

Kematian bisa datang tiba-tiba, belajarlah dari peristiwa-peristiwa kecelakaan dan bencana yang terjadi, serangan jantung yang mendadak dll.
Mungkin anda berpikir untung bukan saya yang terkena musibah itu. Mengapa anda tidak berpikir juga bahwa mereka yang terkena musibah juga berpikir sama dengan anda sebelumnya ?


Penutup

Tuhan yang MahaPengasih dan Penyayang, tanpa menghilangkan ke MahaAdilaan Nya, tidak ingin manusia mendapatkan hukuman kekal, Dia memberikan jalan keluar agar manusia yang berdosa dapat hidup bersamaNya selamanya.

Yesus datang memang untuk anda dan saya orang berdosa agar manusia mendapatkan kembali rahmat pengudusan yang telah hilang. Tidak ada jalan lain untuk bebas dari hukuman, yang diperlukan adalah bertobat, menerima Yesus dan mengikuti Dia. Tidak ada pertobatan setelah kematian, yang ada adalah penyesalan abadi.

Agama Kristen tidak sama dengan agama lain, sangat berbeda. Tidak ada agama lain yang mengajarkan penebusan dosa oleh Tuhan sendiri. Jika masih ada orang Kristen yang mengatakan semua agama sama saja, mungkin dia kurang diajar, kurang waras atau sedang kerasukan iblis.
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Thu, 31-01-2019 4:35 am    Post subject: Reply with quote

Inilah dasar dimana Yesus & Allah Bapa tidak membeda2kan orang & agama. Karena telah nyata bahwa tidak ada seorangpun yang hidup benar. Itulah kenapa Yesus mengangkat 12 murid sebagai perwakilan dari ke12 suku israel keturunan Nuh yang memenuhi seluruh bumi.
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Keluaran  24:4Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  19:28Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.


Dan inilah dasar injil dimana Allah melalui putraNya Yesus menebus seluruh umat manusia. Dimana karya penebusanNya memberikan jalan atas turunnya Roh Kudus atas semua manusia bagi yang segenap hati mencariNya.
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Roma  2:9Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani,
Roma  2:10tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.
Roma  2:11Sebab Allah tidak memandang bulu.
Roma  2:12Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
Roma  2:13Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
Roma  2:14Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
Roma  2:15Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Roma  2:25Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.
Roma  2:26Jadi jika orang yang tak bersunat memperhatikan tuntutan-tuntutan hukum Taurat, tidakkah ia dianggap sama dengan orang yang telah disunat?
Roma  2:27Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.
Roma  2:28Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.
Roma  2:29Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Kisah Para Rasul  10:28Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.
Kisah Para Rasul  10:29Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku."
Kisah Para Rasul  10:30Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan
Kisah Para Rasul  10:31dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya.
Kisah Para Rasul  10:32Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut.
Kisah Para Rasul  10:33Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu."
Kisah Para Rasul  10:34Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
Kisah Para Rasul  10:35Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.
Kisah Para Rasul  10:36Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.
Kisah Para Rasul  10:37Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes,
Kisah Para Rasul  10:38yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.
Kisah Para Rasul  10:39Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.
Kisah Para Rasul  10:40Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
Kisah Para Rasul  10:41bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.
Kisah Para Rasul  10:42Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.
Kisah Para Rasul  10:43Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."
Kisah Para Rasul  10:44Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.
Kisah Para Rasul  10:45Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,
Kisah Para Rasul  10:46sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
Kisah Para Rasul  10:47"Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"
Kisah Para Rasul  10:48Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Roma  10:20Dan dengan berani Yesaya mengatakan: "Aku telah berkenan ditemukan mereka yang tidak mencari Aku, Aku telah menampakkan diri kepada mereka yang tidak menanyakan Aku."


Itulah kenapa Yesus berkata telah selesai saat sebelum wafat disalib, karena sebetulnya pekerjaanNya utk melindungi umat manusia telah diselesaikanNya bagi semua yang percaya dalam nama Tuhan Allah. Dan disaat ini Dia ingin mewartakan bahwa segala berkat rohani yang ada dibumi semua berasal dari Yesus.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17