FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Perjanjian Pra Pernikahan (Pre-Nup) vs Pernikahan Katolik    
Goto page: Previous

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
njegadul_asli



Joined: 20 Jan 2006
Posts: 330
Location: Jakarta

PostPosted: Thu, 21-06-2018 11:22 am    Post subject: Reply with quote

Klo saya lihat, materi Pre Nup tidak usah dijadikan sebagai pedoman untuk menikah secara Katolik. Kita ambil yang sesuai dan berkaitan dengan prinsip2 pernikahan Katolik saja, selain dari hal - hal itu, anggap aja sebagai pengetahuan kita untuk membedakan kekhasan Pernikahan Katolik dgn yg bukan.
_________________
Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.
Konjuk ing Asma Dalem Allah Hyang Rama saha Hyang Putra tuwin Hyang Roh Suci. Amin.
In nomine Patris et Filii et Spiritus Sanctii. Amen.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
Benedictus XVI



Joined: 30 Nov 2010
Posts: 424

PostPosted: Thu, 21-06-2018 12:06 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Klo saya lihat, materi Pre Nup tidak usah dijadikan sebagai pedoman untuk menikah secara Katolik. Kita ambil yang sesuai dan berkaitan dengan prinsip2 pernikahan Katolik saja, selain dari hal - hal itu, anggap aja sebagai pengetahuan kita untuk membedakan kekhasan Pernikahan Katolik dgn yg bukan.


Sangat setuju !!

Majalahnya itu ada dalam materi KPP dalam sesi MERT (Manajemen Ekonomi Rumah Tangga) dan menurut fasilitator MERT sendiri dari yang saya ketahui:

1. Pre Nup "dianggap" bukan sesuatu yang buruk dan boleh2 saja jika salah satu dari pasangan mempunyai Usaha dengan resiko tinggi, sehingga akan membahayakan 'keharmonisan' rumah tangga jika terkena resiko, maka Pre Nup untuk kasus ini DIPERBOLEHKAN meskipun TIDAK DISARANKAN.

2. Prenup tidak diperkenankan dalam kerangka "harta gue ya harta gue, harta lu ya harta lu"....atau "harta gue ya punya gue, harta lu milik sama2".

==============
Aku sdh pernah ikut KPP di KASRI (Keuskupan Agung Samarinda) dan dalam sesi Manajemen Ekonomi RT tdk ada materi khusus yg membahas ttg pre nup. Lha sekarang di Paroki di KAJ kok malah ada; apakah itu sifatnya diskresi ? Kalau iya, apa alasan yg melatarbelakangi itu. Seakan -akan kok mengabaikan sifat perkawinan Katolik yg tak terceraikan dgn tujuan utamanya adalah ikut serta dalam karya keselamatan Allah , bukan hanya keturunan, apalagi materi gono-gini; sesuai salah satunya dgn KGK sbb :


KGK 1534, Dua Sakramen yang lain, Tahbisan dan Perkawinan, diarahkan kepada keselamatan orang lain. Oleh pelayanan kepada orang lain mereka juga memberi sumbangan untuk keselamatan diri sendiri. Mereka memberikan satu perutusan khusus di dalam Gereja dan berguna untuk pembangunan umat Allah


Kalau informasi materi pre nup di KPP itu benar adanya; maka baru kali ini aku dengar dan sungguh sangat menyedihkan.


Banyak sekali umat yg selalu menutupi keburukan kebijakan Gereja di Indonesia yg kalau diunggah di medsos akan bisa menjadikan polemik yg negatif. dgn alasan macam-macam padahal hal ini termasuk katekese yg baik, sesuai dgn harapan Bapa Suci ttg bgm kita bijak utk menggunakan medsos. Aku pribadi sangat jengkel dgn umat yg sdh alergi dan menolak mentah-mentah katekese di medsos. Alasanku bhw tdk semua umat bila ada info yg urgent umat harus tahu bisa dgn mudah disampaikan di internal Gereja. Boro-boro disosialisasikan diinfokan saja malas atau ada rasa tdk enak dll dsb dst
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1389
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Thu, 21-06-2018 6:38 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Aku sdh pernah ikut KPP di KASRI (Keuskupan Agung Samarinda) dan dalam sesi Manajemen Ekonomi RT tdk ada materi khusus yg membahas ttg pre nup. Lha sekarang di Paroki di KAJ kok malah ada; apakah itu sifatnya diskresi ? Kalau iya, apa alasan yg melatarbelakangi itu. Seakan -akan kok mengabaikan sifat perkawinan Katolik yg tak terceraikan dgn tujuan utamanya adalah ikut serta dalam karya keselamatan Allah , bukan hanya keturunan, apalagi materi gono-gini; sesuai salah satunya dgn KGK sbb :

Sebenarnya, jika MERT di KPP merasa perlu memasukkan materi tentang Pre nup ya gak apa2...imo yah...karena kan memang ada yang namanya Pre-Nup yang dilakukan orang2 dalam menikah...adanya materi ini SEHARUSNYA bukan masalah..karena pasangan katolik jg perlu diberikan pengetahuan kalau Prenup tidak diperkenankan dan bertentangan dengan prinsip pernikahan katolik.

yang sangat mengganggu adalah....materi pre nup yang disertai dengan pendampingan Tim Lawyer dalam KPP untuk pasutri yang ingin melakukan prenup...yang artinya adalah 'dukungan' terhadap prenup ini di satu paroki di satu gereja di jkt..(paroki lain saya gak tau..ini info dari teman yang pernah kpp di sana).

fasilitator MERT yang saya ajak bicara tentang Prenup pun tidak berani tegas menyatakan prenup itu tidak sesuai dengan prinsip pernikahan katolik...hanya bilang "TIDAK DISARANKAN".

ya begitulah.
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
little girl



Joined: 10 Oct 2006
Posts: 1434
Location: Surabaya

PostPosted: Wed, 23-01-2019 10:44 am    Post subject: Reply with quote

Setahuku dulu si Athan blg kl sampai sang Romo tahu ada perjanjian pisah harta di awal sblm terjadi pemberkatan kan bisa jadi dibatalkan (alias sang Romo boleh menolak menikahkan).
Permasalahannya sekarang yg terjadi (ini contoh kasus ya)
Ada pasangan suami istri, sama2 bekerja.
Si istri menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Lalu si istri karena kedudukannya yg cukup tinggi dipinjam nama dan dijadikan direktur. Nah, karena direksi itu memiliki prosentase saham (walaupun kecil), spy harta sang suami gak terbawa bila terjadi sesuatu, maka si istri diminta oleh perusahaan untuk membuat surat pisah harta.

Nah, kl gini gimana ?

Jadi surat pisah harta itu bukan dimaksudkan untuk meninggalkan pasangan dlm kondisi tidak berharta, tapi spy aset pribadi tidak tercampur dengan aset perusahaan.

Any comment ?
_________________
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Filipi  1:21Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous
Page 2 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17