FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Mengapa Dogma EENS Sulit Diterima?    
Goto page: Previous

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1389
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Fri, 02-02-2018 7:19 am    Post subject: Reply with quote

stuzi wrote:
Semua agama itu sama dan masing masing juga memiliki syahadat, seperti banyak sungai akhirnya bermuara ke laut

semua agama memiliki syahadat..tapi isi syahadatnya beda2...ibarat kata semua orang pegang peta, tapi jalan yang ditunjuk beda2...gimana cara bisa sampai ke laut yang sama? mungkin aja ada yang ke jurang-ke selokan atau bahkan arah lain yang tidak mengarah ke laut yang sama.


Muhammad bilang Yesus tersalib adalah palsu
Kristen bilang Yesus tersalib adalah asli
Bahkan anak sulung antara ismael dan ishak saja sudah gak sepaham:P gimana yang lain Malaikat kok bisa ngarah ke laut yang sama?

stuzi wrote:
kenapa ada EENS (untuk Katholik), karena semua agama berusaha punya umat sebanyak mungkin, dan itu bisnis ... banyak umat = banyak sumbangan = banyak income

begitu juga di agama sebelah

itulah sebabnya agama terus dibawa ke ranah hubungan horizontal dan (kalau bisa) politik, karena didalamnya terkandung nilai materi

Coba seluruh umat berhenti memberikan donasi, sumbangan, santunan atau apapun namanya... ingin lihat berapa lama agama bertahan, walau katanya Tuhan Maha Kuasa toh tidak akan memberi uang atau benda berharga langsung jatuh dari langit kan ?

EENS ada sejak jaman 'non materi' dan bersumber dari omongan Kristus sendiri, Apa Yesus ngomong EENS supaya pengikutnya memberi uang kepadanya?
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
stuzi



Joined: 27 May 2015
Posts: 171

PostPosted: Sun, 11-02-2018 11:02 pm    Post subject: Reply with quote

maruko_lien wrote:
stuzi wrote:
Semua agama itu sama dan masing masing juga memiliki syahadat, seperti banyak sungai akhirnya bermuara ke laut

semua agama memiliki syahadat..tapi isi syahadatnya beda2...ibarat kata semua orang pegang peta, tapi jalan yang ditunjuk beda2...gimana cara bisa sampai ke laut yang sama? mungkin aja ada yang ke jurang-ke selokan atau bahkan arah lain yang tidak mengarah ke laut yang sama.


Muhammad bilang Yesus tersalib adalah palsu
Kristen bilang Yesus tersalib adalah asli
Bahkan anak sulung antara ismael dan ishak saja sudah gak sepaham:P gimana yang lain Malaikat kok bisa ngarah ke laut yang sama?

stuzi wrote:
kenapa ada EENS (untuk Katholik), karena semua agama berusaha punya umat sebanyak mungkin, dan itu bisnis ... banyak umat = banyak sumbangan = banyak income

begitu juga di agama sebelah

itulah sebabnya agama terus dibawa ke ranah hubungan horizontal dan (kalau bisa) politik, karena didalamnya terkandung nilai materi

Coba seluruh umat berhenti memberikan donasi, sumbangan, santunan atau apapun namanya... ingin lihat berapa lama agama bertahan, walau katanya Tuhan Maha Kuasa toh tidak akan memberi uang atau benda berharga langsung jatuh dari langit kan ?

EENS ada sejak jaman 'non materi' dan bersumber dari omongan Kristus sendiri, Apa Yesus ngomong EENS supaya pengikutnya memberi uang kepadanya?


punten

Memang jaman awal masehi = jaman awal adanya agama katholik = jaman non materi ? mengacu pada kata kata >> EENS ada sejak jaman 'non materi'

Ya memang fakta bahwa agama membutuhkan pengikut atau umat dan salah satu tujuannya adalah materi = uang... itu berlaku universal di semua agama

jualannya ya sama semua >> surga

==> memang ada laut yang tidak sama ? yang airnya terpisah sama sekali dan tidak tercampur satu dengan lainnya ? kecuali laut mati kali ya...

memang air laut dari samudra atlantik tidak akan pernah ketemu dengan air laut dari samudra pacific ..? bisa dibuktikan ..? eh ini butir air laut pacific, ini atlantik, ini adriatik, ini laut jawa, ini samudra hindia ... memangnya si air laut tidak bergerak ?
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3739

PostPosted: Mon, 12-02-2018 12:14 pm    Post subject: Reply with quote

stuzi wrote:
maruko_lien wrote:
stuzi wrote:
Semua agama itu sama dan masing masing juga memiliki syahadat, seperti banyak sungai akhirnya bermuara ke laut

semua agama memiliki syahadat..tapi isi syahadatnya beda2...ibarat kata semua orang pegang peta, tapi jalan yang ditunjuk beda2...gimana cara bisa sampai ke laut yang sama? mungkin aja ada yang ke jurang-ke selokan atau bahkan arah lain yang tidak mengarah ke laut yang sama.


Muhammad bilang Yesus tersalib adalah palsu
Kristen bilang Yesus tersalib adalah asli
Bahkan anak sulung antara ismael dan ishak saja sudah gak sepaham:P gimana yang lain Malaikat kok bisa ngarah ke laut yang sama?

stuzi wrote:
kenapa ada EENS (untuk Katholik), karena semua agama berusaha punya umat sebanyak mungkin, dan itu bisnis ... banyak umat = banyak sumbangan = banyak income

begitu juga di agama sebelah

itulah sebabnya agama terus dibawa ke ranah hubungan horizontal dan (kalau bisa) politik, karena didalamnya terkandung nilai materi

Coba seluruh umat berhenti memberikan donasi, sumbangan, santunan atau apapun namanya... ingin lihat berapa lama agama bertahan, walau katanya Tuhan Maha Kuasa toh tidak akan memberi uang atau benda berharga langsung jatuh dari langit kan ?

EENS ada sejak jaman 'non materi' dan bersumber dari omongan Kristus sendiri, Apa Yesus ngomong EENS supaya pengikutnya memberi uang kepadanya?


punten

Memang jaman awal masehi = jaman awal adanya agama katholik = jaman non materi ? mengacu pada kata kata >> EENS ada sejak jaman 'non materi'

Ya memang fakta bahwa agama membutuhkan pengikut atau umat dan salah satu tujuannya adalah materi = uang... itu berlaku universal di semua agama

jualannya ya sama semua >> surga

==> memang ada laut yang tidak sama ? yang airnya terpisah sama sekali dan tidak tercampur satu dengan lainnya ? kecuali laut mati kali ya...

memang air laut dari samudra atlantik tidak akan pernah ketemu dengan air laut dari samudra pacific ..? bisa dibuktikan ..? eh ini butir air laut pacific, ini atlantik, ini adriatik, ini laut jawa, ini samudra hindia ... memangnya si air laut tidak bergerak ?


Bro bro, analoginya tentang peta, bukan tentang laut. Coba di baca baik-baik.

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
stuzi



Joined: 27 May 2015
Posts: 171

PostPosted: Tue, 20-02-2018 1:05 am    Post subject: Reply with quote

Stanley wrote:


Bro bro, analoginya tentang peta, bukan tentang laut. Coba di baca baik-baik.

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?


Sungai bermuara ke laut, bahwa tidak semua butir air sampai ke laut, ada yang nyasar jadi kuah bakmi dan lain lain ya wajar, tapi inti bahwa semua menuju ke satu titik yang sama itulah yang kumaksud
Quote:


Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?


itulah lihai nya... tidak perlu dicantumkan tetapi dibudayakan terus bahwa menerus tanpa banyak orang yang mau sedikit berpikir berjalannya semua organisasi agama (termasuk gereja) membutuhkan uang... sehingga jumlah umat menjadi signifikan dibutuhkan...

Tanpa disadari, budaya merasa malu, tidak pantas, membuat tidak comfortable saat kotak persembahan di edarkan dan tidak ikut mengisi menjadi senjata yang lebih efektif daripada harus dicantumkan secara tertulis

BTW apalagi kayak sekarang dalam masa prapaskah... uh.... soal sumbangan sumbangan paskah jadi penting banget....
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3739

PostPosted: Tue, 20-02-2018 11:37 am    Post subject: Reply with quote

stuzi wrote:
Stanley wrote:


Bro bro, analoginya tentang peta, bukan tentang laut. Coba di baca baik-baik.

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?


Sungai bermuara ke laut, bahwa tidak semua butir air sampai ke laut, ada yang nyasar jadi kuah bakmi dan lain lain ya wajar, tapi inti bahwa semua menuju ke satu titik yang sama itulah yang kumaksud



Bro, sekali lagi, analogi nya tentang peta, bukan tentang sungai, bukan tentang air. Simple saja kok di buat repot. Kalau masih belum paham, saya bantu jelaskan.

Peta A mengatakan berjalanlah 500 meter ke utara, kamu akan bertemu dengan laut.

Peta B mengatakan berjalanlah 500 meter ke selatan, kamu akan bertemu dengan laut.

Dan kamu tahu bahwa di dekatmu memang ada laut dan ada juga gunung, maka peluang mu untuk mendapatkan kebenaran di kasus ini adalah 50:50. Kalau begitu, kamu harus berpikir, peta mana yang benar?

Sebenarnya membedah analogi itu bukan hal yang perlu di lakukan, karena analogi apapun itu ga akan sempurna, namanya juga analogi. Tapi klo mengomentari analogi di luar konteksnya, itu akan terasa aneh, maka dari itu terpaksa saya bantu membedah analogi itu untukmu.
Quote:

Quote:

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?



itulah lihai nya... tidak perlu dicantumkan tetapi dibudayakan terus bahwa menerus tanpa banyak orang yang mau sedikit berpikir berjalannya semua organisasi agama (termasuk gereja) membutuhkan uang... sehingga jumlah umat menjadi signifikan dibutuhkan...

Tanpa disadari, budaya merasa malu, tidak pantas, membuat tidak comfortable saat kotak persembahan di edarkan dan tidak ikut mengisi menjadi senjata yang lebih efektif daripada harus dicantumkan secara tertulis

BTW apalagi kayak sekarang dalam masa prapaskah... uh.... soal sumbangan sumbangan paskah jadi penting banget....


Jadi, tidak ada bukti atas tuduhanmu bahwa Yesus meminta orang memberikan persembahan kepada Dia?
_________________
This is Spartaaa!


Last edited by Stanley on Tue, 20-02-2018 11:38 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
stuzi



Joined: 27 May 2015
Posts: 171

PostPosted: Tue, 20-02-2018 9:52 pm    Post subject: Reply with quote

Stanley wrote:


Bro bro, analoginya tentang peta, bukan tentang laut. Coba di baca baik-baik.

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?


Sungai bermuara ke laut, bahwa tidak semua butir air sampai ke laut, ada yang nyasar jadi kuah bakmi dan lain lain ya wajar, tapi inti bahwa semua menuju ke satu titik yang sama itulah yang kumaksud

[/quote]

Wah... nampaknya analogi nya anda salah tangkap om..

EENS >> Mengklaim tidak ada keselamatan diluar gereja katholik

arogan sekali kan

>> Namun demikian kita menyadari bahwa Gereja, sebagai Tubuh mistik Kristus – diperlukan untuk keselamatan, karena persatuannya dengan Kristus. Oleh karena itu, bagi orang yang mengetahui bahwa Gereja Katolik didirikan oleh Kristus dan diperlukan untuk keselamatan, namun tidak mau masuk atau tinggal di dalamnya, maka ia tidak dapat diselamatkan (lih. KGK 846; bdk. LG 14).

Jadi agama lain tidak dianggap ...

Dan aku tetap berkeyakinan agama itu seperti anak sungai... (BUKAN PETA) banyak jalur namun semua akan bermuara ke laut, anak sungai kecil ketemu yang lebih besar lalu ketemu dan menyatu yang lebih besar lagi akhirnya ke laut

DAN TIDAK MUNGKIN DIDUNIA SUNGAI CUMA SATU ... masa sungai Musi ketemu sungai amazone kan ga mungkin, tapi apakah air dari sungai tidak mungkin ketemu air dari sungai amazone ?? bisa saja kan ?? wong akhirnya menyatu di lautan ... walau yang satu muaranya ke samudra atlantik yang satunya ke selat bangka

faham kan ??

jadi analogi peta itu salah ... banyak agama ..tujuan akhirnya ya satu... dan akan bertemu juga akhirnya... jadi tidak ada agama yang lebih baik dari yang lain, semua sama baik.

HANYA untuk mendapatkan umat sebanyak banyaknya dikeluarkanlah ;

“Berdasarkan Kitab Suci dan Tradisi, konsili mengajarkan, bahwa Gereja yang sedang mengembara ini perlu untuk keselamatan. Sebab hanya satulah Pengantara dan jalan keselamatan, yakni Kristus. Ia hadir bagi kita dalam Tubuh-Nya, yakni Gereja. Dengan jelas-jelas menegaskan perlunya iman dan baptis, Kristus sekaligus menegaskan perlunya Gereja, yang dimasuki orang melalui baptis bagaikan pintunya. Maka dari itu andaikata ada orang, yang benar-benar tahu, bahwa Gereja Katolik itu didirikan oleh Allah melalui Yesus Kristus sebagai upaya yang perlu, namun tidak mau masuk ke dalamnya atau tetap tinggal di dalamnya, ia tidak dapat diselamatkan” (Lumen Gentium 14).


Karena banyaknya umat = banyaknya income

Clear ?

Quote:

Jadi, tidak ada bukti atas tuduhanmu bahwa Yesus meminta orang memberikan persembahan kepada Dia?


Aku mengatakan gereja dan agama sebagai jualan untuk income dan sebagai bisnis ... bahwa disebut dan diserahkan sebagai 'persembahan' ya itu tehnisnya saja

saat bill gates meng create microsoft dan berjalan, pemikirannya kan juga sama, sebanyak mungkin semua pakai microsoft dan beli software originalnya... kalau beli yang bajakan akan bermasalah... (padahal ada yang lain dll... tapi semua berusaha meyakinkan agar dipakai sebanyak mungkin manusia) sama kan..?


Last edited by stuzi on Tue, 20-02-2018 9:53 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3739

PostPosted: Thu, 22-02-2018 9:40 am    Post subject: Reply with quote

stuzi wrote:
Stanley wrote:


Bro bro, analoginya tentang peta, bukan tentang laut. Coba di baca baik-baik.

Anyway, bisa tunjukkan dimana kalimat di alkitab, bahwa Yesus meminta supaya orang memberi kepada dia persembahan uang?


Sungai bermuara ke laut, bahwa tidak semua butir air sampai ke laut, ada yang nyasar jadi kuah bakmi dan lain lain ya wajar, tapi inti bahwa semua menuju ke satu titik yang sama itulah yang kumaksud


Wah... nampaknya analogi nya anda salah tangkap om..

EENS >> Mengklaim tidak ada keselamatan diluar gereja katholik

arogan sekali kan

>> Namun demikian kita menyadari bahwa Gereja, sebagai Tubuh mistik Kristus – diperlukan untuk keselamatan, karena persatuannya dengan Kristus. Oleh karena itu, bagi orang yang mengetahui bahwa Gereja Katolik didirikan oleh Kristus dan diperlukan untuk keselamatan, namun tidak mau masuk atau tinggal di dalamnya, maka ia tidak dapat diselamatkan (lih. KGK 846; bdk. LG 14).

Jadi agama lain tidak dianggap ...

Bro, engkau mengutip LG, namun sayangnya belum lengkap membaca LG. Itu baru LG 14 yang engkau baca, dan itu memang ditujukan untuk semua umat katolik. Untuk kalangan internal, ya jelas agama lain ga di bahas di paragraf itu.

Coba lah, lanjutkan dengan LG 15 dan 16. Dan setelah itu darimana mungkin kamu katakan bahwa agama lain tidak dianggap oleh Gereja Katolik?

Quote:



Dan aku tetap berkeyakinan agama itu seperti anak sungai... (BUKAN PETA) banyak jalur namun semua akan bermuara ke laut, anak sungai kecil ketemu yang lebih besar lalu ketemu dan menyatu yang lebih besar lagi akhirnya ke laut

DAN TIDAK MUNGKIN DIDUNIA SUNGAI CUMA SATU ... masa sungai Musi ketemu sungai amazone kan ga mungkin, tapi apakah air dari sungai tidak mungkin ketemu air dari sungai amazone ?? bisa saja kan ?? wong akhirnya menyatu di lautan ... walau yang satu muaranya ke samudra atlantik yang satunya ke selat bangka

faham kan ??

jadi analogi peta itu salah ... banyak agama ..tujuan akhirnya ya satu... dan akan bertemu juga akhirnya... jadi tidak ada agama yang lebih baik dari yang lain, semua sama baik.


Bro, dirimu kontradiksi.

Sebenarnya opinimu itu yang mana sih:

A) Semua agama itu sama baik
atau
B) Semua agama itu sama tidak baik

Yang mana?

Dan berdebat mengenai analogi, ini paling ga masuk akal.

Katakanlah begini, hanya ada 1 arah menuju Utara, anda setuju atau tidak?


Quote:


HANYA untuk mendapatkan umat sebanyak banyaknya dikeluarkanlah ;

“Berdasarkan Kitab Suci dan Tradisi, konsili mengajarkan, bahwa Gereja yang sedang mengembara ini perlu untuk keselamatan. Sebab hanya satulah Pengantara dan jalan keselamatan, yakni Kristus. Ia hadir bagi kita dalam Tubuh-Nya, yakni Gereja. Dengan jelas-jelas menegaskan perlunya iman dan baptis, Kristus sekaligus menegaskan perlunya Gereja, yang dimasuki orang melalui baptis bagaikan pintunya. Maka dari itu andaikata ada orang, yang benar-benar tahu, bahwa Gereja Katolik itu didirikan oleh Allah melalui Yesus Kristus sebagai upaya yang perlu, namun tidak mau masuk ke dalamnya atau tetap tinggal di dalamnya, ia tidak dapat diselamatkan” (Lumen Gentium 14).


Karena banyaknya umat = banyaknya income

Clear ?


Not clear.

Karena kamu menyimpulkan apa yang keluar dari dalam hatimu sendiri, tidak dari apa yang kamu kutip. Yang kamu kutip, secara implisit maupun eksplisit tidak pernah mengatakan bahwa banyak umat = banyak income.

Quote:


Quote:

Jadi, tidak ada bukti atas tuduhanmu bahwa Yesus meminta orang memberikan persembahan kepada Dia?


Aku mengatakan gereja dan agama sebagai jualan untuk income dan sebagai bisnis ... bahwa disebut dan diserahkan sebagai 'persembahan' ya itu tehnisnya saja

saat bill gates meng create microsoft dan berjalan, pemikirannya kan juga sama, sebanyak mungkin semua pakai microsoft dan beli software originalnya... kalau beli yang bajakan akan bermasalah... (padahal ada yang lain dll... tapi semua berusaha meyakinkan agar dipakai sebanyak mungkin manusia) sama kan..?


Sekali lagi, jadi tidak ada bukti atas tuduhanmu bahwa Yesus meminta orang untuk memberikan uang, atau/dan income, atau/dan persembahan, kepada Dia kan?

Kalau ada bukti, tunjukkan!

Kalau tidak ada, maka perhatikan baik-baik kalimat saya ini: Mungkin (hanya mungkin) benar ada agama yang didirikan untuk tujuan bisnis seperti kata-katamu. Tapi kamu harus mengakui bahwa ada setidaknya ada satu agama, yang didirikan oleh Yesus Kristus, yang tidak memiliki tujuan bisnis.

Terima kasih.
_________________
This is Spartaaa!


Last edited by Stanley on Thu, 22-02-2018 9:41 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 254

PostPosted: Fri, 30-11-2018 10:34 am    Post subject: Reply with quote

Kembali ke pertanyaan:

Mengapa Dogma EENS Sulit Diterima?


Jawabanya tidak lain adalah, karena dogma ini pahit rasanya, bakalan banyak musuh, sengsara, tidak nyaman.

Mayoritas orang tidak suka yang pahit, lebih suka yang manis-manis.

Anak kecil kalo minum obat pahit selalu menolak jadi terpaksa dicekokin supaya sembuh. Setelah besar dia pasti berani minum obat pahit.
Jadi "cekokin"lah anakmu dengan ajaran EENS selagi kecil sebelum orang lain mencekokinnya dgn ajaran lain, don't be late.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous
Page 3 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17