Select messages from #  through #      FAQ

Sekolah Katolik = sekolah mahal ???
Goto page: Previous Next
 FULL PAGE

Akademi Kontra Indiferentisme -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera

#41    Author: Gus Dur    Post Posted: Sat, 14-10-2006 12:48 pm

Untuk Sdr. Athanasios, only short comment: Setujuuu! Untuk miss Little Girl dan cclia1227, saya rasa permasalahan pengelolaan keuangan yayasan pendidikan Katholik yang tidak transparan dan tidak profesional, menjadi jelas disini. Anda bertanya, kalau suster punya rekening pribadi dengan jumlah sebanyak itu, memangnya kenapa? Toh tidak buat lifestyle kan? Mereka juga tidak pny anak kan? Hmmm... coba Anda pikir sendiri. Andaikatalah Anda seorang suster biasa, mungkin punya rekening pribadi nilainya 5 juta aja sudah paling gede. Lantas Anda dipercaya jadi Ketua Yayasan, dalam waktu singkat saldo rekening Anda sudah 100 juta. Mungkin Anda berdalih dana itu milik yayasan yang "numpang parkir" di rekening Anda untuk keperluan sesuatu. Terlepas Anda jujur atau tidak, dari situ kan sudah kelihatan tidak profesionalnya pengelolaan keuangan yayasan kan? Secara tidak sadar Anda juga korupsi lho. Bunga rekening beberapa ratus ribu yang harusnya masuk rekening yayasan, otomatis masuk rekening Anda kan?
Terakhir untuk semua, saya tekankan bahwa kritik ini tidak ditujukan kepada semua yayasan pendidikan Katolik. Tapi berdasarkan sharing dengan beberapa guru Katholik, saya yakini ada yang tidak beres dengan pengelolaan keuangan beberapa yayasan tsb. Ujung-ujungnya, misinya jadi cenderung lebih pada "pelayanan pendidikan komersial".

#42    Author: Yosaphat  Location: Zogzakarta  Post Posted: Tue, 18-09-2007 9:01 am

salam....

pakde, budhe, paklek, bulek ........
klo menurut saya....mahal apa gak tuh relatif
sejak tk sampai smp (bogor) plus kuliah (yogya) saya di sekolah katolik....sma di negeri (bogor juga), klo mahal jelas memang mahal di swasta tapi itu semua terbayar...maksud saya apabila di banding dengan fasilitas yang ada swasta katolik jaaaaauuuuh lebih baik dibanding sekolah negeri...hasil lulusan pun saya kira seimbang
catatan khusus pas waktu kuliah..saya kuliah di sebuah universitas Katolik yogya (UAJY) angkatan 99 jurusan ekonomi Akuntasi kena biaya waktu masuk 4.2 juta sudah semuanya (gak ada embel2 dana buat praktikum atau komputer atau ujian) and bisa dicicil 3 kali plus 3 kali perpanjangan
menurut rekan2 sekalian mahal ga?
masalah pengelolaan dana saya kurang ngerti..
pak mod klo ada yang tidak berkenan karena mungkin terlalu promosi hehehehe mohon di edit ya Smile (maklum baru)

salam....

#43    Author: rtjiputra77  Location: palembang  Post Posted: Wed, 19-09-2007 7:24 pm

[quote="Yosaphat"]salam....

pakde, budhe, paklek, bulek ........
klo menurut saya....mahal apa gak tuh relatif
sejak tk sampai smp (bogor) plus kuliah (yogya) saya di sekolah katolik....sma di negeri (bogor juga), klo mahal jelas memang mahal di swasta tapi itu semua terbayar...maksud saya apabila di banding dengan fasilitas yang ada swasta katolik jaaaaauuuuh lebih baik dibanding sekolah negeri...hasil lulusan pun saya kira seimbang
catatan khusus pas waktu kuliah..saya kuliah di sebuah universitas Katolik yogya (UAJY) angkatan 99 jurusan ekonomi Akuntasi kena biaya waktu masuk 4.2 juta sudah semuanya (gak ada embel2 dana buat praktikum atau komputer atau ujian) and bisa dicicil 3 kali plus 3 kali perpanjangan
menurut rekan2 sekalian mahal ga?
masalah pengelolaan dana saya kurang ngerti..
pak mod klo ada yang tidak berkenan karena mungkin terlalu promosi hehehehe mohon di edit ya Smile (maklum baru)

salam


Saya setuju dengan ada rupa ada harga...Saya pikir anda terlalu arogan dengan kata TERBAYAR...Ya,,mungkin anda tergolong MAMPU saat itu

Coba anda fikirkan orang2 yang tidak mampu!!!!
Bagaimana dg ortu yang mendaftar sambil mengemis minta agar uang pembangunan dan SPP semurah mungkin karena ia tidak mampu????
Dan ketika sang pengurus sekolah menjawab menjawab "Jika anda tidak mampu jangan sekolah disini!!!"
Untuk uang sekolah dan pembangunanBerapa besar sekolah dapat mengurangi Pembangunan dan SPP???

Sbagai contoh ; Teman saya untuk meminta penurunan uang sekolah, ia harus menemui Kepala yayasan...yang dimana Dari Rp. 350.000 menjadi Rp 300.000,-
Berapa besar peran gereja u/ membantu si tak mampu ini???
Geraja tidak dapat berbuat banyak karena sekolah2 ini milik yayasan2...

Saya sampai berfikir sekolah2 ini memakai nama katolik tapi misinya hanya mencari nama dan uang..Saya tidak melihat sekolah2 katolik tersebut mengutamakan umat katolik...

Karena saya sendiri merasa terbuang dari sekolah katolik!!

Tuhan Sertamu



[/b]

#44    Author: nina  Location: jatim - DKI  Post Posted: Thu, 20-09-2007 8:33 am

wah seru banget bahasnya

TK, SD, SMP saya di sekolah katolik. buat saya yang punya ortu pas2an, memang biaya sekolah katolik buat kami relatif mahal. but... seingat saya, orang tua saya juga mengajukan keringanan. dan keringanan itu sangat-sangat berarti buat kami. kami jadi bisa mendapat mutu pendidikan yang baik dangan fasilitas yang mendukung kami untuk lebih berkembang bila dibandingkan dengan teman2 yang ada di sekolah negeri.
apalagi di sekolah kami, nggak cuma dapat akademik yang bagus. itu sudah termasuk pengenalan akan kultur katolik , multi budaya dari teman2 multiras.
kultur katolik kami dapatkan banyak di sekolah, mengingat keluarga kami adalah keluarga dengan latar belakang agama yang berbeda. jadi buat kami yang dibaptis saat bayi dan tumbuh di lingkungan beda agama, kami belajar tentang agama katolik dari sekolah. karena pendidikan agama katolik di rumah sangat terbatas. memang mama mengajar kami untuk berdoa dan pergi ke gereja. tapi we all know being catholic is not just go to church and pray, don't we?!
kami belajar tentang multi budaya. di sekolah katolik, lebih menerima multiras. jadi buat kami mengetahui, mengenal dan mempelajari budaya teman2, adalah sangat mengasyikkan. saya orang katolik jawa. ada teman2 muslim yang bersekolah di sekolah katolik. dan kami juga tahu bahwa mereka memiliki cara yang berbeda dari kami dalam beribadah. banyak juga teman2 chinese. kami juga bisa mengenal tradisi mereka yang cukup kaya. dan kami saling bersahabat. itu hanya sedikit contoh saja.
berada dalam kultur yang kaya ragam, membuat kami lebih open mind. gak melulu berkutat dalam budaya asal, kami juga lebih bisa menerima perbedaan yang ada.
the points are you can get all in one package! dapet akademik bermutu, dapet penanaman nilai katolik , dapet disiplin, dapet wawasan budaya, dapet cara berpikir yang luas. meski relatif mahal, where else we can get it?!
ehm... jadi kalo sekolah katolik mahal dan kita mampu, then bayar aja dengan riang gembira. itu untuk subsidi temen2 yang kemampuan ekonomi terbatas. kalo emang kemampuan ekonomi terbatas, minta keringanan aja. sekolah di sekolah katolik tuh investasi yang punya prospek luar biasa untuk masa depan.

#45  Katolik=Mahal atau Kualitas=Mahal  Author: Alber7us Projec7  Location: Tangerang  Post Posted: Thu, 20-09-2007 4:51 pm

Sebenarnya sih ada kualitas ada harga^^

Sayangnya (kok Sayangnya Ketawa Ngakak ) hampir semua sekolah Katolik itu berkualitas karena selain di manage dengan baik oleh manusia berpendidikan dan bermoral baik, tetapi juga di berkati Tuhan Cool .

So yang kita bayar mahal itu kualitasnya.

Tapi kok jaman saya dulu sekolah di Tarakanita relatif murah yah. Relatif loh^^

Jesus Bless You good Job .

#46    Author: Ignaz    Post Posted: Thu, 20-09-2007 6:56 pm

Wah, topik tentang sekolah katolik muncul lagi yah....

Coba saja dimerger dengan thread ini :
http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=4036

Siapa tahu saling melengkapi ....

Berkah Dalem

#47    Author: Tertarik
== BANNED ==    Post Posted: Tue, 25-09-2007 11:04 am


Dalam reuni de Britto di Jakarta baru2 ini terungkap bahwa:

De Britto, salah satu sekolah katholik paporit di Yogyakarta hadiningrat, ternyata rata2 uang sekolah yg harus dibayarkan adalah yg paling murah dibandingkan sekolah2 swasta yg lain di DIY yg mempunyai fasilitas yg sama.

Rata2 uang sekolah yg diterima yayasan adalah sekitar 200 ribuan/ bulan/ siswa.
Dengan pembayaran uang sekolah dari siswa yg sangat bervariasi, dari 20.000 rupiah sampai jutaan.
Dengan kondisi ini Yayasan harus tombok sekitar 40 jt rupiah per bulan.

Bagaimana?
Mahal?

Sayang sekali sedikit sekali sekolah katholik yg bisa "berkorban" seperti ini....

Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak

#48    Author: Ignaz    Post Posted: Tue, 25-09-2007 11:43 am

Tertarik wrote:
Dalam reuni de Britto di Jakarta baru2 ini terungkap bahwa:

De Britto, salah satu sekolah katholik paporit di Yogyakarta hadiningrat, ternyata rata2 uang sekolah yg harus dibayarkan adalah yg paling murah dibandingkan sekolah2 swasta yg lain di DIY yg mempunyai fasilitas yg sama.

Rata2 uang sekolah yg diterima yayasan adalah sekitar 200 ribuan/ bulan/ siswa.
Dengan pembayaran uang sekolah dari siswa yg sangat bervariasi, dari 20.000 rupiah sampai jutaan.
Dengan kondisi ini Yayasan harus tombok sekitar 40 jt rupiah per bulan.

Bagaimana?
Mahal?

Sayang sekali sedikit sekali sekolah katholik yg bisa "berkorban" seperti ini....

Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak


Bener Maz Tertarik,
Sebagai informasi SMA Katolik di kotaku, (milik Yayasan Kanisius) rata-rata uang sekolah 200.000 per bulan. Uang Gedung rata-rata 2 juta rupiah. Pimpinan Yayasan menekankan agar tidak menolak murid karena faktor uang. Akibatnya guru sekolah tersebut harus menyisihkan gajinya setiap bulan untuk mensubsidi uang sekolah murid yang tidak mampu.

Berkah Dalem

#49    Author: Yolie    Post Posted: Wed, 26-09-2007 7:17 am

Usul nih......... sekarang sekolah Katholik untuk survive sudah mepet. Belum lagi kalau ada ini itu.
Suster/Pastor yang jadi ketua yayasan memang mereka mendapatkan sumbangan pribadi dari ex murid dll. Donatur memang mempercayakan pada person tsb. Makanya mereka yang akan bertanggungjawab terhadap ordo masing2. Itu bukan urusan kita titik.

Yang paling penting, kita yang alumni dari sekolah tersebut...... mulai memikirkan dan menggalang teman2 ...... bukan hanya untuk reuni, tapi memikirkan apa yang dapat kita berikan pada almamater.

Yang aku tahu ITB, mereka mempunyai kelompok ortu yang menggalang dana dari mahasiswa untuk membantu temannya. Nah di sana terkumpul juga mantan2 mahasiswa yang sudah berhasil, mereka menjadi donatur2.

Kiranya kita patut meniru ini. Kita bisa berdiri terlepas dan mengelola serta mengatur AD/ART sendiri. Daripada sekolah hanya tergantung dari anggaran yang disisihkan oleh gereja dan membuat subsidi silang di antara murid2 yang menyebabkan ......... aaiioouu.........

Kanisius, De Brito, Aloysius........ dan Tarakanita, Ursula, dll masih banyak sekali........ ke mana? Mana alumni mereka? Kita cenderung jalan sendiri2, dengan mentransfer dana ke suster/pastor........ dan menyerahkan dana itu untuk dikelola......... kemudian menjadi sas sus yang tidak enak.

Yang perlu kita pikirkan, apa yang dapat kita lakukan untuk membuat sekolah Katholik murah dan bermutu.
Netters ekaristi.org pasti dapat melakukan yang terbaik sebagai Gereja yang handal dan kompeten. Proficiat.

#50    Author: Tertarik
== BANNED ==    Post Posted: Wed, 26-09-2007 10:15 am


Yolie wrote:
Yang paling penting, kita yang alumni dari sekolah tersebut...... mulai memikirkan dan menggalang teman2 ...... bukan hanya untuk reuni, tapi memikirkan apa yang dapat kita berikan pada almamater.

Yang aku tahu ITB, mereka mempunyai kelompok ortu yang menggalang dana dari mahasiswa untuk membantu temannya. Nah di sana terkumpul juga mantan2 mahasiswa yang sudah berhasil, mereka menjadi donatur2.

Kiranya kita patut meniru ini. Kita bisa berdiri terlepas dan mengelola serta mengatur AD/ART sendiri. Daripada sekolah hanya tergantung dari anggaran yang disisihkan oleh gereja dan membuat subsidi silang di antara murid2 yang menyebabkan ......... aaiioouu.........

Kanisius, De Brito, Aloysius........ dan Tarakanita, Ursula, dll masih banyak sekali........ ke mana? Mana alumni mereka? Kita cenderung jalan sendiri2, dengan mentransfer dana ke suster/pastor........ dan menyerahkan dana itu untuk dikelola......... kemudian menjadi sas sus yang tidak enak.

Yang perlu kita pikirkan, apa yang dapat kita lakukan untuk membuat sekolah Katholik murah dan bermutu.
Netters ekaristi.org pasti dapat melakukan yang terbaik sebagai Gereja yang handal dan kompeten. Proficiat.

Alumni de britto sudah melakukan hal ini.
Bahkan sudah berbadan hukum dengan nama Pundi Assosiate... (atau apa saya lupa)
Juga barusan terbentuk ikatan alumni lembaga pendidikan yg dikelola oleh Yesuit, antara lain: de britto, kanisius, loyolla, PIKA, St. Mikael, ATMI, Seminari Mertoyudan dan Seminari Pejaten bahkan juga Sanata Dharma. Cuman yg ini saya belum tahu apakah bertujuan untuk penggalangan dana juga.
Menurut saya, ini memang salah satu cara....
masih banyak cara yg lain, yg belum terungkap...

Smile Smile Smile Smile


Akademi Kontra Indiferentisme -> Keluarga Katolik yg sehat dan sejahtera All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous Next
 FULL PAGE