FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Kenapa Ga ada pastur wanita?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
corvus



Joined: 01 Nov 2007
Posts: 6

PostPosted: Fri, 02-11-2007 6:01 pm    Post subject: Kenapa Ga ada pastur wanita? Reply with quote

Guys sori g nubie disini meskipun g sudah 20thn lebih ngejalanin hidup sebagai seorang Katolik. Yang g bingun kenapa ga ada pastur wanita?
padahal semangat para wanitauntuk melayani Tuhan juga ga kalah besarnya dengan kita(pria). kita yang menganut ajaran cinta universal kenapa malah mematikan hak2 mereka?
apa karena kita masih terikat atau mengakar pada agama yahudi seperti halnya Islam(Maaf) yang membatasi hak2 wanita?
Bagaimana sebenarnya wanita di mata agama Katolik?mohon pencerahanya.
Kalau bisa diperkuat dengan ayat2 Alkitab jangan pakai hukum2 gereja yang sudah banyak dicampuri tangan manusia.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
materdei



Joined: 14 Nov 2006
Posts: 14

PostPosted: Fri, 02-11-2007 8:44 pm    Post subject: Reply with quote

Coba baca disini: http://www.cuf.org/Faithfacts/details_view.asp?ffID=139

tapi bahasa inggris lho. Kalau kurang jelas, bisa minta tolong para moderator yang njelaskan inti pokoknya. Moderator disini jago2 semua bahasa inggrisnya koq. Sekalian mod. juga bisa beritahu apakah website tsb. officially.

Sorry ya... kalau sy bhs. inggrisnya "bad enough", daripada malah salah ngartikan nanti. Sedih
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Fri, 02-11-2007 8:44 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Guys sori g nubie disini meskipun g sudah 20thn lebih ngejalanin hidup sebagai seorang Katolik. Yang g bingun kenapa ga ada pastur wanita?


Karena Tuhan Yesus tidak menghendaki adanya imam wanita.

Quote:
padahal semangat para wanitauntuk melayani Tuhan juga ga kalah besarnya dengan kita(pria). kita yang menganut ajaran cinta universal kenapa malah mematikan hak2 mereka?


Tahbisan imamat bukan hak siapapun entah dia itu pria ataupun wanita.

Tahbisan imamat adalah pemberian dan terserah kepada sang Imam Agung Dia mau memberikannya kepada siapa.

Untuk melayani Tuhan tidak usah menjadi imam. Melayani Tuhan adalah tugas semua orang Kristen.

Quote:
apa karena kita masih terikat atau mengakar pada agama yahudi seperti halnya Islam(Maaf) yang membatasi hak2 wanita?


Sebenarnya hak-hak wanita itu apa saja sih? Dan hak-hak pria itu apa saja sih? Dan aku rasa kamu juga perlu mendefinisikan apa itu 'cinta universal'.

Apakah kalau pria tidak bisa melahirkan seperti halnya wanita itu berarti bahwa Tuhan telah membatasi hak pria?

Apakah kalau wanita tidak bisa ditahbiskan menjadi imam seperti pria itu berarti Tuhan telah membatasi hak wanita?

Quote:
Bagaimana sebenarnya wanita di mata agama Katolik?mohon pencerahanya.


Setara dengan pria tapi tidak sama.

Quote:
Kalau bisa diperkuat dengan ayat2 Alkitab jangan pakai hukum2 gereja yang sudah banyak dicampuri tangan manusia.


Pernyataan kamu bahwa hukum gereja (aku gak yakin bahwa yang kamu kasudkan dengan istilah 'hukum gereja' adalah hukum kanonik saja tapi kamu mau menunjuk kepada Tradisi Apostolik Lisan) sudah banyak dicampuri tangan manusia adalah pernyataan yang sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sangat menyedihkan seorang Katolik dengan mudahnya mengeluarkan perkataan seperti ini tanpa dasar jelas.

Kedua, Kitab Suci pun juga adalah tulisan manusia-manusia (Petrus, Paulus, Matius, dst semuanya adalah manusia)

Ketiga, inilah ayat-ayatnya:
1Tim 3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

1Tim 3:2 oportet ergo episcopum inreprehensibilem esse unius uxoris virum sobrium prudentem ornatum hospitalem doctorem


episcopum=penilik jemaat=uskup.

virum=suami/pria

Lho tapi kan disitu harus beristri? Yah, tapi jelas bahwa tugas-tugas uskup juga diberikan kepada pria-pria bujangan seperti Paulus, Timotius dan Yohanes.

Jadi prinsipnya adalah pria bujangan atau pria yang sudah berkeluarga. Sesudah penahbisan tidak dapat ada perkawinan.

Tit 1:5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,

Tit 1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib.

Tit 1:5 huius rei gratia reliqui te Cretae ut ea quae desunt corrigas et constituas per civitates presbyteros sicut ego tibi disposui

Tit 1:6 si quis sine crimine est unius uxoris vir filios habens fideles non in accusatione luxuriae aut non subditos



Presbyteros=penatua=imam

Lagi-lagi disebut hanya vir (pria) dan juga disebut sudah memiliki satu istri, tapi juga jelas bahwa jabatan presbyter juga diberikan kepada pria bujangan yang tidak menikah.
3Jn 1:1 o presbuteroV gaiw tw agaphtw on egw agapw en alhqeia

Yohanes sang penulis adalah pria yang tidak menikah

Perlu dicatat bahwa di abad-abad pertama istilah presbyter (imam) dan episcopus (uskup) seringkali digunakan bergantian namun pemisahan yang tegas antara fungsi mereka berdua juga ada. Karena pada prinsipnya seorang uskup dan presbyter juga seorang imam (sacerdos).
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
mbedut



Joined: 02 Aug 2006
Posts: 1109
Location: Jakarta

PostPosted: Fri, 02-11-2007 8:53 pm    Post subject: Re: Kenapa Ga ada pastur wanita? Reply with quote

corvus wrote:
Guys sori g nubie disini meskipun g sudah 20thn lebih ngejalanin hidup sebagai seorang Katolik. Yang g bingun kenapa ga ada pastur wanita?
padahal semangat para wanitauntuk melayani Tuhan juga ga kalah besarnya dengan kita(pria). kita yang menganut ajaran cinta universal kenapa malah mematikan hak2 mereka?
apa karena kita masih terikat atau mengakar pada agama yahudi seperti halnya Islam(Maaf) yang membatasi hak2 wanita?
Bagaimana sebenarnya wanita di mata agama Katolik?mohon pencerahanya.
Kalau bisa diperkuat dengan ayat2 Alkitab jangan pakai hukum2 gereja yang sudah banyak dicampuri tangan manusia.


ANDA SEORANG KATOLIK????????

KENAPA GA TUNDUK DENGAN HUKUM GEREJA???????????
_________________

Sebab itu, berdirilah teguh & berpeganglah pd ajaran-ajaran yg km terima dr ajaran2x yg km terima dr kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.(2Tes 2:15)
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Fri, 02-11-2007 9:10 pm    Post subject: Reply with quote

Kalau kamu (corvus) tidak keberatan maka aku menambahkan dengan pernyataan Paus Yohanes Paulus II dimana dia secara resmi menyatakan bahwa tahbisan imamat hanya untuk pria saja.

Apostolic Letter-Ordinatio Sacerdotalis

4. Although the teaching that priestly ordination is to be reserved to men alone has been preserved by the constant and universal Tradition of the Church and firmly taught by the Magisterium in its more recent documents, at the present time in some places it is nonetheless considered still open to debate, or the Church's judgment that women are not to be admitted to ordination is considered to have a merely disciplinary force.

Wherefore, in order that all doubt may be removed regarding a matter of great importance, a matter which pertains to the Church's divine constitution itself, in virtue of my ministry of confirming the brethren (cf. <Lk> 22:32) I declare that the Church has no authority whatsoever to confer priestly ordination on women and that this judgment is to be definitively held by all the Church's faithful.

_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
X



Joined: 22 Sep 2007
Posts: 387
Location: Di Hati Netter Ekaristi :P

PostPosted: Fri, 02-11-2007 10:08 pm    Post subject: Reply with quote

manusia pertama aja laki-laki, jd perempuan itu adalah cabang laki-laki, rasul yesus aja laki-laki. Mungkin dr sudut theologis sdh dijwab, saya justru menganggap, imam itu laki-laki dipilih tuhan mungkin karena laki-laki itu dianggap sebagai figur kokoh yang melindungi. imam itu kan figur panutan buat org banyak, jd supaya berwibawa, tuhan mungkin memilih laki karena lebih dia sebagai sosok yang berwibawa, kayak saya gesit, luwes, diajak ngobrol cepet nangkap dan mungkin laki-laki tdk pernah repot dengan siklus bulananannya. dimana ibadah itu kan harus bersih jd yg mimpin pun harus bersih. ini pendapat pribadiku lho
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Fri, 02-11-2007 10:25 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
saya justru menganggap, imam itu laki-laki dipilih tuhan mungkin karena laki-laki itu dianggap sebagai figur kokoh yang melindungi.


Kurang setuju nih, di kitab suci sendiri ada sejumlah wanita perkasa yang justru melindungi laki-laki misalnya: Debora, Ester, dan Yudith.

Quote:
imam itu kan figur panutan buat org banyak, jd supaya berwibawa, tuhan mungkin memilih laki karena lebih dia sebagai sosok yang berwibawa, kayak saya gesit, luwes, diajak ngobrol cepet nangkap dan mungkin laki-laki tdk pernah repot dengan siklus bulananannya. dimana ibadah itu kan harus bersih jd yg mimpin pun harus bersih. ini pendapat pribadiku lho


Dalam kitab suci figur yang dijadikan panutan dalam hal keagamaan bukan hanya imam tapi ada juga nabi dan raja (khususunya para hakim yang dalam masa itu adalah penguasa yang juga punya peran dalam hal keagamaan). Peranan imam dalam kitab suci lebih cenderung ke "tukang kurban" daripada sebagai pemimpin atau panutan.

Di kitab suci ada nabi wanita seperti Hana misalnya. Ada hakim wanita yaitu Deborah. Juga ada Ester dan Yudith yang keduanya adalah penyelamat bangsa pilihan. Dan juga jelas-jelas merupakan panutan.

Jadi kalau soal panutan dan melindungi rasanya itu bukan alasannya.
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
NoeMoetz



Joined: 01 Feb 2007
Posts: 480
Location: Yogya

PostPosted: Fri, 02-11-2007 10:36 pm    Post subject: Reply with quote

Pendapat pribadi saya juga....

Kenapa kamu ga sekalian tanya, koq Yesus memilih murid2 (para rasul) cowo semua? ga ada yang cewe?

Itu khan terserah (hak-nya) Yesus memilih seperti itu...
Kita melanjutkan tradisi tersebut....

Saya rasa hak pria dan wanita itu sama (tidak ada yang lebih rendah di antara keduanya). Tapi Pria itu berbeda dengan Wanita...
Tapi koq ga ada pastur wanita???

Kalo ada yang mikir,
untuk membuktikan persamaan hak antara pria dan wanita adalah dengan cara memperbolehkan adanya pastur wanita...
Maka saya menduga orang yang berpikir seperti itu,
menganggap "jabatan" pastur seperti "politik"....

Kalo emang niatnya melayani,
jalan yang tersedia tidak hanya jadi Pastur koq...
Awam pun juga bisa menjadi pelayan bagi sesamanya....

BTW, Pastur bukankah artinya Bapak?
Bapak koq ceweq?


CMIIW
_________________
Saya Masih Harus Banyak Belajar


Last edited by NoeMoetz on Fri, 02-11-2007 10:40 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
X



Joined: 22 Sep 2007
Posts: 387
Location: Di Hati Netter Ekaristi :P

PostPosted: Fri, 02-11-2007 10:56 pm    Post subject: Reply with quote

Athan:
iya ya, ester,deborah emg tokoh wanita yg tangguh pada jaman nya. cuma kalau dilihat dr sisi kuantitasnya mereka paling masuk dalam kelompok 500 laki-laki. artinya wanita seperti mereka hanya 1:500. Dan setahuku perjuangan perang lebih pada komando. walau terlibat perang tp kebanyakan sebagai instruktur. Umm thx Athan Imam ama nabi beda ya? sory agak ngelantur siapakah yg lebih dianggap sebagai pemimpin imam atau nabi?
Noe:
Pastor artinya gembala, yg identik dengan laki-laki yg tangguh untuk setia menjaga ternak gembalaannya, dari serangan binatang buas seperti harimau, singa dll. Nah mungkin nih pendapat pribadi lagi, laki-laki dipilih sebagai gembala karena wanita kebanyakan lamban untuk mengatasi masalah. (sorry ya buat wanita, bukan bermaksud memberikan pandangan rendah terhadap wanita).
Back to top
View user's profile Send private message
ananda02



Joined: 23 Dec 2004
Posts: 577
Location: Perth

PostPosted: Fri, 02-11-2007 11:15 pm    Post subject: Reply with quote

Ada sebuah resource yang bagus, persembahan dari Raymond de Souza, seorang apologis dari Australia (http://saintgabriel.com.au/priesthood.html). Coba download dan dibaca. Abis itu seharusnya case closed.
_________________
"God, in His essential being, is not a solitude, but a family, for He has in Himself Fatherhood, Sonship, and the essence of a family which is interpersonal love." --- Pope John Paul the Great ---
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger MSN Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17