FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Penginjilan : antara berkat, resiko, dan kewajiban    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 211
Location: Jakarta

PostPosted: Thu, 25-06-2020 6:41 am    Post subject: Penginjilan : antara berkat, resiko, dan kewajiban Reply with quote

Penginjilan adalah suatu kewajiban yg harus dipikul oleh semua umat Kristiani baik imam2, frater, pendeta, dan umat awam. Pewartaan injil itu sendiri mengandung akibat yang baik dan buruk terhadap diri setiap pewarta, ada kalanya pewartaan injil juga harus mengerti kondisi lapangan dan kemampuan komunikasi pewarta terhadap target yang akan di jadikan obyek pewartaan. Meskipun kadang2 kita sudah mencoba bermain bersih pun kadang resiko2 penginjilan juga dapat mendera setiap para pewarta baik di zaman ini maupun yang juga terjadi di zaman para rasul, seperti halnya rasul paulus dikucilkan dan tidak dipercaya oleh orang2 yahudi dan sekitarnya meskipun semua tulisan dan pewartaannya menyajikan kebenaran injil dan keselamatan di dalam kristus. Sebagai pewarta injil ingatlah selalu akan hal ini bahwa di dalam dunia ini tidak semua manusia mau sujud menyembah kepada Tuhan, itulah sebabnya sebelum mewartakan injil kenalilah dahulu orang2 yg mau dengan rendah hati menerima pewartaan anda agar kita tidak menjadi batu sandungan bagi diri kita maupun kehidupan orang2 lain.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  7:6"Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."


Namun beberapa orang yang memang diberi tugas oleh Tuhan melalui firmanNya, hendaklah mereka mewartakan injil itu dan siap sedia akan segala resikonya. Karena barangsiapa dengan sadar menyadari panggilan Tuhan atas dirinya maka dia harus siap sedia akan kemungkinan mengalami kondisi baik dan buruk yang berasal dari Tuhan, sama seperti Maria menerima perutusan dengan rendah hati "terjadilah kepadaku menurut perkataanMu".
Demikian pula para nabi adalah seorang pewarta yg ditunjuk Tuhan sebagai orang yang harus menyuarakan kebenaran kepada rakyat, penguasa2, raja2 pemegang pemerintahan dunia ini atau bahkan kepada gerejanya sendiri, itulah kenapa resiko yang harus ditanggungnya sangat besar bisa menyangkut nyawanya; banyak orang berselisih paham dan saling bertengkar dalam hal ini karena mereka tidak bisa membedakan perbedaan antara seorang nabi dan seorang imam. Seorang nabi yang diutus Tuhan tidak perlu mencari seseorang yang memiliki nama baik di masyarakat namun orang2 itu harus memiliki keberanian untuk menyuarakan kebenaran kepada orang2 yang diperingatkanNya dan karena tugas yang diemban itulah maka semua orang akan menderita sama seperti Yesus juga menderita menanggung dosa, sama seperti Yesus yang tidak berdosa dijadikan berdosa karena manusia.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Ibrani  5:1Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa.
Ibrani  5:2Ia harus dapat mengerti orang-orang yang jahil dan orang-orang yang sesat, karena ia sendiri penuh dengan kelemahan,
Ibrani  5:3yang mengharuskannya untuk mempersembahkan korban karena dosa, bukan saja bagi umat, tetapi juga bagi dirinya sendiri.
Ibrani  5:4Dan tidak seorangpun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
2 Korintus  5:19Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.
2 Korintus  5:20Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.
2 Korintus  5:21Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.


Karena tugas seorang nabi memang hanya itu sesuai yang dijelaskan di kamus di halaman belakang setiap injil, dan tidak perlu memiliki karunia2 seperti halnya Yesus, karena itu pahamilah bahwa semua manusia sebenarnya adalah nabi palsu/pembohong dan nabi yang asli hanyalah Yesus sendiri, karena keadaan manusia sebenar2nya hanyalah seorang saksi saja.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Roma  3:4Sekali-kali tidak! Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  1:6Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
Yohanes  1:7ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
Yohanes  1:8Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.
Yohanes  1:9Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
Yohanes  1:10Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
Yohanes  1:11Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.






Namun seorang imam/frater/pendeta hendaklah harus memiliki nama baik di masyarakat dan berasal dari keluarga yg hidupnya takut akan Tuhan dan taat mematuhi perintah hukum taurat (10 perintah Allah) dan menjauhkan dirinya dari segala macam bentuk pelanggaran.
Memang pewartaan injil akan memberikan berkat dan damai kepada mereka yang memiliki hati nurani dan akal budi yang baik dan yang membenci segala bentuk kejahatan. Karena seorang pewarta juga harus memiliki keberanian menyuarakan kebenaran injil dengan menyatakan kesalahan apa adanya dengan tujuan untuk memperbaiki kelakuan ataupun kekeliruan dan penyesatan karena sejak dahulu Tuhan selalu berbicara kepada umatNya secara terang-terangan bukan secara sembunyi-sembunyi dan yang mengatakan segala sesuatu sesuai bentuk, realita dan fakta.
Maka dari itu waspadalah terhadap mereka yang mengajarkan segala sesuatu dengan memutar balikkan segala hal dengan tujuan menjebak orang2 yang sarat akan kelemahan supaya mengikuti jalan mereka.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
2 Timotius  3:14Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
2 Timotius  3:15Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
2 Timotius  3:16Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
2 Timotius  3:17Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yesaya  48:12"Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!
Yesaya  48:13Tangan-Ku juga meletakkan dasar bumi, dan tangan kanan-Ku membentangkan langit. Ketika Aku menyebut namanya, semuanya bermunculan.
Yesaya  48:14Berhimpunlah kamu sekalian dan dengarlah! Siapakah di antara mereka memberitahukan semuanya ini? Dia yang dikasihi TUHAN akan melaksanakan kehendak TUHAN terhadap Babel dan menunjukkan kekuatan tangan TUHAN kepada orang Kasdim.
Yesaya  48:15Aku, Akulah yang mengatakannya dan yang memanggil dia juga, Akulah yang mendatangkan dia, dan segala usahanya akan berhasil.
Yesaya  48:16Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ." Dan sekarang, Tuhan ALLAH mengutus aku dengan Roh-Nya.
Yesaya  48:17Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.
Yesaya  48:18Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,
Yesaya  48:19maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku."
Yesaya  48:20Keluarlah dari Babel, larilah dari Kasdim! Beritahukanlah dengan suara sorak-sorai dan kabarkanlah hal ini! Siarkanlah itu sampai ke ujung bumi! Katakanlah: "TUHAN telah menebus Yakub, hamba-Nya!"
Yesaya  48:21Mereka tidak menderita haus, ketika Ia memimpin mereka melalui tempat-tempat yang tandus; Ia mengeluarkan air dari gunung batu bagi mereka; Ia membelah gunung batu, maka memancarlah air.
Yesaya  48:22"Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!" firman TUHAN.


Itulah kenapa bagi pewarta injil penderitaan dan penganiayaan sudah menjadi upah bagi setiap pewarta injil karena dengan adanya hal itu akan menunjukkan kepada dunia tentang kebenaran Allah bahwa tidak semua manusia adalah milikNya karena mereka tidak bisa menerima teguran dari Tuhan, mereka yang menjadi milikNya adalah mereka yang melakukan kebenaran, keadilan, dan damai sejahtera. Namun bagi mereka yang tidak bisa berdamai dengan diri mereka sendiri, tidak bisa menerima kebenaran dan kebaikan orang lain dan tidak bisa berdamai dengan sesamanya, ataupun berdamai dengan Tuhan maka murka Tuhan akan tetap ada pada diri mereka.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17