FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Mat 10 : 16    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
sam



Joined: 23 Jul 2007
Posts: 354

PostPosted: Sat, 14-04-2018 2:54 pm    Post subject: Mat 10 : 16 Reply with quote

Mat 10 : 16
Quote:
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.


aku msh bingung bgmn arti sebenarnya dari ayat ini, ada yg bisa bantu menjelaskan?


Last edited by sam on Sat, 14-04-2018 2:56 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 16-04-2018 9:01 am    Post subject: Re: Mat 10 : 16 Reply with quote

sam wrote:
Mat 10 : 16
Quote:
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.


aku msh bingung bgmn arti sebenarnya dari ayat ini, ada yg bisa bantu menjelaskan?

Jika anda adalah domba, sifat domba itu bodoh dan tidak tahu apa2, dan Yesus yang sudah merendahkan diriNya untuk serupa menjadi manusia telah menjadi domba yang kelu yang digiring kepada penyalibanNya, ayat diatas Yesus menekankan kepada kita umatnya agar kita harus cerdik seperti ular karena Dia tahu kita adalah domba yang lemah.

Dimana domba mudah sekali tersesat dan keadaan dunia saat ini banyak orang yang seperti domba yang sesat dan mudah sekali diombang-ambingkan oleh isu hoax dan gosip disana-sini. Itulah kenapa anda harus cerdik seperti ular untuk dapat membedakan mana tipu daya iblis yang berupa hoax dan mana kebenaran, karena musuh kita adalah ular2 yang bisa menebarkan isu & gosip tentang kita para umatNya tanpa mengindahkan fakta dan kebenaran, ular-ular itu selalu menyerang pikiran domba2 dan membuat segala sesuatu masalah menjadi hiperbola dari segala sesuatu yang lemah di pikiran domba.

Kesalahan dalam pikiran karena mengikuti ajakan bisikan para ular2 itu utk mengatakan yang tidak benar akan diumbar oleh ular2 itu sehingga ular2 itu dapat memenangkan "legion" untuk menyerang domba. Ular2 itu akan menyerang kita dengan tuduhan yang tidak-tidak dan tidak berdasarkan fakta, karena kesalahan ucap dalam pikiran akan dipakai oleh ular itu untuk menghakimi domba2nya.

Hal itu yang menguatkan firman berikut Matius 5:11, Roma 7:6-10. Jadi kita harus cerdik seperti ular untuk dapat mengalahkan ular, namun kita harus memiliki Roh Kudus dalam hati kita yang berupa burung merpati. Karena kita hidup di dalam dunia yang dikuasai kejahatan sejak dahulu kala, karena kedatangan Yesus merupakan tembok terakhir umat Israel supaya kuasa kejahatan tidak melenyapkan umat kesayanganNya. Itulah kenapa Yesus menjadi alfa dan omega, karena sejak dari 2000 tahun yang lalu kejahatan sudah menguasai dunia ini, itulah kenapa Yesus menyebut angkatan masehi ini angkatan yang jahat, karena kita hidup di dalam dunia yang sudah terkontaminasi dengan kejahatan.
Back to top
View user's profile Send private message
sam



Joined: 23 Jul 2007
Posts: 354

PostPosted: Tue, 24-04-2018 1:35 pm    Post subject: Reply with quote

ok, mngkn yg lain ada yg mau menambahkan atau pny pendapat lain?
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 25-04-2018 8:28 am    Post subject: Reply with quote

Deskripsi mengenai ular itu dapat anda lihat di kitab "Lost book of bible", Anda buka di kitab pertama dari Adam & Hawa, di Chapter XVIII ayat ke 9, menyebutkan bahwa Allah mengusir ular yang mencobai Hawa itu sehingga Adam & Hawa jatuh ke dalam dosa pemberontakan kepada Allah dan melemparkan ular itu ke laut dan mendarat di india.

Jika kita hubungkan dengan kerajaan Xerxes Persia atau yang diinjil sering disebut sebagai kerajaan babel seperti yang tertera di halaman berikut mengenai Indica ctesias, jika kebudayaan Indonesia masih serumpun dengan india, maka anda lihat di sekitar kita. Masyarakat kita masih banyak yang percaya pada penguasa laut selatan yaitu nyi roro kidul, dan banyak dari masyarakat kita yang belum mengenal Tuhan Allah yang benar dan mereka banyak yang sujud menyembah kepada ular itu, termasuk presiden pertama kita juga kedapatan menyembah ular itu di salah satu kamar hotel pelabuhan ratu. Dan juga banyak pemimpin negeri ini juga di tandai oleh ular itu dengan bilangan 666, termasuk presiden kedua bertahta di tahun 66, dan kuburannya terletak di ketinggian 666. Bukan sebuah kebetulan bukan ?

Dan banyak lagi tanda-tanda ular itu di negeri ini, termasuk di negeri ini banyak sekali bertebaran dukun dan praktik tenung yang menawarkan "DUKUN" (DUit KUasa Nikmat) untuk para politisi dan semua orang-orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan Allah yang hidup. Itulah kenapa Yesus membuat tanda pada angkatan yang jahat ini seperti Yunus diutus ke Niniwe, dimana Niniwe adalah sebuah kota di Irak pada zaman Mesopotamia kuno, dan adat-istiadat Niniwe sangat cocok dengan adat-istiadat orang Indonesia saat ini. Anda baca keseluruhan dari kitab Nahum tentang Niniwe.

Jadi jika injil dapat memperlihatkan kenyataan pada zaman lampau dan juga kenyataan di zaman ini, bukankah injil merupakan perkataan Allah yang hidup yang dapat melintasi berbagai zaman, dan menyajikan semua itu tepat seperti yang di firmankanNya ?

Karena dibawah kolong langit ini tidak dinyatakan keselamatan selain dari pada nama Yesus (Kisah Para Rasul 4:12-13). Karena Dia sudah disalibkan untuk memberi terang kepada bangsa2 akan kebenaran dan semakin nyata keadaan semua umat manusia bahwa semua manusia adalah mati karena berada dibawah kuasa dosa/maut dan hanya Dia sajalah yang hidup dari antara orang2 mati. Memang dari semua nabi-nabi sejak dunia ada juga termasuk dari antara orang-orang mati itu, namun Yesus sendirilah yang menggenapi datang ke dunia ini untuk menebus mereka dari tangan dosa/maut (Yudas 1:9)

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  10:25Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi sama seperti gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama seperti tuannya. Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya.
Matius  10:26Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
Matius  10:27Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.
Matius  10:28Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 253

PostPosted: Tue, 01-05-2018 7:52 am    Post subject: Re: Mat 10 : 16 Reply with quote

sam wrote:
Mat 10 : 16
Quote:
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.


aku msh bingung bgmn arti sebenarnya dari ayat ini, ada yg bisa bantu menjelaskan?


Ver. 16. Wise as serpents, &c. It is a proverbial way of speaking; and an admonition to be circumspect and discreet, but harmless, innocent, sincere in all our actions and dealings. Wi. Simple. That is, harmless, plain, sincere, and without guile. Ch. In the midst of wolves. Although Christ sent his apostles not only against wolves, but even into the very midst of wolves, still he commands them to behave with the meekness of sheep, and simplicity of doves. Thus he evinces the greatness of his power, in overcoming the wolves by the sheep, which were continually exposed to be devoured and torn in pieces by them, still never failing to change the fierce nature of the ravenous wolf into their own nature, in mildness and innocence. As long as we retain the nature of sheep, we easily overcome our adversaries; but no sooner are we changed into wolves, than we become the derision of our enemies: the supreme Pastor, who superintends the sheep, not the wolves, withdrawing from us the powerful protection of his grace, and leaving us to the misery of our own weakness. Our Saviour, in his infinite wisdom, knew full well the nature of things; passion was not to be overcome by passion, but by meekness only. Thus the apostles did, when the Jews having apprehended them, said, Have we not again and again commanded you not to teach in this name? Acts, C. iv. Though they had the power of working the greatest miracles, yet they let nothing harsh, nothing severe, escape them, either in words or actions. With simplicity they made answer, Judge ye, if it be just to hear you rather than God; and at the same time shewed their prudence, saying, We cannot but speak what we have heard and seen. S. Chrysostom, hom. xxxiv. As sheep, &c. He compares them to sheep, not only because of their innocence, but also because they were sent unarmed and destitute of all human support. M. Wise, &c. That you may guard against the snares of your enemies. The prudence of the serpent is celebrated, because when it cannot escape, it strives at least to preserve its head free from hurt, whilst it leave the rest of its body exposed. Thus Christians, who have Christ for their head, must preserve his faith and religion, though with the loss of every thing else. M. (Haydock)


-seperti domba, menurut tidak melawan walaupun penuh karunia mujizat, kemarahan tidak diatasi dengan kemarahan.

-cerdik seperti ular, ular mempertahankan kepalanya jika tidak bisa meloloskan diri. Kita mempertahankan iman dan kepercayaan kita jika dianiaya.


Last edited by TeSul on Tue, 01-05-2018 7:53 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 04-06-2018 10:57 am    Post subject: Reply with quote

Sejak Yesus hadir di dunia ini, sebetulnya sudah lengkap pengajaran dari Allah. Karena Yesus berasal dari Allah maka Dia yang memberikan hukum yang diterima oleh Allah Bapa sendiri yaitu hukum Kasih (karena kasih Allah Bapa tak berkesudahan terhadap manusia), dan oleh karena pada zaman Musa bangsa pilihanNya masih hidup dalam dosa itulah kenapa Tuhan mengingatkan bahwa semua manusia yang masih hidup di dunia ini berada di dalam kurungan Iblis (Kejadian 3:22-24). Ular yang ditinggikan oleh Musa adalah lambang dari Kerub dan pedang yang bernyala-nyala itu, dimana hal ini juga dipastikan dan diperjelas di kitab Yudas 1:9,23 dan artikel berikut ini dapat memperjelas pekerjaan iblis di dalam setiap manusia.

Jadi jika dilihat semua manusia di seluruh dunia saat ini, tidak ada satu manusiapun benar dihadapanNya karena genaplah nas ini (2 Timotius 2:14-26), karena banyak orang berdakwah & memberikan pelajaran agama tetapi mereka memperkarakan masalah-masalah yang dicari-cari dengan mencari kesalahan paling luar biasa sepele sekalipun terhadap orang-orang yang dibenci mereka, bahkan salah cara berpikir saja mereka umbar di media sosial dan membuat heboh dengan isu dan gosip disana-sini dengan ditambah-tambahi hal-hal yang tidak-tidak. Mereka tidak menyadari bahwa diri mereka sendiri harus berperang dengan kehendak iblis yang menguasai pikiran mereka. (Belzebul & Matius 12:22-37)

Dan mengenai 2 perkara ini Tentara Israel menembak Razan dan perkara Penolakan Visa bukankah Tuhan itu adil dan hukum2Nya dijabarkan di semua kitab nabi-nabi ? kenapa kita semua saling menjadi batu sandungan bagi orang lain yang ingin bertemu dengan Tuhan, apakah kita semua anak-anak manusia benar-benar sudah menjadi anak-anak ular beludak seperti kerub-kerub itu menghalangi keturunan adam untuk mendekat kepada pohon kehidupan ?

Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Lukas  3:7Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?
.

Karena ketidak taatan bangsa Israel sendirilah yang menyebabkan perjanjianNya terbuka bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, karena zaman dahulu mereka menolak Yesus sebagai mesias itulah yang menjadi titik awal keselamatan menjadi terbuka kepada semua bangsa di dunia melalui gereja-gerejaNya. Namun Dia tetap menanti semua orang sampai semua tergenapi.
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 195
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 06-06-2018 6:38 am    Post subject: Reply with quote

Begitupun juga hukum Allah yang diwartakan oleh Musa melalui 10 Perintah Allah tidak ada satupun manusia yang dapat hidup sempurna menuruti kesepuluh perintah ini selama hidupnya. Dan dari 10 perintah Allah ini adalah dasar dari hukum ketiga agama itu yaitu Kristen, Yudaisme, dan Islam. Dan lihat semua dosa manusia saat ini dapat diukur dari ke sepuluh hukum ini :

- Presiden pertama kita melanggar hukum pertama dengan menyembah yang bukan Allah, itulah kenapa muncul presiden kedua yang merupakan "hadiah" dari iblis itu dan mewakili kebengisan Iblis itu sendiri dengan membunuh sesama manusia di zaman itu (Yohanes 8:44).

- Dan begitupun mereka orang-orang radikal yang melanggar perintah ke enam "Jangan membunuh" namun mereka tidak peduli akan perintah Musa yang ke enam ini, dan membuat hukum mereka sendiri dengan dalil yang seolah-olah dari Tuhan dengan melegalkan pembunuhan sebagai bagian dari perintahNya.

- Hoax, fitnah, dan gossip adalah salah satu bentuk pelanggaran hukum Musa yang ke sembilan yaitu "Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu", dimana di zaman itu hal itu adalah sebuah trend hidup. Pelanggaran dan dosa satu hal ini saat ini sudah dianggap sebagai gaya hidup, karena banyak orang & perusahaan media menyebarkan berita bohong hanya untuk mencari nafkah dan kepentingan politik.

- Dosa perzinahan, karena terpengaruh internet dan pornografi banyak m anusia melakukan seks bebas dan semakin banyak manusia jatuh dalam dosa ini.

- Korupsi, dosa ini juga salah satu bentuk pelanggaran hukum ke delapan "Jangan mencuri".

Dan tabiat dosa adalah selalu mengajak orang yang masih belum mengenal dosa untuk mengenal dosa, dengan iming-iming harta duniawi karena hampir semua kejadiannya seperti itu. Hal-hal ini banyak terjadi di kota-kota besar di seluruh dunia. Jadi semua penyimpangan-penyimpangan dunia ini dapat diukur dari ke sepuluh perintah Allah ini, dan itulah pergumulan manusia di dunia ini tidak ada yang terlepas dari dosa.

Lantas kenapa Yesus datang ke dunia ini ?
Yesus datang ke dunia ini adalah karena keprihatinan Allah sendiri karena tidak ada satu manusiapun dapat sempurna untuk menjalankan ke 10 perintah ini, dan karena Dia telah tahu siasat Iblis di dalam mencobai manusia. Itulah alasan Yesus menebus manusia adalah memberikan RohNya ke dalam dunia supaya dunia manusia yang sudah terpisah dari terangNya tertutup awan kegelapan alam maut dapat menemukan terangNya kembali. Itulah kenapa sejak kedatangan Yesus, seluruh dunia ini diukur menurut hukum KasihNya, dan barangsiapa tidak bisa mengasihi Tuhan dan sesamanya maka orang-orang itu tidak akan pernah bisa mengenalNya.
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Ibrani  9:15Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggara yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.


Last edited by ardie_b on Wed, 06-06-2018 6:42 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17