FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Kembali lagi Misa Vigili Paskah dan Minggu Paskah    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Benedictus XVI



Joined: 30 Nov 2010
Posts: 420

PostPosted: Sun, 01-04-2018 7:52 am    Post subject: Kembali lagi Misa Vigili Paskah dan Minggu Paskah Reply with quote

Tadi malam imam berhomili bahwa Vigili Paskah tidak mewakili Minggu Paskah, sehingga sampai selesai tidak ada ucapan Selamat Paskah pada umat sebelum berkat penutup. Menurutku hal ini sungguh aneh dan tdk biasanya terjadi. Katekese ini aku unggah di status fbku dengan memberi link diskusi yg aku ambil di website ekaristi.org, yg ini : http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic ..r=asc&start=0


Di bawah ini aku berikan juga link yang lain yg mengatakan anggapan bahwa telah mengikuti Misa Malam Paskah tdk perlu lagi mengikuti Misa Minggu Paskah adalah TDK TEPAT.


Ini bagaimana agar tdk semakin parah dalam memberikan katekese ke umat. Nuwun




Makna Penting Perayaan Malam Paskah & Minggu Paskah

Di beberapa tempat, animo umat Katolik sangat tinggi dalam menghadiri perayaan misa Malam Paskah, melebihi animo terhadap perayaan Minggu Paskah. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah yang berarti ketika umat memang menyadari makna dari perayaan misa Malam Paskah, serta tidak menghilangkan makna dari perayaan Minggu Paskah. Hal ini dikarenakan bahwa peringatan kebangkitan Yesus sesungguhnya baru diselenggarakan pada Minggu Paskah. Jadi sudah selayaknyalah antusiasme umat tetap berpuncak di misa Minggu Paskah.

Malam Paskah

Malam Paskah adalah saat di mana kita merasakan sukacita sambil berjaga-jaga menantikan kebangkitan Tuhan. Yesus yang wafat akhirnya beralih dari alam kematian menuju kebangkitan. Pada perjanjian lama, Malam Paskah merupakan peristiwa penantian lewatnya Tuhan di tanah Mesir untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Firaun. Saat Malam Paskah ini umat Katolik juga akan mengenangkan kembali Sakramen Baptis yang telah diterima. Sakramen Baptis sendiri merupakan tanda diterimanya kita sebagai anggota keluarga Gereja Katolik. Karena itulah, Malam Paskah selalu dirayakan secara meriah.

Malam Paskah dapat juga disebut dengan vigili Paskah. Vigili berasal dari kata bahasa Latin: vigilis yang artinya berjaga-jaga atau bersiap-siap. Karena itu, pada perayaan malam Paskah ini kita berjaga-jaga bersama Yesus. Bersiap-siap menantikan peralihan Yesus dari alam kematian menuju kehidupan.

Minggu Paskah

Minggu Paskah disebut juga Hari Raya Kebangkitan Tuhan. Hari ini adalah puncak peringatan liturgi Gereja Katolik. Hari Raya Kebangkitan Tuhan ini adalah hari raya dari segala hari raya. Hari itu menjadi hari yang amat istimewa karena Yesus telah bangkit dari kematian. Yesus telah mengalahkan dosa dan maut dengan kebangkitan-Nya. Melalui kebangkitan-Nya, Yesus mau menunjukkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putera Allah dan memberi harapan pada kita tentang adanya kerajaan Surga. Hal yang membedakan perayaan Ekaristi pada hari ini dengan perayaan Ekaristi pada hari Minggu atau hari raya yang lain adalah digantinya seruan tobat dengan pemercikan air suci. Air suci yang digunakan untuk memerciki umat adalah air yang telah dikuduskan pada perayaan Malam Paskah. Air itu pula yang ditempatkan di pintu masuk gereja untuk digunakan umat menyucikan diri saat akan memasuki gereja.

Secara singkat :

Malam Paskah : menantikan kebangkitan Tuhan

Minggu Paskah : hari Raya Kebangkitan Tuhan

Maka anggapan bahwa,”Saya sudah hadir ikut Misa tadi malam (Paskah), maka hari Minggu (Paskah) tidak perlu lagi” adalah anggapan yang tidak tepat.

Tiga hari Suci (Triduum) Paskah: Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah hingga Hari Raya Paskah, Kebangkitan Tuhan adalah saat-saat terpenting dalam tahun liturgi Gereja Katolik. Pada hari-hari itu kita diingatkan kembali bahwa Yesus bersedia mati untuk menebus dosa-dosa kita dan dibangkitkan. Karena itu, kematian bukan lagi akhir dari hidup kita melainkan awal dari kehidupan baru.

Referensi : Circular Letter Concerning the Preparation and Celebration of the Easter Feast Congregation for Divine Worship –

Bahan pengajaran Liturgi Triduum Komunitas Emmanuel; diketik ulang oleh Indonesian Papist

https://santopauluspku.wordpress.com/.../jelas-beda-malam...

https://kkis.org/.../Makna-Penting-Perayaan-Malam-Paskah...
Back to top
View user's profile Send private message
Benedictus XVI



Joined: 30 Nov 2010
Posts: 420

PostPosted: Thu, 05-04-2018 11:08 am    Post subject: Reply with quote

Dalam diskusiku ada yg menjelaskan demikian :

Quote:
Selamat pagi. Saya barusan membaca uraian EDO & sebelumnya tlh membaca panduan pelaksanaan Pekan Suci mnrt Komlit KWI yg dituangkan oleh KAJ.
Demikian Pak Andreas Gentur Panuwun mnrt hemat saya:

- terdapat penekanan keliru pd bahasan kata dosa/tdk dosa.
- berikut batasan ttg Misa Vigili Paskah apakah sama dgn Misa Paskah, berikut katakese ttg Misa Vigili Paskah mnrt buku
Pekan Suci
Buku Imam dan Pelayan Liturgi
Disertai Katekese Liturgi:

1. Sesuai dengan tradisi tua dalam Gereja, malam ini adalah vigili (malam
berjaga) bagi Tuhan (Kel. 12:42). Seturut nasihat Injil (Luk. 12:35-37) umat beriman dengan membawa lilin bernyala bersikap seperti orang-orang
yang menantikan Tuhan bila Ia kembali. Pada waktu Ia tiba dan
mendapati mereka sedang berjaga, Ia akan mengundang mereka duduk
bersama pada meja perjamuan-Nya.

{Komentar: Penekanan makna vigili Paskah yg pasti berbeda tata cara liturgisnya bila dibawakan pd pagi hari}

2. Vigili malam ini, yang adalah perayaan utama dan paling mulia dari segala
perayaan, hendaknya bersifat unik untuk setiap Gereja. Upacara itu harus
diatur sedemikian rupa, sehingga sesudah pemasangan Lilin Paskah dan
nyanyian madah Paskah (bagian pertama dari Vigili ini), Gereja
merenungkan karya-karya ajaib yang dikerjakan Tuhan Allah bagi umat- Nya sejak awal mula, sambil menaruh kepercayaan pada sabda dan janji- Nya (bagian kedua atau Liturgi Sabda) sampai tiba saatnya, bila Umat
Allah bersama anggota-anggota baru yang dilahirkan dalam pembaptisan
(bagian ketiga) diundang ke meja perjamuan, yang disediakan oleh Tuhan
bagi umat-Nya sebagai kenangan akan kematian dan kebangkitan-Nya,
hingga Ia datang.

{Komentar: Tersirat ada kewajiban hadir meski dinyatakan layaknya kewajiban umat utk hadir pd tiap Misa hari Minggu sprti kutipan Papa Benediktus}

3. Seluruh perayaan Vigili Paskah harus dilangsungkan pada malam hari,
sedemikian sehingga tidak dimulai sebelum matahari terbenam dan selesai
sebelum fajar Hari Minggu.

{Komentar: Di point waktu ini ada penekanan yg membedakan}

4. Misa Vigili, kendati dirayakan sebelum tengah malam, adalah Misa
Paskah Kebangkitan Tuhan.

{Sama dgn yg dikutipkan Deusvult}

5. Siapa saja yang sudah mengambil bagian dalam Misa malam, ia boleh
menerima Komuni lagi pada Misa siang. Imam yang memimpin atau ikut
konselebrasi Misa malam, boleh memimpin atau ikut konselebrasi lagi pada
Misa siang.
Perayaan Vigili Paskah menggantikan Ibadat Bacaan.
{Komentar: terdapat penggantian ibadat bacaan, namun hal upacara cahaya, pemberkatan air suci serta pengungkapan kembali janji baptis mrpkn detail yg tdk sama dgn selebrasi pd Minggu Paskah}

Pada point 6 & 7 lebih pd detail pelaksanaan shg tdk saya kutipkan.

Kembali pd pertanyaan dasar, bhw bila keduanya "wajib" secara moral dihadiri oleh umat mengingat:
a. Tata ibadah kedua Misa tsb terdapat penekanan yg berbeda.
b. Bila sesuai urutan yg sblmnya dipaparkan oleh Pak Bambang Kurniarto yakni seturut tanggal Yahudi, maka akan memiliki perbedaan waktu hal "pagi benar ==> setelah matahari terbit" (yg tentu tdk cukup dgn keadaan yg menyatakan bhw itu sama dengan setelah matahari terbenam) Maria Magdalena menemukan kubur Yesus telah kosong.



Ini juga :

Quote:
1) kata vigili memang merujuk pada kondisi para murid Yesus yg kala sore hingga malam hari memang sedang dlm kecemasan serta ketidak-tahuan ttg kondisi Yesus yg sdh dimakamkan. Ataukah sebaliknya bhw kala itu semua murid sudah tahu bhw Yesus telah bangkit???
Berikutnya ttg isi kekayaan akan saya sambung pd tanggapan berikutnya,
2) kenyataan memang Yesus telah bangkit pada sekitar 2000 silam membawa perubahan pemahaman bhw penantian tsb bukanlah hal yg sia-sia shg ibadat cahaya serta pengungkapan janji baptis (kekayaan liturgis) juga merupakan ungkapan iman sambutan bhw Kristus akan mengalahkan maut di kala masa Paskah.
3) bila petang adalah awal hari sesuai ketentuan Yahudi dapatkah secara tegas dinyatakan bahwa Yesus bangkit pada hari Sabtu? Bdk uraian bhw liturgis selain perayaan juga mrpkn peringatan sejarah.



Bagaimana ini ??
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1375
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Tue, 10-04-2018 6:52 am    Post subject: Reply with quote

Pendapat bahwa ikut misa di sabtu sore sudah menggantikan misa di hari minggu didasarkan pada KHK

Quote:
A person who assists at a Mass celebrated anywhere in a Catholic rite either on the feast day itself or in the evening of the preceding day satisfies the obligation of participating in the Mass [CIC Can. 1248 §1].


Berdasarkan isi dari KHK tersebut, apabila seseorang sudah menghadiri misa sore hari, sudah menggantikan kewajiban misa hari minggunya.--Tidak ada penjelasan lebih lanjut yang menunjukkan pengecualian untuk misa natal atau paskah

BY LAW.

Akan tetapi, berdasarkan "nature" dari Perayaan Paskah dan Natal, dimana hari Malam Natal dan Paskah berbeda secara Esensi dengan Minggu Natal/Paskah...dimana perjalanan 'kisah' kelahiran dan 'penebusan dosa' berlangsung sebagai 1 kesatuan yang utuh dari malam Natal-minggu Natal/malam Paskah-minggu Paskah...seorang umat Katolik yang baik dan mengerti akan makna perjalanan sejarah dan kisah keselamatan SEHARUSNYA menghadiri kedua misa tersebut.
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
tedi



Joined: 08 Jul 2016
Posts: 116

PostPosted: Wed, 11-04-2018 11:20 am    Post subject: Reply with quote

aloowww.... ane comeback neh.... abis paskah beuhhh sibuknye... untung lagi liburrrr...

ane nimbrung soal hari kebangkitan Yesus aja, yg 3 terakhir dr bro benedict, oops gw kira pope....

tanggalan yahudi kira kira 18 menit sebelum matahari terbenam hari Jumat malam itu Sabath dimulai. Jadi jumat petang itu udah dihitung sabtu...

Yesus wafat kira kira jam 3 petang... belum matahari terbenam, jadi masih terhitung hari Jumat.

Jumat petang --- dah mulai dihitung sabath ato sabtu....

Sabtu petang ---- dah mulai dihitung minggu....

jadi ya bangkit hr minggu dah betul. juga ini menggenapi syahadat: pada hari ke-3 bangkit antara orang mati.

pis out...
Cool
Back to top
View user's profile Send private message
Benedictus XVI



Joined: 30 Nov 2010
Posts: 420

PostPosted: Mon, 16-04-2018 9:33 pm    Post subject: Reply with quote

Terima kasih atas tanggapannya.

Kalau masalah KHK 1248 dan KHK 1246 sdh di bahas tuntas di link diskusi yg pernah ada di sini : http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic ..=asc&start=50


Selain itu tanggapan sdr Shmily atas pertanyaan sdr Asisi di page 5, tidak menghadiri salah satu atau salah dua atau salah tiga dari Kamis Putih-Jumat Agung-Sabtu suci, adalah dosa berat ? sangat jelas dan clear.


Aku tampilkan lagi topik ini karena teman diskusiku memberikan kronologis tentang kepastian kebangkitan Yesus itu kapan tepatnya ?, sehingga seakan-akan jika hanya mengikuti Malam Paskah yg menurutnya hanyalah Malam Vigili/penantian, itu belum Paskah Sehingga tetap wajib ikut Misa Minggu Paskahnya, begitu lho. Sementara jawaban dari Shmily atas pertanyaan sdr Asisi pemahamanku hanya soal Tri Hari Suci, yg meskipun Kamis Putih dan Jumat Agung itu bukanlah hari raya, namun jika tdk ada halangan, maka rasanya tdk pantas jika jiwa kekatolikan tdk ditampakkan utk mengikuti hari yg dikuduskan oleh Gereja.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17