FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Romo: Musa = Martin Luther (Musa Jerman)    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
friend



Joined: 26 Apr 2009
Posts: 153

PostPosted: Sun, 18-06-2017 9:47 pm    Post subject: Romo: Musa = Martin Luther (Musa Jerman) Reply with quote

Pada tanggal 12,13 dan 14 Juni 2017 di Paroki St. Yakobus Kelapa Gading saya mendapat brosur dan mengitu kursus tematik berjudul: mengapa tetap bergeming "antara Katolik dan Protestan.
pembicara Romo Prof.Dr. A. Eddy Kristiyanto OFM.
ternyata yang dibahas adalah buku Romo tersebut dan penjualan buku beliau berjudul "Musa Jerman" penerbit Obor.
sepanjang ceramah romo memuji (pro) Martin Luther tidak sedikit pun beliau mengutuk atau menyalahkan Martin Luther atas perpecahan yang dilakukan oleh Martin Luther, malah beliau menyalahkan Gereja Katolik, banyak ucapan beliau yang justru malah menyudutkan Gereja Katolik mungkin karena kagumnya beliau terhadap Martin Luther sehingga menyamakannya dengan Nabi Musa.
berikut ceramah beliau yang saya tidak setuju:

- indulgensi; penjualan indulgensi yang diprotes Martin Luther. Romo Eddy sependapat dengan martin Luther dengan menyalahkan Gereja/Paus karena menjual indulgensi untuk mengampunan dosa, malah beliau mengatakan bagaimana mungkin dosa bisa diampuni dengan mengaku dosa. intinya tidak ada gunanya kita mengaku dosa (sakramen pengakuan dosa), dan menyalahkan Paus krn indulgensi dijual hanya untuk pembangunan Gereja St. petrus.
Tidak sedikitpun beliau membela gereja padahal imam diberi kusa untuk melepas dosa/mengampuni dosa (Matius 16: 18-19), saya malah bersyukur uang hasil indulgensi bila digunakan untuk pembangunan basilika St. Petrus (saya juga menyayangkan Romo Eddy tidak menjelaskan bahwa uang tersebut digunakan untuk membiayai perang salib).

- Mengenai ajaran Martin Luther: sola fide, sola scriptura, sola gratia.
beliau mengutip injil Roma 3:21-26; 4:25).
saya menyangkan beliau tidak membela iman Katolik misalnya membandingkan dengan injil Yakobus 2:14-26 dan beliau tidak menjelaskan tentang bahwa iman Katolik berdasarkan kitab suci, tradisi suci dan magisterium.

- memuji Protestan meyambut tubuh dan darah dengan makan roti dan minum anggur. beliau berkelakar bahwa katolik tidak ada minum anggur karena akan menambah biaya beli anggur dan di gereja Katolik Hosti bila tidak habis akan disimpan untuk dipanasi supaya tidak basi.

- sewaktu perang salib, Gereja Timur (kontantinopel) diserang oleh islam. lalu gereja Timur meminta bantuan kepada Paus (Gereja Katolik Roma), paus setuju mengirim bantuan tetapi pasukan gereja Katolik Roma juga melakukan pemerkosaan terhadap wanita-wanita dari Gereja Timur yang meminda bantuan. kalau mengenai kejadian ini saya tidak paham sejarah apakah benar ucapan Romo tsb.

seharusnya Romo Prof. Dr. A Eddy Kristiyanto OFM sebagai Imam Katolik membela iman Katolik dan menguatkan iman Katolik umatnya tapi yang terjadi sebaliknya malah membuat umat ragu dan menjauh dari GerejaNya.
_________________
Saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.
Back to top
View user's profile Send private message
friend



Joined: 26 Apr 2009
Posts: 153

PostPosted: Sun, 18-06-2017 10:16 pm    Post subject: Reply with quote

Romo Prof. Dr. A. Eddy Kristiyanto, OFM. juga mengatakan bahwa Extra Ecclesiam Nulla Salus (EENS) sudah tidak berlaku lagi sekarang.
kenapa ya masih ada Romo yang mengatakan EENS sudah tidak berlaku lagi apakah memang benar sudah tidak berlaku lagi? atau memang ajaran yang diterima Romo waktu diseminari salah?
_________________
Saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1366
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Mon, 19-06-2017 8:19 am    Post subject: Reply with quote

1 Kata...MENGERIKAN! Sedih(
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1366
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Mon, 19-06-2017 8:25 am    Post subject: Reply with quote

Ada romo lain juga yang mendewakan Martin Luther..kalau tidak salah Romo Simon..lupa dari ordo apa...tapi karena sudah lama, saya sudah tidak ingat lagi apa dan bagaimana beliau menyanjung Martin Luther.
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3698

PostPosted: Mon, 19-06-2017 9:49 am    Post subject: Reply with quote

maruko_lien wrote:
1 Kata...MENGERIKAN! Sedih(

Kata kedua: "horror".

Mau di bawa kemana Gereja ini kalau hirarki nya sendiri ga bisa menjaga wibawa nya?

Pegawai terkecil di suatu perusahaan X, bila dia dengan vokal menjelek2kan perusahaan X, lalu membanding2kan dengan perusahaan A, tentu HRD nya ga lama akan bertanya: "napa loe ga pindah ke A?"

(analogi ini lepas dr objektivitas apakah bener A lbh baik drpd X).

Semoga Tuhan segera memberi pencerahan kepada Romo Eddy tsb.
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
ardie_b



Joined: 04 Jul 2010
Posts: 131
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 19-06-2017 10:29 am    Post subject: Reply with quote

Sebetulnya inti semua permasalahan saat ini hanya satu :
Semua umat beragama saat ini saling buka kartu sesamanya dan lawannya, dan mereka berusaha tampil paling benar. Ini cara beragama yang sudah tidak sehat dan sesat, mereka saling mencemarkan sesamanya untuk kepentingan entertainment dan uang akhirnya korban2nya juga ikut-ikutan membalas saling membuka kartu sesamanya.
Mungkin ini yang menjadi murka Tuhan atas semua orang-orang beragama (orang-orang benar), mereka tidak lagi memiliki kasih dalam beribadah kepada Tuhan.
Dan mereka membuat agama sebagai barang dagangan yang diperjual belikan seperti persaingan usaha, padahal tujuan beragama seharusnya membuat manusia harus lebih mengerti akan arti cinta kasih Tuhan dan mengasihi sesamanya bukannya justru mengumbar ketelanjangan orang dan memanfaatkannya untuk kepentingan politik dan entertainment untuk tujuan menumpuk keuntungan dari rating acara dan penghasilan dari iklan. Cara beragama orang-orang saat ini 180 derajat jauh sekali dari kebenaran.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
stuzi



Joined: 27 May 2015
Posts: 121

PostPosted: Mon, 19-06-2017 11:26 am    Post subject: Reply with quote

ardie_b wrote:
Sebetulnya inti semua permasalahan saat ini hanya satu :
Semua umat beragama saat ini saling buka kartu sesamanya dan lawannya, dan mereka berusaha tampil paling benar. Ini cara beragama yang sudah tidak sehat dan sesat, mereka saling mencemarkan sesamanya untuk kepentingan entertainment dan uang akhirnya korban2nya juga ikut-ikutan membalas saling membuka kartu sesamanya.
Mungkin ini yang menjadi murka Tuhan atas semua orang-orang beragama (orang-orang benar), mereka tidak lagi memiliki kasih dalam beribadah kepada Tuhan.
Dan mereka membuat agama sebagai barang dagangan yang diperjual belikan seperti persaingan usaha, padahal tujuan beragama seharusnya membuat manusia harus lebih mengerti akan arti cinta kasih Tuhan dan mengasihi sesamanya bukannya justru mengumbar ketelanjangan orang dan memanfaatkannya untuk kepentingan politik dan entertainment untuk tujuan menumpuk keuntungan dari rating acara dan penghasilan dari iklan. Cara beragama orang-orang saat ini 180 derajat jauh sekali dari kebenaran.


Ini aku setuju, maka pisahkan agama dengan kehidupan bernegara dan berpolitik, pisahkan agama dengan hubungan horizontal sesama manusia, jadikan agama ranah private vertikal
Back to top
View user's profile Send private message
TeSul



Joined: 27 Apr 2016
Posts: 168

PostPosted: Tue, 20-06-2017 8:34 am    Post subject: Reply with quote

Stanley wrote:
maruko_lien wrote:
1 Kata...MENGERIKAN! Sedih(

Kata kedua: "horror".


ketiga : Menyedihkan

saya tadinya gak begitu percaya dgn posting ini, tapi setelah google ketemu video dibawah ini, baru saya percaya. perhatikan menit ke 5:20 tentang EENS.



Pendapat rekannya, Romo Armada, membuat bingung ketika mengatakan gereja Katolik adalah sakramen, tanda dan sarana keselamatan. Lha piye ini, kalo mau selamat ya masuk Gereja Katolik. Mau dibolak balik akhirnya EENS juga.

Toleransi tidak berarti harus menolak EENS.
Kita bisa bertoleransi dan ber Bhineka Tunggal Ika dengan tetap mempercayai EENS.
Kita bisa menjadi Pancasilais tanpa harus menolak EENS.
Jangan menyamakan Gereja Katolik dengan kelompok lain yang anti toleransi dan Pancasila yang ingin mendirikan negara agama. Gereja sudah memisahkan diri dari urusan politik negara.


Last edited by TeSul on Tue, 20-06-2017 8:39 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
tedi



Joined: 08 Jul 2016
Posts: 82

PostPosted: Tue, 20-06-2017 10:25 am    Post subject: Reply with quote

menurut ane, ente ente disini apa lebih jago dr pastor ini kah? doi lulusan universitas di rome lho... mosok salah kah? kalo salah ngajarnya, ane .... ikut prihatin... jadi inget ayat Lukas 17:2: Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3698

PostPosted: Tue, 20-06-2017 11:19 am    Post subject: Reply with quote

tedi wrote:
menurut ane, ente ente disini apa lebih jago dr pastor ini kah?

Jago... jago gimana ya bro? Jago silat? hehehe

Disini ga ada yang jago, disini semua mencari kebenaran dari Sang Sumber Kebenaran kok.

Quote:
doi lulusan universitas di rome lho... mosok salah kah?

Ada tuh orang lulusan univ ternama di US, ternyata percaya batu ponari.

To err is human - (berbuat) salah adalah sifat manusia

Saya juga bisa saja salah. Makanya disini kita kan belajar bersama, biar ga salah bolak-balik.

Quote:
kalo salah ngajarnya, ane .... ikut prihatin... jadi inget ayat Lukas 17:2: Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.

Keprihatinan kita sama. Itu lah maksud post topic ini.

MGBU
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 4

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17