FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

EENS [dulu topik "adilkah..."]    
Goto page: Previous

 
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Alpha Golf



Joined: 16 Aug 2004
Posts: 23

PostPosted: Sun, 17-01-2010 10:57 pm    Post subject: Reply with quote

ceceps01 wrote:
Buat yg pro ada keselamatan di luar gereja,
siapa aja yg bisa selamat?

Apakah atheis, agnostic, golongan religius, hedonis, dll?
Dan bagaimana cara mereka bisa selamat, menebus dosa sendiri, sistem pahala, atau apa?


Bagaimana seandainya mau bergabung dengan karismatik
tanpa bergabung dengan Gereja Katolik, bisa selamatkah?
Embarassed Nanya Dong
Cuma mau tepuk tepuk tangan, menyanyi dengan loncat
loncat, dan berbahasa roh saja?
Back to top
View user's profile Send private message
crabbypatty



Joined: 02 Dec 2009
Posts: 377

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:14 pm    Post subject: Reply with quote

ceceps01 wrote:
Buat yg pro ada keselamatan di luar gereja,
siapa aja yg bisa selamat?

Apakah atheis, agnostic, golongan religius, hedonis, dll?
Dan bagaimana cara mereka bisa selamat, menebus dosa sendiri, sistem pahala, atau apa?

Mungkin : "dengan diadili dengan agamanya masing masing" ??

Mohon pengkecerahan?

apakah kalimat ini hanya berlaku untuk agama yang ada sebelum Kristen Katolik-Apostolik?

Kalau agama yang baru bagaimana?

Mohon kepencerahan teman teman.
_________________
Wir danken dir Gott, wir danken dir.
Back to top
View user's profile Send private message
Totus Tuus



Joined: 15 Oct 2008
Posts: 52

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:33 pm    Post subject: Reply with quote

Dear DV,

Aku baru saja dapat SMS, beliau sudah membaca posting kamu. Tulisan yang kamu post mendukung pernyataannya. Beliau sedang sibuk tidak bisa menjelaskan lebih lanjut. Sejauh yang kamu tulis adalah sebuah lanjutan dari tulisan beliau (begitu yang kira2 aku mengerti).

Aku setuju dengan semua postinganmu tersebut. Tidak dapat disangkal tulisan2 Ratzinger seperti itu dan mudah sekali dipahami, bahwa EENS tidak pernah berubah.

Pendapat/pemikiranku pribadi, mohon pencerahan: DV, aku hanya melihat ada selisih yang sebetulnya tipis namun fondamental. Yaitu tentang pengertian Misteri Ilahi. Di mana saat ini, umat GK di Indonesia menyerahkan keselamatan pada Misteri Ilahi dan lebih suka berdamai dengan Non dengan toleransi. Yang dikawatirkan akan melemahkan atau bahkan meninggal Iman GK (Kardinal Ratzhinger).

Dan ini memang terjadi. Bahkan umat berimprovisasi dengan pewartaan atau dalam mempertahankan iman GK. Bahkan juga ada kekacauan atau perbuatan yang justru melanggar ajaran GK, dengan beberapa contoh yang disajikan di ekaristi.org ini. Namun ada pula sisi lain, yang mana GK merasa kering dan mengadakan Pendalaman Iman melalui KEP, salah satunya.

DV, aku baru saja mengikuti Lokakarya tentang Liturgi dan bagaimana giatnya Paroki membenahi mulai dari Liturgi dengan mendatangkan pakar dalam bidangnya. Dan aku melihat apa yang dipaparkan beliau, memang sejalan dengan pengarahan yang diberikan di sini. Sehingga aku percaya apa yang sebetulnya terjadi di jajaran atas tidaklah seperti tuduhan2mu. Memang ada oknum yang out of , maka perlulah kita sebagai GK membantu untuk menasihati dan memberikan wacana dengan penyampaian langsung pada ybs atau otoritasnya.

DV, kalau boleh aku sarankan. Mungkin dalam cara penyampaian, perlulah sedikit bersabar (sabar dalam penuangan ide dan pendapat). Aku mengerti apa yang ingin -kamu dan Mods- sampaikan, bahasa tulisan mempunyai kekurangan (bukan dari segi tata bahasa - tapi justru pemahaman dari pembaca). Bisa menjadi salah kaprah dan melenceng dari sasaran. Aku juga mengerti waktu yang kamu butuhkan untuk menjawab itu merupakan hal yang luar biasa. Sehingga aku tidak berniat menjadi mods good Job Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ada beberapa tulisan pribadimu, amatlah menarik dan simpatik serta mudah dipahami dan mengena. Aku tidak bermaksud untuk mengubah caramu, cuma aku melihat potensimu dan mengingatkan jika potensi tersebut kamu kembangkan tentu akan luar biasa hasilnya.

Tentang CS, memang aku melihat kesan yang bisa mengarah pada kekawatirannya itu. Ini karena kamu terburu-buru menjawab dan tentang pengertian Misteri Ilahi dalam pembaptisan darah - rindu, harus disyahkan dalam pengakuan terhadap Trinitas dan dilaksanakan sebuah Baptis Air. Sehingga Kuasa Ilahi yang misteri itu menjadi di bawah atau terkukung pada Sakramen (CS + T), dan jika tidak melalui Sakramen Baptis berarti Tuhan berkontradiksi - melanggar SakramenNya sendiri (DV). Inilah yang di luar nalar dan disebut Misteri oleh GK, dan ditulis dalam dogma. Dan GK sendiri tidak menterjemahkan lebih lanjut tentang Misteri Ilahi serta menyerahkan pada Para Teolog, sehingga ada beberapa pengertian. Ah aku tidak mau ikutan jadi Teolog, aku mencoba/berusaha menangkap apa yang dimaksud oleh CS maupun Tertarik.

Untukku EENS period. Untuk orang lain EENS period. Tapi aku tidak ingin melangkahi sebuah kuasa Ilahi atas pembaptisan dan Misteri Tritunggal serta Roh Kudus yang berperan aktif dalam karya2 di dunia ini. Aku tidak punya nyali untuk mengatakan aku sebagai GK PASTI selamat karena aku dibaptis dan pasti masuk surga. Aku hanya bisa mengatakan EENS Period. Keselamatan adalah anugerah Kasih yang terhebat dariNya dan merupakan puncak misteri dari akhir yang terakhir. Aku akan melakukan yang terbaik untukNya.

Doaku, tambahkan imanku Tuhan. Amien Totus Tuus
Back to top
View user's profile Send private message
Totus Tuus



Joined: 15 Oct 2008
Posts: 52

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:38 pm    Post subject: Reply with quote

@Cecep01
Kuharap jangan prejudice. Sejak awal aku tidak pernah menyatakan bahwa ada keselamatan di luar gereja. Apakah menurutmu tulisan beliau itu mempunyai nuansa (paling tidak) pada arah tersebut? Jangan terlalu mudah / cepat mengambil kesimpulan. Cobalah berpikir lebih jauh akan sebuah tulisan. Kita diajar untuk tidak mengerti yang tersurat tapi yang tersirat. Aku tidak ingin berdebat denganmu, aku hanya ingin mencoba memberi tambahan wawasan untukmu, agar dapat bereaksi tidak seperti hakim garis. Masuklah ke dalam kegiatan2 Dewan yang seutuhnya dan kamu akan mengerti suka duka menghadapi tantangan justru dari umat semacam dirimu yang omong thok.

Diskusiku dengan DV bukan untuk mencari pembenaran, tapi untuk mengerti lebih dalam mengapa ada 2 pendapat berbeda. Mencari benang merahnya. Mencari solusi yang terbaik paling tidak untuk diriku sendiri dan mudah2an berguna untuk tugasku sebagai seorang yang terbaptis Katholik sehingga aku berani dengan lantang mengatakan < aku pasti masuk surga >.

Fyi: Aku sedang teringat cerita seseorang yang mempunyai teman Atheis, dia hanya tahu Yesus as a guy with the long hair. Berbulan-bulan tidak ada hasil, hanya untuk mengerti 1 kata TUHAN itu ada. 1 kalimat yang mengena adalah: about love.... so simple. Can you see love? No! But you know that you love me! Yes! So, God is just like love! Yes, now I understood about God. God is like love. Can't be seen, but exist and is here in my heart and I can feel it. Itulah arti sejati POWER OF LOVE.

To be a Catholic is not only understand what is written but how you live and be alife with. Totus Tuus
Back to top
View user's profile Send private message
Totus Tuus



Joined: 15 Oct 2008
Posts: 52

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:42 pm    Post subject: Reply with quote

@Alpha Golf

To be a Catholic is not become a jugde, but try to be a servant of the lowest and become the lowest of the lowest. Come and be the poorest of the poorest and you know what the meaning of hunger and thirst. Totus Tuus.

Anda telah menghina beliau karena beliau menjadi salah satu orang yang mengayomi / pembicara dalam Karismatik, tidakkah kamu berpikir sejuta kali sebelum menyatakan pendapatmu? Mengapa beliau mau masuk ke tempat yang jingkrak2? Padahal jantung beliau tidak kuat menahan getaran sound system yang keras? Be mature and be a good Catholic. Apa jadinya kalau tidak ada seorang seperti beliau yang membimbing Karismatik? Cobalah berpikir dan memperluas wawasan dan kedewasaan, jangan asal membeo.

Are you better than him? What have you done for your own faith as a Catholic? That what you have to do. What I have and will give to help my brothers and sisters. Totus Tuus
Back to top
View user's profile Send private message
Alpha Golf



Joined: 16 Aug 2004
Posts: 23

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:44 pm    Post subject: Reply with quote

Sebetulnya saya sangat sedih dengan sikap berdiskusi segelintir
orang yang mengaku piawai dalam hal eens.
Todong menodong tulisan orang, bukan mengundang
ybs dan berdiskusi dengan santun.
Saya juga sedih dengan sikap mereka terhadap DV.
Catatan saya tidak ada hubungan darah dengan DV.
Cuma pernah kenal DV lewat ekaristi saja.
Seberapa posting dan waktu dia lakukan terhadap forum
ini tanpa pamrih? Bukan berterima kasih malah
mengkritik DV tanpa henti?
Punya nuranikah kamu?
Back to top
View user's profile Send private message
Alpha Golf



Joined: 16 Aug 2004
Posts: 23

PostPosted: Sun, 17-01-2010 11:54 pm    Post subject: Reply with quote

Totus Tuus wrote:
@Alpha Golf

To be a Catholic is not become a jugde, but try to be a servant of the lowest and become the lowest of the lowest. Come and be the poorest of the poorest and you know what the meaning of hunger and thirst. Totus Tuus.

Anda telah menghina beliau karena beliau menjadi salah satu orang yang mengayomi / pembicara dalam Karismatik, tidakkah kamu berpikir sejuta kali sebelum menyatakan pendapatmu? Mengapa beliau mau masuk ke tempat yang jingkrak2? Padahal jantung beliau tidak kuat menahan getaran sound system yang keras? Be mature and be a good Catholic. Apa jadinya kalau tidak ada seorang seperti beliau yang membimbing Karismatik? Cobalah berpikir dan memperluas wawasan dan kedewasaan, jangan asal membeo.

Are you better than him? What have you done for your own faith as a Catholic? That what you have to do. What I have and will give to help my brothers and sisters. Totus Tuus


Saya tidak mengkritik beliau yang mengayomi karismatik sama sekali.
Saya sangat menghormati Biarawan/wati, dan saya sangat hati hati
seandainya mau mengkritik mereka.
Kamu sendiri yang mengatakan perbedaan perbedaan tipis yang sangat
fundamental. Apakah sehat berdiskusi dalam topik yang panas tidak
dengan memposting tulisan si A si B, undang langsung yang
bersangkutan ke forum ini. Diskusi dengan santun, cukup simple
syaratnya kan? Dalam 10 tahun terakhir belum 1 kalipun saya
mengkritik Romo atau Biarawati, karena saya sadar manusia masih
banyak kekurangannya, dan mereka terlalu banyak pengorbanannya
terhadap umat. Cuma apakah adil cuma karena DV awam lantas kita
juga bisa senak udelnya mengkritik beliau? Apa itu adil?
Back to top
View user's profile Send private message
Casey



Joined: 05 Jan 2005
Posts: 44

PostPosted: Mon, 18-01-2010 1:38 am    Post subject: Reply with quote

Agak OOT siapakah dalam topik ini yang yakin 100 persen
masuk surga?
Geeeeeeeeeek Geeeeeeeeeek
Apa Pak DV mengatakan demikian? Mungkin Pak Totus bisa
menjawab? Nanya Dong Ada di posting yang manakah itu?
_________________
GOD is not someone to be controlled by ceremonies dan rituals. GOD is one whom we worship in spirit and truth
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4642
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 18-01-2010 2:54 am    Post subject: Reply with quote

Ujungnya adalah biasa dan selalu sama, SIAPA KAMU? APAKAH KAMU SUDAH SELAMAT? APAKAH KAMU SUCI? APAKAH MEREKA TIDAK BERBUAT BAIK? APAKAH TIDAK BAIK KALAU KITA TOLERANSI? APAKAH MEREKA BERDOSA? SIAPA KAMU BERANI MENGATAKAN DEMIKIAN?

Dsb ..... dsb .....

Itu yg disebut sebagai AD HOMINEM!
Itu yg disebut dan juga menjadi fakta TIDAK MAMPU menjawab akhirnya hanya berpegangan kepada Kerahiman Tuhan.
Bila Demikian ngapain JADI KATOLIK, NGAPAIN HIDUP SEBAGAI KATOLIK????

Toh Kerahiman Tuhan akan menyelamatkan kalian, silahkan kalian berspekulasi dan mengajarkan ini dan lihat hasilnya nanti dan juga INGAT!!! Kalian bertanggung jawab atas kesalahan dan hukuman mereka yg kalian relakan dengan spekulasi dan emosi kalian, selamat dan selamat dan selamat saya doakan kalian mengerti dan BERANI satu hari mengambil posisi yg PASTI!!!

Kalau begitu yakin dengan spekulasi kalian sekali lagi TIDAK ADA YG MELARANG dan silahkan WARTAKAN TAPI TIDAK DI Ekaristi Dot Org, tentu akan saya hapus dan ban anggota2 yg ingin praktek kasih tanpa ajaran GK sepenuhnya atau hanya ingin mencomot ajaran seperti berada di restoran untuk pilih-memilih dari menunya seperti yg kalian lakukan dalam topik ini.

40 halaman sampah dalam topik ini!

Sekali lagi SILAHKAN lakukan bahkah wartakan, hanya saja tentu tidak disini dan INGAT!!! Akui juga hasilnya dan BERANILAH untuk betanggung jawab dengan ajaran kalian.

TOPIK SAYA LOCK dan saya jadikan STICKY agar yg belum membacanya dapat melihat kemunafikan dan kelicikan diskusinya berikut peringatan dan keputusan yg terjadi.

Kami mengingatkan bahwa ajaran GK bukan satu atau dua melainkan SEMUANYA WAJIB diterima TITIK! Tidak suka? Itu adlah hak anda! But Not Here Period!
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous
Page 36 of 36

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17